Bahayakah Terapi Ear Candle?

Terapi Ear Candle2

Setelah sebelumnya membahas cara membersihkan telinga secara umum, sekarang akan dibahas secara lebih rinci salah satu metode membersihkan telinga tepatnya dengan terapi ear candle.

Kotoran di telinga yang berlebihan dapat membuat pendengaran berkurang. Oleh karenanya, telinga harus rutin dibersihkan. Cotton bud terkadang tak cukup efektif untuk membersihkan telinga. Salah-salah bisa merusak gendang telinga jika terlalu dalam memasukkannya. Namun, sekarang tidak perlu risau karena ada terapi ear candle yang bisa jadi solusi yang efektif.

Lebih dari sekedar membersihkan lubang telinga, terapi ear candle ini disinyalir mampu:

  • Mengatasi insomnia
  • Mengatasi stres
  • Mengatasi vertigo dan sakit kepala
  • Dll



Proses terapi ear candle

Perlengkapan terapi ear candle

  • Lilin khusus berukuran 20 cm
  • Mangkuk yang diisi air
  • Kaca kecil
  • Korek api
  • Kertas

Jadi beberapa perlengkapan terapi ear candle. Pasien akan tidur miring sebelum ahli terapi membakar lilin dan menempatkannya pada lubang telinga. Ahli terapi akan mematikan ketika telah mencapai batas yang ditandai dengan kaca kecil. Kertas digunakan untuk menjaga wajah agar tidak terkena lilin yang terbakar.

 

Proses Terapi Ear candle

 

Bagaimana lilin terapi itu bekerja? Lilin yang panas karena dibakar akan melembutkan kotoran yang telah mengeras kemudian dirangsang untuk keluar. Ketika terapi telah selesai, banyaknya kotoran telinga dapat dilihat dengan membuka sisa lilin yang telah dibakar tadi.

Berapa tarif yang ditawarkan untuk terapi ear candle sendiri? Semuanya tergantung dengan jenis lilin yang digunakan sekaligus tempat melakukannya. Kisaran tarifnya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.



Yang jadi pertanyaan, bahayakah melakukan terapi ear candle?

Ada beberapa sumber yang menyebutkan kalau terapi ear candle tidak cukup aman. Sebab, terapi ear candle ditakutkan dapat memicu masalah berikut:

  • Infeksi lubang telinga
  • Pecahnya gendang telinga
  • Terbakar di bagian wajah

Seyogyanya, setiap perawatan utamanya untuk kesehatan sekalipun punya dampak negatif. Peluang mendapatkan dampak negatif tersebut bakal makin meningkat manakala dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman. Jadi, jika ingin terapi ear candle cari terapis yang benar-benar berpengalaman serta sudah banyak bukti dari pasiennya.

Penting! Kalau punya masalah pendengaran yang cukup serius, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter THT bukan ke terapis ear candle.

 

Tonton video ini yuk! 😀

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang memaksimalkan pendengaran hingga tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Tindik Bagian Tubuh

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna ...