Amankah Cream Pemutih Wajah bagi Wanita Hamil dan Ibu Menyusui?

Setiap wanita pastinya ingin terlihat cantik di depan keluarga dan orang-orang di sekitar mereka. Hal ini tidak saja berlaku pada para wanita yang belum menikah, tapi juga para wanita yang sedang hamil dan menyusui. Kebanyakan wanita hamil dan ibu menyusui biasanya menggunakan cream pemutih wajah untuk meningkatkan penampilan wajah mereka. Sayangnya beberapa ahli menentang penggunaan cream pemutih wajah saat masa kehamilan dan menyusui. Hal ini cukup mengundang pro dan kontra karena beberapa orang mendukung penggunakan produk kecantikan tersebut.

ibu hamil a

Jika saat ini Anda sedang hamil atau menyusui, apa pendapat Anda tentang pro dan kontra tersebut? Jika Anda pro terhadap penggunaan produk kecantikan, Anda sudah mengambil pilihan yang salah. Mengapa? Perlu diketahui bahwa saat ini banyak cream pemutih wajah yang mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan janin/buah hati dan diri Anda sendiri.

Bukankah produk kecantikan tersebut tidak dikonsumsi? Jadi dari mana datangnya efek negatif bagi kesehatan cabang bayi? Memang benar, produk  kecantikan tersebut tidak dikonsumi. Namun, zat-zat berbahaya, seperti mercury, hydroquinone dan retinoid dapat meresap ke pori-pori kulit dan kemudian terserap ke dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membawa dampak negatif pada kesehatan janin atau buah hati Anda jika Anda sedang menyusui.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai dampak dari zat-zat berbahaya itu sendiri dapat dilihat di bawah ini:

  • Mercury
  • Hydroquinone
  • Retinoid
Zat berbahaya ini dapat merusak tidak hanya sel-sel saraf kulit, tapi juga sel-sel saraf di dalam tubuh. Itulah sebabnya janin akan mengalami gangguan kesehatan karena sel-sel saraf di dalam tubuh tidak bekerja secara optimal. Bagi ibu-ibu menyusui, dampak buruk ini dapat menyebabkan kualitas ASInya menurun, sehingga buah hati akan mudah terkena penyakit.

mercury

Efek samping dari zat berbahaya yang satu ini adalah munculnya bercak-bercak merah pada wajah yang lama kelamaan dapat menjadi flek hitam. Di samping itu, penggunaan zat ini dalam waktu yang lama dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan cabang bayi. Untuk ibu-ibu menyusui, zat berbahaya ini dapat menyebabkan turunnya kualitas ASI.

Drop of moisturizer

Bahan ini sangat berbahaya bagi janin karena dapat menyebabkan rusaknya sel saraf pada janin dan membuat cabang bayi mengalami kelumpuhan. Begitu juga halnya untuk ibu-ibu menyusui, penggunaan bahan kimia berbahaya ini dalam waktu yang lama dapat membuat anak mengalami gangguan kesehatan pada organ tubuhnya.

retinoid

Jika ingin tampil cantik saat hamil atau ketika menyusui, sangat disarankan untuk menggunakan masker wajah alami, seperti masker bengkoang, pepaya, tomat dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengkonsumsi obat atau cream pemutih wajah tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda dan pilihlah produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan alami.

Permohonan dari penulis:
Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang merawat kecantikan yang aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Dengan catatan, diet yang dilakukan ...