Cara Membersihkan Telinga

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang harus dijaga dengan baik dan benar. Bagian tubuh ini tergolong mudah sekali kotor. Selain menyebabkan kurangnya rasa percaya diri, telinga yang kotor juga dapat mengganggu pendengaran. Maka dari itu, membersihkan telinga menjadi suatu keharusan. Namun, tidak semua orang tahu cara yang benar untuk membersihkan panca indra yang satu ini.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda juga belum mengetahui caranya, temukan jawabannya di bawah ini:

Perlu diketahui bahwa kotoran yang ada di telinga itu ada dua jenis, yaitu kotoran yang ada di daun telinga dan di dalam telinga. Kotoran di daun telinga biasanya disebabkan oleh kotoran, debu, sisa sabun, kulit mati, dan sisa kosmetik. Untuk membersihkannya daun telinga, Anda bisa melakukan cara ini:

  • Air
  • Kain basah
Gunakan air bersih untuk membersihkan daun telinga Anda. Campur air dengan satu atau dua sendok teh baby oil untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan bahwa Anda membersihkan daun telinga Anda dengan lembut. Cara ini sangat dianjurkan untuk dilakukan saat Anda mandi.

air

Sediakan kain bersih lalu basahi kain tersebut dengan air bersih. Lap bagian daun telinga Anda dengan perlahan, agar semua kotoran yang menempel dapat terangkat. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan tisu basah.

kain bersih



Sementara itu, untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga bagian dalam, sangat dianjurkan untuk lebih berhati-hati karena cara Anda membersihkan telinga bagian dalam dapat menyebabkan gangguan pada gendang telinga. Untuk meminimalisir masalah tersebut ada baiknya menggunakan alat-alat ini:
  • Cotton bud
  • Baby oil
Seperti yang Anda ketahui, cotton bud adalah alat pembersih telinga yang praktis dengan ujung yang terbuat dari kapas lembut untuk menjangkau kotoran di dalam telinga. Ingat ketika Anda menggunakan cara ini, gerakkan cotton bud secara perlahan, jangan sampai terlalu dalam dan mengenai gendang telinga.

cotton bud

Tujuan menggunakan baby oil adalah mengangkat dan mencairkan kotoran yang sudah mengeras di dalam telinga. Caranya? Anda bisa memasukkan baby oil ke dalam telinga lalu tutup telinga dengan kapas. Setelah 10 sampai 15 menit, miringkan kepala Anda untuk mengeluarkan baby oil tersebut.

baby oil



Jangan lakukan

Dalam membersihkan telinga baik bagian luar atau dalam, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Apa sajakah itu?

Mengorek telinga dengan menggunakan jari Anda. Terkadang perasaan gatal di dalam telinga sering membuat Anda reflek untuk mengoreknya dengan menggunakan jari Anda. Hal ini tidak dibenarkan karena kuku jari bisa saja melukai telinga Anda.

Mengorek telinga dengan benda keras, seperi peniti. Hal ini mungkin sudah jarang dilakukan, tapi mungkin masih banyak orang di luar sana yang menggunakannya. Perlu diketahui bahwa mengorek telinga dengan benda keras dapat menciderai gendang telinga sehingga Anda akan mengalami gangguan pendengaran.

Terlalu sering membersihkan telinga. Mengapa? Pada dasarnya, telinga mampu menghasilkan minyak yang dapat menyerap kotoran dan debu yang akan masuk ke dalam telinga lebih dalam. Jika Anda terlalu sering membersihkan telinga Anda, maka telinga akan terinfeksi atau mengalami gangguan sehingga produksi minyak di dalam telinga akan abnormal. Hal ini dapat berbahaya bagi pendengaran Anda.

Menggunakan layanan ear candle atau ear cone. Layanan ini dilakukan dengan meletakkan sebuah lilin berongga di mana ujung lilin disulut dengan api dan ujung yang satunya dimasukkan ke dalam telinga. Sebagian orang percaya kalo cara ini efektif. Namun banyak para ahli dan dokter THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan) yang tidak menyarankan layanan ini. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan besar bagi para pengguna layanan ini untuk mengalami cidera, seperti infeksi saluran telinga, terbakar, saluran telinga yang menutup, dan gendang telinga yang berongga.

Jika Anda mengalami gangguan pada pendengaran Anda karena kotoran yang sudah terlalu keras, jangan memaksa untuk mengorek-ngoreknya. Ada baiknya untuk mengunjungi dokter THT guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar Perawatan telinga

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Melakukan Scrub Wajah

Wajah kusam dan kasar serta pori-pori yang besar dapat memudahkan timbulnya jerawat dan komedo. Untuk ...