Don't Miss

Cara Memutihkan Ketiak Hitam

Ketiak hitam memang menyebalkan, bikin kita nggak bisa pakai baju-baju tanpa lengan dengan percaya diri. Sebelum kita bahas cara memutihkan ketiak hitam, kamu harus tau dulu penyebabnya supaya masalah ketiak hitam ini nggak muncul terus-terusan.

  1. Faktor genetik. Sebagian besar masalah kecantikan memang tidak dapat dipisahkan dari faktor genetik atau keturunan. Ayah atau ibu yang memiliki kulit ketiak hitam akan mewariskan gen tersebut pada anaknya. Coba cek apakah ada anggota keluarga Anda memiliki ketiak hitam?
  2. Deodoran. Penggunaan produk deodoran juga menjadi pemicu utama mengapa kulit ketiak Anda yang putih mulus berubah menjadi gelap dan hitam. Ini dikhususkan jika Anda menggunakan produk deodoran dalam bentuk roll-on.
  3. Pencukuran bulu ketiak. Ketiak Anda berbulu? Bagaimana cara Anda mencukurnya? Menggunakan pisau cukur atau alat cukur lainnya seperti yang berupa krim berarti Anda menggesekkan suatu benda ke kulit/permukaan ketiak. Tanpa disadari, hal ini menimbulkan warna hitam pada ketiak apalagi jika pencukuran cukup sering dilakukan.
  4. Berkeringat saat mengenakan pakaian ketat. Aktivitas sehari-hari di luar yang membuat Anda berkeringat juga menjadi penyebab timbulnya warna hitam pada ketiak. Apalagi jika mengenakan pakaian yang ketat karena gesekkan saat Anda melepas baju akan menimbulkan noda dan menempel dengan keringat.


Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memutihkan ketiak hitam. Walaupun agak repot, sebaiknya kamumemilih cara yang alami karena aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ketiak hitam dan membuatnya putih adalah:

  1. Lemon. Lemon adalah tumbuhan yang terbukti ampuh menghilangkan flek dan noda, termasuk ketiak hitam. Iris satu buah lemon dan kemudian irisan tersebut digosokkan secara perlahan hingga airnya menempel ke seluruh permukaan ketiak Anda. Pastikan ketiak dalam keadaan bersih.
  2. Mentimun. Cara yang sama seperti lemon dapat Anda terapkan pada mentimun. Untuk membasmi noda hitam pada lipatan ketiak, Anda dapat mengiris mentimun ke dalam ukuran yang sedang (tidak terlalu tipis dan tebal), kemudian gosokkan irisan tersebut dan biarkan airnya menempel pada ketiak.
  3. Pepaya. Pepaya yang masih hijau atau belum terlalu masak dapat pula dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak hitam. Caranya yaitu memarut pepaya tersebut hingga halus dan kemudian oleskan ke permukaan ketiak. Biarkan selama 5-10 menit lalu cuci dengan air bersih.
  4. Kentang. Sama halnya dengan pepaya, parutan kentang juga bisa Anda gunakan untuk membasmi noda hitam pada ketiak. Oleskan parutan kentang tersebut secara rutin hingga mendapatkan hasil yang baik.

 

Selain menggunakan bahan alami, buat kamu yang lebih suka yang praktis-praktis dan nggak punya waktu buat melakukan hal-hal di atas, kamu bisa mencoba waxing. Yap, waxing adalah metode yang ampuh untuk menghilangkan bulu tanpa pencukuran. Untuk penggunaannya pada ketiak, waxing juga mampu membasmi noda hitam dan membunuh sel kulit mati penyebab noda hitam. Lakukan waxing secara rutin baik oleh diri sendiri atau oleh ahli kulit.

Selain itu, ada metode scrubbing untuk memutihkan ketiak. Metode ini bekerja dengan cara mengelupaskan kulit hitam ketiak dan mengangkat sel kulit mati untuk mencerahkan ketiak.



 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian memutihkan ketiakmu yang hitam!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya :)
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar Perawatan Ketiak

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:



2 comments

  1. dok kalo cari deodorant yg gk bikin kulit ketiak hitam itu apa ya? saya pernah pake rexona yg katanya 7hari jd putih tapi nyatanya tidak dok. sekarang saya pake pixie yg stick, soalnya mama saya bilang lebih baik pake yg stick ketimbang roll on. makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>