Cara Mengatasi Rambut Lepek & Berminyak

Rambut merupakan mahkota wanita, maka wajib bagi kita, khususnya kaum wanita, untuk menjaga kecantikan rambut. Ada banyak masalah rambut yang bisa terjadi, mulai dari ketombe, kutu kepala, rambut bercabang, rambut rontok, dll. Kali ini, kita akan membahas secara khusus seputar rambut lepek. Apa saja yang harus kita lakukan supaya rambut kita selalu “segar”?

  • Keramas secara rutin, setidaknya 2 hari sekali
    Keramas secara rutin, setidaknya 2 hari sekali. Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering berkeringat, keramas 1 hari 1x. Perhatikan juga jenis shampoo yang Anda gunakan. Jangan beli karena baunya wangi atau harganya lagi diskon. Bila perlu, Anda bisa konsultasi dengan pakar untuk mengetahui produk sampo yang dianjurkan. Ingat, pilih yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya.
  • Makan makanan bergizi
    Kesehatan rambut dipengaruhi oleh asupan makanan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan berlemak dan berminyak untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan rambut.
  • Jeruk nipis setelah keramas
    Jeruk nipis adalah bahan alami yang segar dan baik untuk perawatan rambut. Gunakan air perasan jeruk nipis setelah habis keramas sebagai pemberi nutrisi atau pengganti kondisioner.
  • Lidah buaya
    Lidah buaya adalah bahan alami yang ampuh menutrisi rambut serta menyehatkan kulit kepala. Anda dapat menggosokkannya setiap hari secara rutin untuk hasil maksimal karena banyak vitamin yang terkandung di dalamnya yakni vitamin A, B, C, dan E.
  • Minyak jojoba
    Seperti yang Anda ketahui, rambut akan mudah patah dan rontok apabila lepek dan berminyak. Di sini peran minyak jojoba begitu penting, yaitu untuk melindungi rambut dari kerontokan.



Shampoo yang tidak sesuai dengan jenis kepala, jenis kondisioner yang tidak cocok dengan rambut kita, mengikat rambut saat basah, dan mengkonsumsi goreng-gorengan terlalu ternyata bisa membuat rambut tampak lepek dan jelek. Maka, hindari hal-hal berikut:

  • Jangan malas keramas
    Bagi Anda yang malas keramas atau mencuci rambut, hentikan kebiasaan buruk ini karena juga merupakan faktor utama mengapa rambut Anda mudah lepek dan berminyak. Rambut yang tidak dicuci atau dibersihkan secaa teratur pasti gampang berminyak.
  • Jangan pakai sampo yang salah
    Berhati-hatilah dalam memilih sampo, kondisioner, atau produk perawatan rambut lainnya karena inilah penyebab utama rambut lepek dan berminyak. Produk tersebut mengandung bahan kimia seperti dioxane, propylene glycol, lauryl sulfate, dll yang dapat menimbulkan minyak pada rambut sehingga menjadikannya lepek.
  • Jangan ikat rambut saat basah
    Hindari mengikat rambut saat rambut masih basah setelah keramas. Tahukah Anda bahwa rambut juga butuh udara segar agar dapat tumbuh dengan baik? Jika rambut basah diikat, maka minyak akan bergumpal pada kulit kepala dan menyatu dalam helai rambut.
  • Jangan banyak mengonsumsi makanan berminyak
    Makan goreng-gorengan memang paling mankyus. Gorengan pun dijual di mana-mana, mulai di pinggir jalan hingga di mall. Contoh lain makanan berminyak yaitu aneka lauk di rumah makan Padang. Jika Anda suka mengkonsumsi makanan berminyak dalam jumlah dan porsi yang banyak, jangan terkejut jika rambut Anda akan berminyak.



Kita sudah mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat rambut supaya tidak mudah lepek di atas, salah satunya dengan menggunakan lidah buaya secara teratur dan menggunakan jeruk nipis sebagai kondisioner. Sekarang, kita wajib tahu hal-hal yang sebaiknya dihindari supaya rambut nggak mudah lepek:

  • Gonta-ganti gaya dan warna rambut
    Anda suka meluruskan, mengeriting, dan mewarnai rambut? Memang untuk sesaat keliatannya keren dan Anda punya penampilan baru. Kurangi dan tinggalkan gaya hidup ini karena hanya akan memperburuk keadaan rambut apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan maksimal. Untuk langkah awal, kurangi frekuensi mewarnai rambut.
  • Sinar matahari dan polusi udara
    Lindungi rambut dari terik sinar matahari yang menyengat serta debu, kotoran, dan polusi secara langsung karena ini akan membuat rambut Anda kotor, kusam, dan lepek. Kurangi kegiatan di luar ruangan, khususnya dari jam 10 pagi hingga 3 sore di saat matahari bersinar terik. Hindari juga jalan kaki di jam-jam sibuk kendaraan, seperti jam berangkat dan pulang kantor. Bagi Anda yang harus jalan kaki, cari jalan alternatif yang aman tapi tidak banyak dilewati kendaraan bermotor.
  • Produk perawatan rambut
    Pemakaian kondisioner/pelembab, pelembut, dan penutrisi rambut memang baik namun jangan terlalu banyak. Kurangi pemakaiannya karena rambut yang menampung terlalu banyak bahan-bahan kimia akan berkurang kualitas dan kealamiannya.

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian mencegah rambut lepek!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

22 comments

  1. Kalau sering gonta ganti shampo apa akibatnya untuk rambut dan kulit kepala..?

    • @Fhany: saran saya, kalau udah ketemu satu shampoo yang cocok (nggak bikin ketombean & rambut nggak gampang berminyak), mending konsisten pakai 1 shampoo itu. Kebanyakan gonta-ganti kadang malah bikin kulit kepala gatal & ketombean 🙁

  2. Dok, kulit kepala aku bau tapi udah sering banget disampo.
    Solusinya apa ya dok?
    Dan shampo yg cocok untuk rambut ketombe dan bercabang apa ya dok?
    Makasih

  3. Klu rambut brketombe sama brminyak pkai shampoo ap ya,,,,

    • @Aini: coba pakai Selsun kuning 1 botol. Setelah ketombe hilang, tetap pakai Selsun, jangan ganti ke shampoo lain. Kalau kulit kepala kamu sensitif, biasanya ketombe kembali muncul.

  4. Dok, rambut aku lembek banget kalo udah kena yang nama nya panas. Tapi kalo pas kering mengembang, kaya singa. Biasa nya setiap kali berangkat sekolah/keluar pasti aku iket, walaupun itu setengah basah setelah keramas. kalo ngembang jadi berantakan banget soalnya dok, apalagi malu juga, kasih solusi secepatnya ya dok. Makasih

    • @Natha: kamu bisa coba smoothing karena karakter rambut kamu memang mengembang.
      Oh ya, jangan dibiasakan mengikat rambut dalam keadaan basah atau setengah basah, malah bisa bikin kepala pusing

  5. Vania Elizabeth W

    dok, rambutv saya lepek banget bahkan kalo 1 hari tidak keramas udh lepek nya minta ampun, lalu rambut saya agak rontok dok … sebaiknya saya pake shampo apa ya dok ?

    • @Vania: coba pakai shampoo yang khusus untuk rambut berminyak biar gak gampang lepek. Untuk rontok ini banyak penyebabnya, bisa faktor stres dan makanan juga.

  6. novalita dwi yuliani

    Rambutku ketombe, rontok, dan kembang. Kalau habis keramas rambutku kembang. Kalau naik motor dan kena angin rambutku menjadi kembang. Aku lihat teman2ku nggak kembang tuh. Bagaimana solusinya supaya gak kembang? Trus keramas yg baik kan 1x 2 hari. Kalau pakai jilbab gimana?

    • @Novalita: Pake conditioner bu

      • dok, rambut aku kering banget, lepek. udh gtu style rambutnya jg salah, jd ga PD bngt. dlu wkt msh kerja aku di tuntut untuk rapih rambutnya, akhrnya aku sanggul dan pakai hairspray. alhasil jd rusak gni rmbut aku. muka aku bulat, rambut yang cocok gaya apa yh dok? dan perawatannya hrus pakai apa aj? tolong balas yh dok, mkasih

        • @Rizky: yang penting rambut kamu sehat dulu. Hindari pakai hair spray dulu sementara waktu. Potong ujung rambut yang bercabang secara teratur. Terus, sering-sering creambath biar rambut bisa balik sehat.
          Hindari juga beraktivitas terlalu lama di bawah matahari.

          Harap sabar karena kayaknya masalah di rambut kamu udah cukup serius. Good luck.

          Satu lagi: kalau ngeringin rambut usahain alami aja, jangan pakai hair dryer dulu

  7. saya mau nanya
    beberapa akhir ini rambut saya suka cepat berminyak setelah keramas, padahal biasanya jarang begitu. kalau saya terlambat ngeringin rambut juga langsung lepek rambut saya. saya udah gonta ganti shampo tapi percuma, malah rambut saya jadi makin banyak yang rontok juga.
    Kira kira solusinya bagaimana ya? terima kasih

    • @Dita: Kamu pakai kondisioner ga? kalau pakai, jgn pakai dlu. soalnya kondisioner bikin rambut keliatan licin, kalau ga cocok malah bikin rambut jd cepet lepek
      Sama jangan pakai shampoo utk rambut kering krn bikin rambut cepat berminyak
      coba pakai shampoo utk rambut normal dlu atau utk rambut berminyak
      trus jgn langsung keringetan kalau abis mandi

  8. Saya memakai jilbab,rambur saya lepek hanya di bagian ubun2 saja dok,sedangkan bagian belakang tidak,jdi kalau misalkan saya tidak menggunakan jilbab,bagian ponih atay ubun2 rambutnya tidak mau ngembang/lepek,bagaimna solusinya ? Terima kasih

  9. dok…rambutku katagori berminyak utk area deket wajah krn wajahku berminya.
    tetapi utk area rambut bagian belakang katagori kering, karena kalu diurai jd mengembang…
    Rabutku keriting dok, dan dalam keseharian saya berjilbab sehingga rambut saya slalu ikat dr jam 8 pagi hingga jam 6 sore.
    apa yang saya harus lakukan mengatasi rambut berminyak yang hanya bagian depan ini dok?
    apa dengan keramas 2x sehari dapat mengurangi kelepekan di rambut, kebetulan saya orgnya malas banget keramas. saya kalau keramas slalu mencari wkt yg stay full dirmh biar rambut saya dapat kering alami.
    Saat ini saya menggunakan shampo selsun krn selaen berminyak rambut saya juga berketombe.

    Terima Kasih

    • @Wina: perlu kamu ketahui kalau rambut mengembang ketika diurai tidak sama dengan rambut kering. Rambut bisa mengembang itu karena jenis rambut kamu seperti itu, apalagi kamu keriting. Ada orang yg jenis rambutnya memang jatuh lurus ke bawah (tidak mengembang).
      Kamu keramas teratur aja 1x sehari, pas mandi sore. Pas kan? Abis itu kan kamu nggak harus mengenakan jilbab sehingga rambut kamu bisa diurai dan kering alami.

      Utk ketombe, mengguanakan shampoo selsun sudah benar. Silakan dicoba 🙂

  10. mau tanya nih
    Dunia rambutku bagus, bisa ngembang gitu halus juga
    Tapi akir2 ini, rambutku bisa serasa lengket gitu, lepek juga, pdalan baru kramas
    Kenapa rambut bisa gitu yaa?
    Tlg dijwb ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*