Bahaya Melakukan Waxing

Apakah Anda tahu tentang waxing? Yup, waxing adalah cara untuk menghilangkan bulu yang ditumbuh di area genital, ketiak, tangan, atau kaki sesuai keinginan. Biasanya cara ini dilakukan dengan mengoleskan cairan lilin ke bagian tubuh yang ditumbuhi bulu dan kemudian meletakkan kertas di atasnya. Setelah lilin mengering, kertas tersebut ditarik berlawanan arah tumbuhnya bulu sehingga bulu-bulu tercabut hingga akar-akarnya. Hal inilah yang membuat bulu tersebut tidak mudah tumbuh kembali.

lagi waxingManfaat waxing

  1. Menghilangkan sejumlah bulu di bagian tubuh dalam satu waktu.
  2. Membuat bulu atau rambut di bagian tubuh tidak mudah tumbuh dengan cepat.
  3. Mempercantik penampilan.

Tak heran jika saat ini, ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan perawatan ini dengan alasan-alasan, seperti:

  1. Mempercantik diri
  2. Hanya sekadar mengikuti tren

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda tertarik untuk melakukan waxing? Jika iya, ada baiknya untuk mengetahui bahaya perawatan ini di area genital, ketiak, tangan dan kaki di bawah ini:



Area genital

Waxing pada area genital akan membuat perlindungan terhadap organ vital berkurang. Kok bisa? Dengan melakukan pencabutan kulit, lapisan kulit terluang yang melindungi organ vital juga akan terkelupas. Hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan bakteri bisa masuk ke daerah tersebut dengan mudah. Beberapa jenis bakteri tersebut adalah A streptococcus yang dapat membuat Anda mengalami gagal organ dan staphylococcus aureus yang memicu timbulnya jerawat dan bisul. Di samping itu, jika waxing di area genital dilakukan oleh pria, ada kemungkinan muncul masalah cellulitis. Apa itu? Infeksi bakterial pada jaringan lunak di area kemaluan pria, seperti skrotum dan penis.
area genital

Ketiak

Malukan waxing di daerah ketiak sering dihubungkan dengan kanker payudara. Apakah hal ini benar? Perlu diketahui bahwa ketiak merupakan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Kelenjar ini berfungsi untuk mempermudah perpindahan racun atau zat kimia dari luar ke dalam tubuh, khususnya payudara. Oleh sebab itu, banyak orang percaya bahwa kanker payudara bisa dipicu oleh waxing pada ketiak. Selain itu, melakukan waxing pada area ini juga dapat menimbulkan iritasi. Iritasi ini bisa menjadi masalah serius apabila tidak segera diobati karena zat kimia dari deodoran yang dipakai bisa masuk ke dalam tubuh.
ketiak



Tangan dan kaki

Waxing pada tangan dan kaki tidak menimbulkan dampak serius, hanya berupa rasa perih sesaat karena bulu tercabut dari akarnya. Meskipun begitu, jika perawatan ini dilakukan dengan tidak hati-hati, ada kemungkinan besar untuk mengalami infeksi dan tumbuhnya rambut di tempat yang berbeda.
tangan dan kaki

Bagi penderita diabetes, ginjal kronis, atau penyakit hati yang kondisi kulitnya tidak normal serta orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, sangat tidak disarankan untuk melakukan waxing karena dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Lalu bagaimana dengan orang yang normal dan sehat? Apakah waxing boleh dilakukan? Boleh asalkan:

  1. Memilih salon yang profesional dan memiliki lisensi dan izin usaha yang legal. Ini demi mencegal terjadinya malpraktek atau mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan.
  2. Cek kebersihan dan kehigienisan proses waxing. Apabila hal ini tidak dilakukan, bersiap menghadapi resiko seperti disebutkan di atas.
  3. Pilih metode surgaring. Mengapa? Teknik ini menggunakan bahan dasar gula yang bersahabat dengan kulit sehingga tidak menimbulkan perih ketika bulu dicabut.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang menghilang bulu ketiak secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apa Saja Kegunaan Buah Sirsak untuk Kecantikan dan Kesehatan?

Salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia adalah sirsak. Mengapa? Selain harganya yang murah ...