Cara Mengatasi Stres bagi Ibu Rumah Tangga

Tujuh dari sepuluh ibu rumah tangga mengakui bahwa pekerjaan sehari-hari mereka sangat membosankan dan terkadang mengakibatkan stres.

Bagaimana tidak, melakukan aktivitas yang sama setiap hari memang membuat jenuh. Belum lagi, pasangan dan anak yang memiliki kesibukan masing-masing setiap harinya.

Stres adalah hal yang sangat lazim bagi ibu rumah tangga. Meskipun demikian, itu bukan berarti Anda dapat membiarkannya saja. Atasi stress dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

Organisir jadwal keseharian

Organisir jadwal keseharianAktivitas yang terjadwal dan tersusun dengan baik akan mengurangi risiko stress. Di samping itu, hal ini juga baik agar pekerjaan lebih terfokus dan teratur. Untuk itu, organisir jadwal sehari-hari Anda mulai dari sekarang. Tuliskan di buku atau manfaatkan gadget Anda untuk membuat jadwal kegiatan harian mulai dari pagi hingga malam hari. Sertakan jam dan durasi pengerjaannya. Jangan lupakan masukkan waktu istirahat dalam kegiatan keseharian Anda tersebut.

 

Buat pekerjaan rumah tangga jadi menyenangkan

Pekerjaan rumah memang kadang terasa melelahkan dan menjemukan. Jika demikian, buatlah agar semua tanggung jawab tersebut jadi menyenangkan. Caranya?

Lakukan bersama anak

Orang tua, khususnya ibu, memang sebaiknya mengajarkan anak untuk mulai melakukan pekerjaan rumah sejak dini untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan anak. Di samping itu, pekerjaan juga akan lebih ringan dan menyenangkan jika bersama anak tercinta, bukan? Mulailah mengajak anak untuk melakukan pekerjaan ringan, seperti menyapu, mengelap kaca, masak, dan berkebun.

Putar musik kesukaan

Musik adalah salah satu pembangkit mood dan penghilang stres. Bahkan, musik digunakan sebagai media terapi. Nah, jika terasa jenuh dan bosan, putar musik kesukaan Anda. Dianjurkan untuk memilih musik yang bertema ceria untuk membangkitkan semangat.

Tonton acara komedi/program favorit

Lama menyetrika dapat menimbulkan kejenuhan. Untuk menghindari dan mengatasi hal tersebut, sebaiknya menyetrika di depan TV supaya bisa sambil nonton acara yang menarik di televisi, misalnya komedi atau infotainment. Anda bisa juga menyediakan TV di dapur agar bisa sambil menonton saat masak atau melakukan kegiatan lainnya di dapur.

Coba hal-hal baru

Cobalah hal-hal baru dan menarik agar pekerjaan rumah tangga terasa menyenangkan. Misalnya:

  • Menu masakan. Memasak itu-itu saja bukan hanya membuat Anda jadi hilang semangat untuk melakukan kegiatan yang satu ini, melainkan juga dapat membuat sang suami dan anak bosan. Cobalah menu-menu masakan baru yang bisa Anda dapat dari buku resep, acara program memasak di TV, dan majalah masakan. Ingat, tetap sesuaikan dengan selera keluarga.
  • Dekorasi rumah. Agar merasa bergairah dan antusias dalam melakukan pekerjaan rumah, bisa jadi rumah Anda membutuhkan renovasi atau pembaharuan model/dekorasi. Mungkin Anda perlu mengganti cat dinding rumah, memperbaiki furnitur, mengatur kembali tata letak furnitur, dan menambahkan aksesoris (seperti wallpaper, patung, guci, lukisan, dll.).


Kurangi beban

Jangan memporsir diri dengan setumpuk pekerjaan rumah tangga yang melelahkan dan membosankan. Ada kalanya Anda perlu bersantai dan istirahat sejenak agar tidak stres dan sakit. Kurangi dan ringankan sedikit atau sebagian pekerjaan rumah tangga. Manfaatkan teknologi yang ada saat itu untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Selain itu, Anda bisa mempekerjakan orang atau menggunakan jasa laundry.

ibu rumah tangga

Berkumpul dengan keluarga

Menciptakan waktu keluarga itu penting bukan hanya untuk mengatasi stres bagi ibu rumah tangga, melainkan juga untuk membangun keintiman. Setiap anggota keluarga sebaiknya meluangkan waktu misalnya untuk melakukan kegiatan berikut:

  • Sharing
  • Tamasya keluarga
  • Olahraga
Berkumpullah dengan orang-orang tercinta di ruang keluarga atau tempat favorit keluarga lainnya untuk berbagi satu sama lain. Jika sedang menghadapi masalah atau kesulitan, anggota keluarga bisa mencoba membantu dan memberikan solusi.berbagi dengan keluarga
Anda dan keluarga bisa pergi ke pantai, kebun binatang, taman, museum, atau tempat-tempat wisata menarik lainnya. Lakukan kegiatan menarik seperti berkemah, belanja, melihat sunset, makan, dan sebagainya.family recreation
Aktivitas bermanfaat yang akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan keluarga tercinta adalah olahraga. Berkunjunglah ke gym atau lakukan olahraga outdoor, seperti hiking, jogging, bersepeda, dll.family exercise

Jaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh diri sendiri adalah salah satu langkah penting untuk menghindari dan mengatasi stres yang kemungkinan besar dialami oleh setiap ibu rumah tangga. Jangan abaikan kesehatan tubuh sendiri dengan mengikuti metode berikut:

Jaga kebersihan

Kebersihan merupakan bagian penting dari kesehatan. Jagalah kebersihan tubuh dengan cara mandi dua kali sehari dan cuci tangan sesudah makan & beraktivitas. Selain itu, jaga pula kebersihan rumah serta perhatikan kebersihan bahan makanan yang hendak dimasak.

Perhatikan pola makan

Pola makan juga faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Kendatipun memiliki kegiatan yang padat dalam per hari, jangan lewatkan jam sarapan, makan siang, dan makan malam. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran agar kesehatan tubuh tetap terjaga, mendapatkan banyak vitamin, dan terhindar dari obesitas.

Berolahraga

Pekerjaan rumah memang merupakan aktivitas fisik yang dapat menyehatkan. Namun, Anda sebaiknya tidak berpikiran bahwa semua itu cukup untuk menggantikan pentingnya olahraga untuk tubuh. Ibu rumah tangga disarankan agar melakukan senam, jogging, yoga, atau olahraga ringan lainnya.

Tidur siang

Tidur siang membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat tidur siang adalah meningkatkan daya ingat, meredakan stres, menyegarkan tubuh, dan menyehatkan jantung.



Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam mengatasi stres di rumah!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang hidup bahagia ala ibu rumah tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Tindik Bagian Tubuh

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna ...