Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat

[dropcapM[/dropcap]emiliki tubuh yang terlalu kurus merupakan masalah yang cukup serius. Pasalnya gara-gara tubuh seperti ini, kamu bisa saja menjadi minder, kurang pede dan tidak mampu mengangkat benda-benda berat. Alhasil, kamu bakalan sering mengandalkan orang lain. Di samping itu, jika kamu sudah punya gebetan, mungkin si dia akan menjadi kurang nyaman dengan ukuran tubuhmu.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan? Tentu saja kamu harus menambah berat badanmu. Caranya? Selain minum air mineral 8 gelas per hari dan rajin minum susu yang mengandung tinggi protein dan vitamin 3 kali sehari, ada baiknya juga mengikuti beberapa cara berikut ini:

Makanlah lebih sering

Jika selama ini kamu makan 3 kali sehari, maka tingkatkan menjadi 5-6 kali sehari. Untuk porsi makannya sendiri idealnya cukup satu piring nasi ditambah dengan sayur, daging, tempe, atau tahu. Pastikan bahwa menu makanan yang kamu konsumsi tidak digoreng karena hal ini bisa menghambat proses pencernaan dan membuat lemak menumpuk di tubuhmu. Di samping itu, ada baiknya juga untuk mengganti beras putih dengan beras merah yang lebih kaya serat, gizi, dan nutrisi.


Ngemil makanan sehat berkalori tinggi

Ganti makanan cemilanmu dengan makanan sehat berkalori tinggi, seperti steak keju, muffin, kacang-kacangan, dan lain-lain. Namun, ingat untuk tetap memperhatikan porsi cemilanmu. Misalnya, kamu bisa ngemil satu atau dua potong sedang steak keju sebelum makan siang dan makan malam.

Istirahat yang cukup

Tubuh yang kurus bisa saja disebabkan karena organ tubuh tidak berfungsi secara optimal karena kamu kurang istirahat. Di samping itu, kurang tidur juga mampu menghambat naiknya berat badan. Oleh karena itu, tubuh butuh istirahat setidaknya 7-8 jam per hari untuk mengembalikan fungsi organ tubuh ke kondisi normal. Jika kamu menerapkan pola istirahat yang sehat, maka usahamu untuk menambah berat badan akan berjalan lancar.

Jauhi rokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan paru-paru, kulit, dan gigi saja, tapi juga berbahaya untuk sistem percernaan tubuh. Kandungan nikotin, tar, dan bahan lainnya di dalam rokok dapat mengurangi nafsu makan sehingga tubuh akan kekurangan asupan gizi dan nutrisi. Maka dari itu berhentilah merokok.


Olahraga teratur

Untuk memaksimalkan usahamu dalam mendapatkan berat badan impianmu, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Mengapa? Karena tanpa berolahraga, kalori dan lemak di dalam tubuh akan sulit untuk dikurangi. Alhasil, kamu bukannya mendapatkan berat badan ideal tapi justru kegemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan penilitian yang dilansir dari majalah Best Health dan NYTimes, 95% orang gagal dalam program ...