Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Selain muncul di wajah, ternyata jerawat bisa juga muncul di punggung lho. Wah, masalah kulit ini tentu akan membuat kamu merasa kurang nyaman saat mengenakan pakaian atau ketika sedang berenang bersama dengan teman-temanmu. Ingin tahu cara mengatasinya? Baca informasi berikut ini:

Penyebab

Sebelum kamu mengambil tindakan untuk mengatasi masalah jerawat di punggungmu, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu penyebab dari masalah ini, agar nantinya masalah jerawat ini tidak lagi menghantuimu. Secara umum, penyebab jerawat di punggung adalah:

Suka memakai pakaian ketat. Kok bisa? Memakai pakaian ketat dapat membuat kulit susah bernafas, sehingga kotoran dan keringat menutup pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Suka mengkonsumi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, seperti gorengan, mie instan, soft drink, dan lain sebagainya.

Tidak bersih saat mandi. Ini adalah kelalaian yang disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari. Misalnya, jika kamu terbiasa bangun kesiangan, padahal kamu harus masuk sekolah atau kerja pada pagi hari. Hal ini akan membuat kamu mandi dengan terburu-buru dan tidak bersih. Sisa kuman dan kotoran yang menempel akan mengendap di pori-pori dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Stres dan perasaan depresi.

Tidak bersih mencuci pakaian. Sisa detergen yang masih menempel di pakaian biasanya tidak begitu bersahabat dengan kulit, sehingga kulit menjadi gatal dan berjerawat.



Cara Mengatasi

Well, untuk mengatasi masalah ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu cara alami dan kimia:

Alami

  • Lemon
  • Putih telur
  • Kulit jeruk
  • Scrub beras
  • Minyak zaitun
Kandungan fosfor, karbohidrat, vitamin B, dan C yang terdapat di dalam lemon dapat berfungsi untuk memudarkan flek hitam dan mengurangi jerawat. Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit, karena cukup peras beberapa buah lemon dan campur dengan setengah sendok makan air. Usapkan pada jerawat secara merata. Jangan langsung dibilas, tapi tunggu dulu selama lebih kurang 15 menit. Gunakan air hangat untuk membilasnya. Lakukan cara ini minimal 3 kali seminggu.

lemon b

Sama seperti perawatan pada wajah berjerawat, kamu juga bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan jerawat di punggungmu. Cukup dengan menyediakan satu butir telur, lalu pisahkan dari kuningnya. Kamu bisa langsung mengoleskan putih telur tersebut atau mencampurkan dengan potongan mentimun. Blender kedua bahan ini sampai menjadi jus, baru kemudian usapkan pada punggungmu. Biarkan mengering selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali seminggu.

cara memisahkan kuning telur ------------------ sheknows.com

Bukan hanya buahnya saja yang bisa digunakan untuk perawatan kulit, ternyata kulit jerukpun bisa bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Bagaimana caranya? Rendam beberapa kulit kering jeruk ke dalam air, lalu digiling dan tambahkan susu. Oleskan pada punggung yang berjerawa secara merata. Setelah didiamkan sekitar 15 menitan, bilas dengan air bersih. Sama seperti cara sebelumnya, sangat disarankan untuk melakukan cara ini minimal 3 kali seminggu.

kulit jeruk

Cara membuat scrub beras tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, karena kamu hanya perlu menghaluskan beras secukupnya saja. Kemudian campurkan dengan perasan air lemon, lalu aduk hingga merata. Oleskan campuran scrub beras ini pada punggung yang jerawatan secara rutin, 2-3 kali seminggu.

scrub beras

Selain mengurangi jerawat di punggung, minyak zaitun juga bisa mengurangi rasa gatal pada jerawat. Cukup sediakan setengah sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan pada kain bersih. Kemudian, tepukkan kain pada bagian jerawat, jangan digosok. Setelah didiamkan selama 2 menit, bersihkan sisa minyak dengan kain bersih lainnya secara perlahan.

minyak zaitun c



Kimia
  • Benzoil peroksida
  • Asam salisilat
  • Aspirin
Benzoil peroksida dapat berupa gel atau krim. Kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan jerawat dalam beberapa minggu. Ingat untuk membeli produk yang berkualitas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Benzoil Perokside

Pastikan bahwa kamu memilih asam salisilat yang memiliki kandungan 1.25% jika ingin menggunakan cara ini. Setelah kamu mendapatkan produk ini, silahkan campurkan pada air mandi. Fungsi dari asam salisilat ini sendiri adalah untuk mengurangi minyak berlebih, sehingga pertumbuhan jerawat dapat dikurangi.

asam salisilat

Aspirin bukannya obat untuk pereda sakit dan penurun demam? Yup, itu memang benar, namun selain kedua fungsi tersebut, aspirin juga mampu menghilangkan jerawat. Caranya? Ambil 5-10 butir aspirin, campur dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Usapkan cairan tersebut ke jerawat di punggungmu. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

aspirin

Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar perawatan kulit

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apa Saja Kegunaan Buah Sirsak untuk Kecantikan dan Kesehatan?

Salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia adalah sirsak. Mengapa? Selain harganya yang murah ...