Akupuntur dan Totok Wajah

Saat ini, ada banyak sekali jenis perawatan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan, agar lebih percaya diri. Dua diantaranya adalah akupuntur dan totok wajah. Pernah dengar tentang kedua perawatan ini? Yup, akupuntur adalah sebuah pengobatan tradisional yang berasal dari Cina dengan cara menusukkan jarum steril ke titik-titik tertentu di bawah kulit. Jarum yang telah ditusukkan dialiri listrik sehingga syaraf-syaraf di dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Sedangkan, totok wajah sendiri adalah pemijatan pada titik-titik tertentu pada wajah yang bertujuan untuk membuat wajah terlihat lebih cantik.

Tertarik untuk menggunakan kedua perawatan ini? Jika iya, ada baiknya untuk tahu lebih banyak tentang akupuntur dan totok wajah terlebih dahulu.

akupuntur

Kita mulai dengan akupuntur ya. Akupuntur pada awalnya hanya digunakan untuk mengobati penyakit semata, bukan untuk kecantikan. Akupuntur kecantikan sendiri mulai digunakan ketika ada salah satu pasien di Cina yang mengalami stroke pada separuh wajahnya. Para dokterpun mencoba untuk menggunakan teknik akupuntur untuk menyembuhkan separuh wajahnya itu, dan ternyata berhasil. Bahkan setelah diamati lebih dalam, bagian wajah yang diakupuntur terlihat lebih kencang dan segar dibanding bagian wajah lainnya. Dari kejadian inilah, akupuntur kecantikan mulai digunakan dan dikembangan.


Manfaat akupuntur untuk kecantikan sendiri terbilang cukup banyak, seperti untuk mengencangkan pipi dan dahi, mengurangi keriput dan kerutan di dahi, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan kantung mata, dan membantu proses regenerasi kulit. Sedangkan manfaat akupuntur untuk kesehatan adalah untuk mengobati osteoarthritis lutut dan nyeri punggung bawah, memperlancar sistem pencernaan, mengurangi gejala neurologis setelah kemoterapi, memperbaiki sirkulasi darah, menghilangkan stres, cemas dan depresi ringan.

Btw, jika kamu tertarik untuk melakukan akupuntur kecantikan, ada beberapa hal yang harus dihindari.

Hindari konsumsi kafein

Kafein memberikan dampak kurang nyaman saat menjalai proses pengobatan. Untuk itu, hindari minum kopi atau minuman yang mengandung kafein sebelum pergi ke klinik akupuntur.

Hindari konsumsi makanan berat

Mengapa? Perut yang sedang mencerna makanan akan mengalami gangguan atau terasa tidak nyaman ketika menjalani pengobatan tradisional ini. Oleh sebab itu, hindari konsumsi makanan berat. Jika Anda merasa lapar, cukup makan roti atau minum air mineral terlebih dahulu.

Berapa harga akupuntur ini sendiri? Untuk harga tergantung pada klinik yang menyediakan pengobatan tradisional ini. Rata-rata biaya pengobatan per satu kali akupuntur adalah Rp 80.000-Rp 100.000. Berapa kali sebaiknya melakukan pengobatan ini? Untuk hal ini tergantung pada kondisi wajah Anda. Jika ada banyak flek hitam dan jerawat, minimal dibutuhkan waktu setidaknya 5-8 kali akupuntur. Adakah efek samping dari akupuntur? Tidak ada sama sekali karena efek samping hanya muncul jika dokter atau penyedia pengobatan melakukan kecurangan, seperti menggunakan jarum yang tidak steril atau melakukan kesalahan dalam memilih titik yang harus ditusukkan jarum. Tentu hal ini merupakan kesalahan dari para penyedia akupuntur itu sendiri.

totok wajah

Bahasan selanjutnya adalah totok wajah. Manfaat dari terapi wajah ini adalah untuk membuat otot-otot wajah menjadi lebih kenyal, meningkatkan kecerahan dan kecantikan wajah, membantu proses regenerasi kulit, dan mengurangi rasa lelah. Untuk biaya dari totok wajah ini, rata-rata dibanderol dengan harga Rp 75.000. Lamanya totok wajah sendiri sekitar 40 menitan.

Jika Anda tidak ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa melakukan totok wajah ini sendiri di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Jika iya, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ikuti:

  • Sebaiknya gunakan jari manis dan jari tengah agar titik-titik syaraf di wajah dapat dipijat secara optimal.
  • Lakukan tekanan pada otot wajah, bukan pada tulang kecuali Anda ingin membuat tulang Anda memar.
  • Tempelkan jari ke wajah saat berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Hal ini berguna untuk membuat otot wajah terus bekerja dengan baik ketika dipijat.
  • Tarik sedikit ke atas arah pijatan jari Anda ketika sedang melakukan penekanan pada otot wajah. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan kulit wajah agar terlihat lebih menarik.


Adapun beberapa titik dan gerakan yang harus dilakukan saat totok wajah adalah:

  • Dahi atas. Tekanlah dahi atas mulai dari tengah garis rambut. Kemudian geser jari manis dan jari tengah secara perlahan sepanjang garis rambut sampai menekan 3 titik.
  • Tengah dahi. Berikan tekanan pada tengah dahi dan geser ke arah pelipis dengan jarak pergeseran 1 cm. Lakukan tekanan ini sampai menekan 4 titik.
  • Atas mata. Mulai dengan memberikan tekanan pada cekungan pangkal hidung dan terus bergeser pada atas pangkal alis. Tahan posisi ini selama lebih kurang 10 detik. Kemudian, geser ke puncak alis tahan sekitar 10 detik. Lalu, bergeser ke ujung alis. Lakukan pergeseran ini secara berulang-ulang (3-5 kali). Setelah itu, geser 45 derajat dari ujung alis ke arah atas posisi cekungan atas pelipis, tahan sekitar 10 detik, lalu lepaskan.
  • Bawah mata. Letakkan jari manis dan jari tengah pada bagian bawah tulang mata yang dekat dengan batang hidung. Gerakkan jari ke bawah ujung mata dan kemudian pelipis sampai ke cekungan pelipis. Tekan pada area ini sekitar 10 detik.
  • Pipi. Mulai berikan tekanan pada bagian samping hidung dan geser sekitar 1 cm ke arah luar, tahan sekitar 10 detik. Kemudian geser ke arah tengah-tengah pipi dan tahan sekitar 10 detik. Geser lagi ke lelukan dekat telinga yang menempel pada pipi. Tahan lebih kurang 10 detik lalu lepaskan.
  • Dagu. Mulailah gerakan dari tengah ujung bawah dagu geser jari-jari Anda ke arah luar secara perlahan. Kemudian geser ke bagian ujung bibir. Lalu, geser ke lesung pipi, lekungan bibir saat tersenyum, dan lekungan perbatasan pipi dan telinga. Ingat sebelum bergeser ke titik yang berbeda, Anda harus menahan tekanan selama 10 detik terlebih dahulu, baru kemudian lanjutkan.

Btw, jika Anda ingin mendapatkan layanan akupuntur dan totok wajah yang berkualitas di klinik pengobatan tertentu, pastikan bahwa Anda mengikuti tips berikut ini.

  • Pastikan bahwa klinik pengobatan memilki izin resmi (legal).
  • Cek fasilitas yang tersedia dan pastikan bahwa fasilitas tersebut memadai dan berkualitas.
  • Tanyakan harga pengobatan secara detail dan jangan mudah tergoda dengan biaya rendah.

 

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 🙂

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang merawat kecantikan tubuh dan wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menebalkan Bulu Mata

Memiliki wajah rupawan, tapi bulu mata tipis dan mudah rontok? Tentu saja masalah ini bisa ...