Apa Saja Kegunaan Buah Sirsak untuk Kecantikan dan Kesehatan?

buah sirsak segar

Salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia adalah sirsak. Mengapa? Selain harganya yang murah dan mudah didapatkan, buah yang juga disebut durian Belanda ini rasanya manis dan memiliki segudang manfaat. Buah ini biasanya paling enak dikonsumsi di siang hari atau ketika berbuka puasa. Badan terasa segar dan mood pun kembali setelah mengkonsumsi buah ini. Btw, buah ini banyak dibudidayakan di daerah Sumatera Barat saat ini.

Berapa harganya?

Untuk harga, buah ini dijual dengan kisaran 10-20 ribu rupiah per kilonya.

Apa saja olahan buah sirsak?

  1. Puding
  2. Panekoek
  3. Jus
  4. Es buah

Bagaimana memilih buah sirsak yang bagus?

  1. Pilih buah sirsak yang sudah matang. Ciri-ciri buah sirsak yang sudah matang adalah durinya berada berjauhan dan ada bintik-bintik hitam di dekat tangkainya.
  2. Pilih buah yang tidak ada cacatnya, baik itu sobekan, goresan, atau benang-benang putih jamur.
  3. Pilih buah yang apabila ditekan lembut, bukan lembek.

Bicara soal buah sirsak, tahukah Anda apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya dan apa saja manfaatnya?

Kalsium

14 miligram kalsium

Selain untuk membantu proses pertumbuhan tubuh, kalsium juga berfungsi untuk memperlancar dan menstabilkan fungsi organ-organ tubuh.

Hidrat arang

16,3 gram hidrat arang

Pernah dengar tentang hidrat arang? Nama lainnya adalah karbohidrat. Jelas, fungsi zat ini adalah untuk menambah tenaga dan membuat rasa kenyang. Itu artinya, bagi yang ingin diet, buah sirsak bisa dijadikan pilihan buah yang bisa dikonsumsi.



Protein

1 gram protein

Tubuh sangat membutuhkan asupan protein untuk mendukung kinerja orgran dan syaraf serta sistem metabolism tubuh. Dengan mengkonsumsi buah satu buah sirsak, setidaknya Anda bisa mencukupi 1 gram asupan protein harian.

Kalori

65 kkal kalori

Padatnya kegiatan sehari-hari dapat membuat tubuh membutuhkan ribuan kkal kalori setiap harinya. Orang dewasa biasanya membutuhkan setidaknya 1.600-2.000 kkal kalori per hari. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat, buah sirsak bisa menjadi makanan pencuci mulut guna mencukupi kkal kalori harian.

Fosfor

27 miligram fosfor

Bagi anak-anak, fosfor sangat berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, ibu-ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak karena kandungan fosfor di dalamnya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi si cabang bayi.

0,3 gram lemak

Lemak

Memiliki sedikit lemak membuah buah ini tetap aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jika tidak ingin memakannya secara langsung, tinggal diolah menjadi puding, agar-agar, atau jus.

0,6 miligram zat besi

Zat besi

Zat besi memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah untuk mencerahkan warna kulit wajah dan tubuh dan menjaga kualitas sel darah merah dan darah putih sehingga tubuh tetap sehat dan terlihat segar.

10 miligram vitamin A

Vitamin A

Seperti yang Anda ketahuai, vitamin A baik untuk kesehatan mata.

20 miligram vitamin C

Vitamin C

Asupan vitamin C yang cukup dapat membuat daya tahan tubuh terjaga. Di samping itu, kandungan ini juga bagus untuk kesehatan gigi dan mulut.

0,07 miligram vitamin B



Vitamin B

Memang kandungannya tidak banyak, tapi setidaknya dengan mendapatkan asupan vitamin B di dalam buah sirsak, proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak di dalam tubuh dapat terbantu dan berjalan lancar.

buah sirsak

Btw, tahukah Anda bahwa kandungan zat-zat baik di dalam buah sirsak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit? Berdasarkan research terpercaya, buah ini memang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Kanker
  2. Ambeien
  3. Diare
  4. Batu kandung kemih

Tak heran jika saat ini ada banyak obat herbal yang dibuat dari buah ataupun daun sirsak.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang berbagai macam buah untuk kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...