Apa Sih Obat Terbaik untuk Sakit Pinggang?

“Aduh…pinggangku kok sakit gini ya? Aku jadi susah ni untuk beraktivitas seperti biasa.” Inilah ekspresi penderita sakit pinggang ketika mereka merasakan nyeri pada pinggang mereka.

Gangguan kesehatan ini terbilang penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala (pusing). Hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang baik sakit pinggang dengan intensitas nyeri yang hanya sedikit sampai intensitas nyeri yang tidak tertahankan lagi.

sakit pinggang

Pada umumnya, kebanyakan orang akan mengosokkan balsem ke bagian pinggang yang sakit untuk mengurangi nyeri pada pinggang mereka. Hal ini terbilang cukup efektif, khususnya untuk sakit pinggang dengan intensitas nyeri yang biasa. Btw, bagaimana dengan Anda sendiri? Pernahkan Anda mengalami sakit pinggang? Jika pernah, tahukah Anda apa obat terbaik untuk sakit pinggang?

Sebelum membahas cara mengatasi gangguan kesehatan yang satu ini, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu penyebab dari sakit pinggang itu sendiri. Hal ini sangatlah penting agar resiko terkena penyakit ini di masa yang akan datang dapat dikurangi.

 

Penyebab sakit pinggang:

  • Pemakaian sepatu bertumit tinggi (high heels) secara berlebihan. Sepatu ini dapat mempengaruhi lengkungan tulang belakang daerah pinggang yang mengarah ke depan. Jika lengkungan ini terlalu ke depan, maka akan timbul rasa nyeri pada pinggang.
  • Menurunnya kelenturan sendi dan jaringan di pinggang karena jarang berolahraga. Kondisi ini akan memicu cedera otot dengan cepat ketika mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
  • Gerak atau sikap badan yang salah ketika membungkuk atau mengangkat beban/barang.
  • Tidur dengan alas yang terlalu lentur sehingga tulang belakang mengikuti alas tersebut.
  • Gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan tulang belakang.
  • Gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, penyakit tulang, dan metabolic



Jika penyakit pinggang disebabkan oleh gangguan ginjal, maka sakit pinggang memiliki gejala seperti berikut ini:

  • Urine menjadi bau dan warnanya menjadi coklat atau merah.
  • Nyeri pinggang diiringi dengan rasa mual.
  • Buang air kecil terlalu sering.
  • Buang air kecil disertai darah.
  • Nyeri dibagian belakang samping, di bawah tulang punggung, perut bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  • Nyeri datang tiba-tiba dan terasa sangat sakit.

 

Pengobatan

Untuk pengobatan sakit pinggang sendiri cukup terbilang bervariasi. Bagi penderita sakit pinggang biasa, mereka bisa mengkonsumsi obat penahan sakit, baik itu naproxen, ibuprofen, atau acetaminophen. Alternatif lainnya adalah pengobatan akupuntur dan juga terapi pijat. Untuk Anda yang memiliki sakit pinggang serius, segera ke dokter dan lakukan operasi.
 
Selain cara di atas, penderita sakit pinggang bisa juga menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi nyeri pada pinggang, seperti:

Daun dewa

Siapkan 300 gram daun dewa segar, 30 gram temu lawak segar, dan 25 gram daun baru china segar. Rebus semua bahan dengan 500 cc air sampai tersisa 200 cc air. Saring air rebusan lalu minum ketika masih hangat setidaknya satu kali sehari.

daun dewa

 

Angco

Pernah dengar buah angco? Ini adalah kurma Tiongkok atau kurma Cina. Cara menggunakannya yaitu rebus 10 butir angco bersama dengan 1 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar, dan 25 gram jahe merah segar dengan 600 cc air. Sisakan 300 cc, lalu saring dan minum saat hangat.

angco

 

Jahe merah

Anda bisa menemukan bahan ini di pasar atau pusat perbelanjaan dengan mudah. Adapun yang harus dilakukan untuk mengobati sakit pinggang adalah rebus 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit segar, dan 30 gram daun dewa segar dalam 600 cc air. Sisakan air rebusan sebanyak 300 cc lalu kemudian minum air rebusan tersebut. Minum rebusan jahe merah setidaknya satu hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

jahe merah



Akar Ilalang

Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa ilang adalah pengganggu tanaman. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar karena akar ilang terbukti banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah untuk menyembuhkan sakit pinggang. Caranya menggunakannya adalah dengan merebus akar ilang secukupnya sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan air rebusan dan minum 2 kali sehari.

akar ilalang

 

Tips mengurangi resiko sakit pinggang

  • Jaga berat tubuh ideal.
  • Kurangi penggunaan sepatu berhak tinggi.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Jangan sering membungkukkan badan ketika bekerja.
  • Atur posisi tidur senyaman mungkin.

 

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya. 🙂

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang olahraga sederhana untuk mengatasi sakit pinggang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...