Cara Mengatasi Stress

  • Tidak mampu konsentrasi
  • Mudah marah
  • Merasa sendiri dan terkekang
  • Susah tidur
  • Pikiran tidak tenang
  • Selalu khawatir atau cemas

adalah beberapa di antara banyak gejala-gejala stress. Apakah Anda pernah mengalaminya? Apa benar demikian?

Bisa kita simpulkan, stress bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini:

Kematian pasangan hidup

Menurut penelitian, kematian pasangan hidup menduduki peringkat pertama sebagai penyebab terjadinya stress. Terkadang, karena begitu merasakan luka atau kehilangan yang teramat dalam sebagian orang rela melakukan bunuh diri.

Perfeksionis

Ada sebagian orang yang terlalu menginginkan segala sesuatunya serba sempurna. Jika kesempurnaan yang diinginkan tidak bisa didapatkan atau tercapai, stress sudah pasti akan dihadapinya.

Perubahan gaya hidup yang besar

Mulanya ia adalah orang kaya raya, serba kecukupan, dan serba glamour. Di saat ia jatuh, bukan tidak mungkin ia tidak bisa menerima kenyataan dengan terus menerus memikirkannya. Pada akhirnya, ia bukan tidak mungkin akan mengalami stress.

Lingkungan pekerjaan

Selain disebabkan karena pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill atau kemampuan, lingkungan pekerjaan seperti teman yang tidak bisa diandalkan, pimpinan yang pilih kasih, dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebab stress.

Masalah keluarga

Stress bisa jadi disebabkan karena masalah keluarganya yang begitu rumit. Seperti halnya istri,suami, atau orang tua yang selalu menutut, tidak adanya keturunan, perselingkuhan, perselisihan pendapat, dan lain sebagainya.


Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya di cara menghilangkan stress, ada banyak dampak yang bisa ditimbulkan dari stress baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Kesehatan

  • Penyakit jantung
  • Sakit kepala
  • Volume otak menurun
  • Kanker dan gangguan imun

Kecantikan

  • Uban
  • Rambut rontok
  • Botak prematur
  • Jerawat dan keriput

Mengingat hal ini, mengatasi stress dengan cara efektif sudah tentu harus dilakukan. Bagaimana?

Atasi stress di tempat kerja

Bersikap terbukaBersikap terbuka

Jangan menganggap Anda lebih pandai dengan rekan yang lain. Jadilah pribadi yang sederhana dan bersikap terbuka jika mengalami masalah dengan pekerjaan Anda. Jangan sungkan untuk bertanya atau mengkomunikasikan masalah pekerjaan.

 

 

Selesaikan tugasSelesaikan tugas

Menumpuknya pekerjaan kantor sudah tentu membuat Anda stress, bukan? Oleh karena itu, jika memang memungkinkan sangat disarankan untuk menyelesaikan tugas kantor Anda dengan segera dan jangan menunda-nundanya.

 

 

RileksRileks

Pekerjaan yang menutut Anda untuk selalu fokus dan serius sudah tentu membuat Anda tertekan bahkan sampai stress. Untuk itu, tidak ada salahnya jika merilekskan tubuh selama 5 menit dengan melonjorkan kedua kaki, mengangkat tangan, menggoyangkan pinggul, atau lainnya.

 


Atasi stress dalam kehidupan

CurhatCurhat

Timbulnya stress bisa jadi disebabkan karena tidak tenangnya pikiran Anda dalam menyelesaikan masalah. Dengan kata lain, masalah yang Anda hadapi seakan tidak ada jalan keluarnya atau menemui jalan buntu.

Oleh karena itu, menceritakan masalah Anda kepada orang yang Anda percaya mungkin akan mengurangi beban pikiran Anda. Bisa saja, orang tersebut memberikan solusi yang terbaik.

 

BerliburBerlibur

Tidak ada salahnya jika Anda merencanakan liburan ke tempat-tempat yang tenang atau tempat wisata yang bisa menyegarkan pikiran Anda, seperti halnya ke pantai, air terjun, atau lain sebagainya.

 

 

tidur2Tidur

Tidur merupakan salah satu kegiatan relaksasi pikiran yang cukup sederhana. Untuk menyempurnakan relaksasi ini, Anda bisa tidur sembari mendengarkan musik yang beralunan lembut.

 

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang manajemen stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilih-Pilih Bulu Mata Palsu

Penampilan menjadi nomor satu bagi para wanita, utamanya dalam hal penampilan wajah. Para wanita ingin ...