Cara Mengatasi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah kecantikan yang acap kali dirasakan oleh sebagian orang. Bukan hanya pemakaian sampo yang salah, obat-obatan, dan hormon saja melainkan juga stres menjadi penyebab lain rambut rontok.

Rambut rontok dalam kuantitas banyak tentu sangat menghawatirkan. Sebab, jika dibiarkan lama kelamaan kondisi ini akan membuat kebotakan. Jika mengalami hal demikian, jangan panik tetapi lebih baik cari cara untuk mengatasinya. Untuk mengatasi rambut rontok, kami membaginya menjadi 2 di antaranya menggunakan bahan-bahan alami atau kimia (serum).

Jika Anda mencari tips mengatasi rambut rontok, silakan klik di sini. Baca juga faktor penyebab rambut rontok, berikut solusinya, baik menggunakan bahan alami maupun bahan kimia.



Bahan Alami

Bawang merah, bawang putih, atau jahe

bawang putih
Ternyata bawang merah, bawang putih, atau jahe tidak hanya bisa digunakan untuk bahan memasak saja tetapi juga berkhasiat untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya? Blender bawang merah, bawang putih, atau jahe (seperti jus) kemudian diminum. Tambahkan 150 cc air. Ada baiknya lakukan hal ini secara teratur agar hasil lebih maksimal.

Buat yang nggak suka bawang merah, bisa pakai bawang putih. Buat yang nggak suka bawang merah dan bawang putih, pakai jahe aja. Jahe dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum diblender.

 

Teh hijau

Teh hijau
Anda suka minum teh? Sebaiknya, jangan buang dahulu bekas seduhan teh hijau Anda. Mengapa? Sebab, ini menjadi cara lain yang bisa Anda gunakan yakni dengan menggunakan teh hijau. Caranya bisa dengan menggosokkan bekas teh hijau yang sudah diseduh ke seluruh bagian kulit kepala. Balurkan ke seluruh bagian kulit kepala lalu diamkan selama satu jam sebelum dibilas.



Madu

Madu

Bukan rahasia lagi kalau madu menawarkan sejuta manfaat dalam kehidupan. Berikut beberapa manfaat dibalik cairan manis ini: membunuh kuman, sebagai antioksidan, untuk menghambat penuaan dini, dan untuk penyembuh luka. Namun, ketahuilah bahwa madu juga bermanfaat untuk menguatkan rambut. Benarkah? Bagaimana caranya? Oleskan madu secara merata mulai dari akar rambut sampai dengan ujung rambut sembari dipijat lembut. Keramaslah jika telah didiamkan selama 10 menit.

 

Lidah buaya

Lidah buaya
Tanaman yang satu ini juga menawarkan beragam manfaat dalam dunia kecantikan. Tidak hanya dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan lembuat, lidah buaya juga mampu mengatasi rambut rontok. Bagaimana caranya? Ambil lidah buaya, kemudian potong menjadi dua bagian. Lendir-lendir yang keluar dari potongan itulah yang Anda usapkan pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut Anda. Bilas dengan air bersih setelah dipijat dan didiamkan selama 15 menit.

 

Bahan Kimia

Serum

Serum merupakan vitamin rambut yang telah diolah oleh pabrik. Vitamin tersebut bertujuan untuk menutrisi dan menguatkan rambut sampai ke akarnya agar tidak mudah rontok.

Kondisioner

Selain menggunakan serum, kamu bisa menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner bermanfaat untuk melembabkan dan menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

 

Tips Mencegah Rambut Rontok

Setelah membahas tips tentang mengatasi rambut rontok, berikut akan kita bahas bagaimana caranya mencegah rambut rontok.
1. Keramas Teratur
Salah satu faktor yang menyebabkan rambut rontok adalah jarang keramas. Hal ini membuat rambut menjadi berminyak dan berketombe sehingga akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Solusinya, keramas secara teratur, 1-2 hari sekali, apalagi setelah mengeluarkan banyak keringat.

 

2. Konsumsi vitamin A, B, C, dan E

Orang yang mengalami kerontokan pada rambutnya biasanya karena kurang mengkonsumsi vitamin A, B, C, dan E. Bagaimana cara memperolehnya?

  • Vitamin A dari wortel atau jeruk
  • Vitamin B dari kacang-kacangan
  • Vitamin C dari jeruk atau mangga
  • Vitamin E dari hati atau telur

Konsumsi vitamin A, B, C, dan E
3. Kurangi pemakaian alat catok, hair dryer, hair spray, dan pewarna rambut

Energi listrik yang terlalu sering dialirkan ke rambut oleh alat catok dan hair dryer tentunya akan merusak daya tahan rambut (suhu panas) dan membuatnya menjadi cepat rontok. Selain itu, pemakaian hair spray dan pewarna yang terlalu sering juga akan mengakibatkan kerontokan pada rambut dan juga akan menghambat pertumbuhan rambut.
4. Hindari sinar matahari dan polusi udara
Kurangi terkena sinar matahari langsung yang dapat membuat rambut kehilangan keseimbangan. Kurangi kegiatan di luar ruangan yang menyebabkan kamu terkena polusi udara. Polusi udara menyebabkan kulit kepala kotor dan berminyak sehingga dapat memicu rambut rontok.

 

Faktor Lainnya

Faktor-faktor penyebab rambut rotok di atas dapat kita hindari dan atasi, tapi ada juga 2 faktor lain yang sulit untuk dihindari, yaitu keturunan dan sakit. Untuk keturunan, masalah ini sedikit susah untuk diobati. Ketika sakit, fokuskan pada kesembuhan Anda terlebih dahulu dan ‘cuekin’ masalah rambut rontok untuk sementara, ok?

Keturunan

Masalah kerontokan rambut biasa diakibatkan faktor keturunan dari orang tua. So, hal ini tidak bisa dihindari.

Sakit

Kerontokan pada rambut juga bisa disebabkan karena sakit seperti tifus. Dimana telah kita ketahui bahwa penyakit ini akan membuat seluruh tubuh menjadi sangat panas yang bisa saja menyebabkan kerontokan rambut.

Sakit

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian ‘melawan’ rambut rontok!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 🙂

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti:

  • Memiliki rambut panjang yang indah
  • Gaya rambut untuk berbagai jenis wajah
  • Rambut panjang vs. Rambut pendek

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu punya ide artikel lain, kamu bisa tuliskan di bagian komentar 🙂

5 comments

  1. Kalau tanaman lidah buaya, adakah manfaatnya buat rambut kita? Karena kata orang tua dulu biasanya memakai lidah buaya untuk menyuburkan rambut.

  2. Kalau membuat rambut menjadi lebat bagaimana caranya?

  3. dulu rambut saya lebat dan hitam…sekarang rontok.bagaiama tips nya y???mksh..
    walaupun rontok rambut saya masih hitam dan tidak bercabang

    • @Riris: Hal itu bisa terjadi karena banyak faktor, yang paling sering sih karena shampoo ato vitamin (bisa juga perawatan lainnya) yang baru-baru ini kamu pake gak cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*