Cara Mengatasi Nyeri Haid

Wanita biasanya mengalami rasa nyeri luar biasa yang tak tertahankan pada perut bagian bawah menjelang dan/atau saat berlangsungnya haid bahkan setelah berhenti. Ini adalah hal yang lazim karena bertambahnya prostaglandin dan faktor hormon.

Untuk mengatasi dan menghilangkan nyeri haid, wanita perlu mengikuti dan menerapkan langkah-langkah berikut:

Melakukan perawatan alami

Langkah pertama yang dapat diambil yaitu melakukan perawatan khusus secara alami dengan menggunakan salah satu bahan di bawah ini:

  • Air hangat
  • Air jahe
  • Jamu kunyit
Kompres dengan air hangat untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat haid. Sediakan air hangat-hangat kuku yang dimasukkan ke dalam bantalan atau botol. Kemudian letakkan pada bagian perut yang terasa nyeri selama 20-30 menit sembari berbaring. Lakukan secara teratur selama masih merasakan nyeri haid. kompres air hangat di perut
Cara ini cukup mudah. Yang Anda perlu lakukan adalah siapkan jahe secukupnya. Cuci jahe yang sudah dikupas menggunakan air bersih kemudian tumbuk (jangan sampai terlalu halus). Lalu rebus jahe tersebut dan tambahkan gula secukupnya agar enak diminum.air jahe
Alternatif lainnya adalah jamu kunyit meskipun membuat ramuannya agak sedikit sulit daripada air jahe. Yang harus Anda sediakan adalah ¼ kg jahe, asam jawa, ½ liter air, 1 sendok teh garam, dan gula pasir. Setelah mempersiapkan bahan, ikuti langkah-langkah berikut ini:
• Parut kunyit yang sudah dibersihkan
• Saring kunyit yang sudah halus tersebut untuk mendapatkan sarinya
• Campurkan air sari kunyit dengan garam, gula pasir, asam jawa, dan air di dalam panci lalu panaskan.
• Aduk air ramuan kunyit tersebut secara merata hingga mendidih
• Setelah mendidih, jamu kunyit siap diminum
jamu kunyit
  • Daun mint
  • Pijatan
Apakah Anda suka minum teh? Cara termudah untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan menambahkan satu atau dua lembar daun mint ke dalam teh yang Anda minum setiap hari. teh daun mint
Metode alami lainnya untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah melakukan pijatan-pijatan ringan di perut yang terasa nyeri secara perlahan sembari berbaring di atas kasur. Anda dapat melakukan ini sendiri atau meminta seorang pemijat melakukannya. pijatan haid


 

Meminum analgesic

Analgesic adalah sekumpulan obat yang berfungsi sebagai penahan sakit. Disebut “sekumpulan” karena biasanya obat yang diberikan berjumlah 2 atau lebih untuk mengatasi dan meredakan rasa nyeri yang dialami secara efektif. Produk obat analgesic yang biasa digunakan untuk penghilang rasa nyeri haid adalah Neuralgin dan Ibuprofen. Pastikan Anda memahami instruksi pengkonsumsian obat tersebut dan meminumnya secara teratur.

 

Perhatikan makanan

Faktor utama yang bisa saja menambah dan memperparah rasa nyeri haid adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, setiap wanita sebaiknya lebih memperhatikan lagi pola makan.

Konsumsi:
  1. Air putih
  2. Susu atau yang mengandung kalsium
  3. Kacang-kacangan, daging merah, atau makanan laiinya yang mengandung banyak zat besi
  4. Gandum utuh atau beras merah sebagai pengganti nasi
  5. Buah dan sayur, khususnya bayam dan pisang
Hindari:
  1. Minuman bersoda, kafein, dan alkohol
  2. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula
 

 Menggerakkan tubuh (melakukan olahraga ringan)

jalan kaki2

Gerakkan tubuh atau lakukan olahraga ringan agar rasa nyeri haid berkurang karena tanpa ini, perut bagian bawah Anda akan semakin nyeri dan bahkan membuat bagian tubuh lainnya lemas. Dalam hal ini, Anda tidak perlu melakukan olahraga-olahraga berat. Cukup lakukan dua hal di bawah ini:

  1. Jalan kaki. Perbanyaklah jalan kaki karena banyak sekali manfaatnya termasuk meredakan rasa nyeri haid. Manfaat lainnya aalah menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan otot, dan menyehatkan & menyegarkan kulit.[/checklist]
  2. Senam. Anda juga bisa melakukan senam haid untuk meredakan rasa nyeri yang berlebihan. Senam kegel yang biasa dilakukan oleh ibu hamil dapat menjadi solusi yang tepat. Contoh gerakannya yaitu merangkak dengan salah satu kaki diangkat lurus atau tidur telentang sembari menyilangkan kedua kaki.


Istirahat cukup

wanita istirahat
Jangan abaikan waktu istirahat Anda meskipun aktivitas sehari-hari sangat padat. Rehatkan badan Anda sejenak di siang hari jika terasa nyeri di bagian perut bagian bawah saat haid. Di samping itu, Anda juga sebaiknya tidur malam pada jam yang tetap dan teratur. Hal ini juga sama pentingnya dengan langkah-langkah sebelumnya untuk meredakan rasa nyeri haid.

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam mengatasi nyeri haid!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang perawatan organ intim wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Selain muncul di wajah, ternyata jerawat bisa juga muncul di punggung lho. Wah, masalah kulit ...