Cara Menghilangkan Jerawat Membandel

BACA: jika menghilangkan jerawat itu mudah maka kita semua pasti punya wajah yang mulus!

Faktanya, jerawat tidak bisa disembuhkan karena jerawat adalah masalah yang bisa timbul kapan saja sepanjang kita hidup. Yang kita bisa lakukan hanyalah merawat wajah untuk menghilangkan jerawat yang ada dan mencegah jerawat timbul lagi.

Silakan pilih cara mana yang ingin Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat:

  • Alami
    • Kelebihan: Aman untuk wajah dan ‘ramah’ di kantong
    • Kekurangan: Repot!
  • Produk Kecantikan
    • Kelebihan: Praktis
    • Kekurangan: Perlu ekstra hati hati dalam pilih produk yang tepat
  • Klinik Kecantikan
    • Kelebihan: Kemungkinan berhasil tinggi karena wajah Anda ditangani langsung oleh spesialis kecantikan dan hasilnya cepat terlihat
    • Kekurangan: Mahal

 

Namun,,,

Pernah gak kalian dengar ato liat orang yang komplain ‘Ah, saya udah coba semua cara untuk hilangin jerawat tapi gak ada yang berhasil’ atau ‘Semua ini dusta…’

Saya sempat heran karena ada orang-orang yang berhasil dengan mencoba cara tertentu, tapi kenapa ada orang lain yang gak berhasil sama sekali?

Dari interview saya dengan beberapa dokter spesialis kencantikan, ternyata terlepas dari cara apapun yang kita pilih untuk menghilangkan jerawat, ada beberapa hal dasar yang WAJIB Anda ketahui :

  • Bersihkan wajah di pagi dan malam hari secara konsisten
  • Kurangi makan makanan berminyak (This is your biggest enemy!)
  • Jangan memencet jerawat (hal ini bisa menyebabkan bekas jerawat dan noda hitam)
  • Jangan berada di bawah matahari terus menerus

So sekarang jelas kan, kalo kamu males bersihin muka, terlepas dari berapa seringnya kamu pergi facial atau pakai krim ini itu, jerawat kamu masih nongol terus.

Sama juga, kalo kamu makan gorengan terus ya pasti jerawat donk! Hayo, mau cantik ato makan enak?

 

Setelah kita tau hal-hal dasar ini, mari kita bahas satu persatu cara untuk menghilangkan jerawat:



 

Alami

Menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami adalah solusi yang ramah di kantong tetapi membutuhkan disiplin tinggi karena Anda harus mengolah sendiri bahan-bahannya (Repot sis). Dari segi tingkat keberhasilan, bahan-bahan alami ini cukup manjur jika diolah dengan benar.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat membandel:

Tomat

Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat, baik yang baru timbul maupun sudah meradang.

Cara pakai:

Bagi yang jerawatnya belum terlalu banyak:

  • Potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian
  • Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya
  • Biarkan selama 20-30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Bagi yang jerawat sudah meradang:

  • Pilih tomat-tomat yang segar dan blender hingga halus (untuk dijadikan masker)
  • Oleskan pada seluruh permukaan wajah
  • Biarkan selama 20-30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Gunakan masker tomat 2 – 3 kali dalam seminggu

 

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Jeruk nipis dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mendapatkan kulit yang mulus. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah.

Cara pakai:

  • Siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan campur dengan 1 sendok teh madu
  • Aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah terutama pada bagian yang banyak jerawatnya
  • Biarkan selama 30 menit sampai atau sampai mengering
  • Bersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin
  • Lalukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Gunakan air perasan jeruk nipis secukupnya pada wajah sebelum tidur secara teratur untuk hasil terbaik.



Mentimun

Mentimun terbukti ampuh membasmi jerawat adalah mentimun karena kandungan airnya yang melimpah dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, seperti: Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll. Seperti tomat, Anda juga bisa menggunakan timun sebagai masker atau potongannya dapat langsung dioleskan ke wajah.

Cara pakai:

Bagi yang jerawatnya belum terlalu banyak:

  • Potong timun yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian
  • Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya
  • Biarkan selama 20-30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Bagi yang jerawat sudah meradang:

  • Pilih timun yang segar dan blender hingga halus (untuk dijadikan masker)
  • Oleskan pada seluruh permukaan wajah
  • Biarkan selama 20-30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

 

Putih telur

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain mengencangkan kulit, putih telur juga mampu menghilangkan jerawat membandel. Gunakan sebagai masker wajah sebelum tidur.

Cara pakai:

  • Bersihkan wajah
  • Ambil satu butir dan pisahkan dari kuning telurnya
  • Usapkan pada wajah
  • Tunggu hingga kering selama 10-15 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih
  • Gunakan masker tomat 2 – 3 kali dalam seminggu

 

Produk Kecantikan

Saat ini banyak orang yang tidak mau repot dengan bahan alami karena bahan alami mesti diolah sendiri karena itulah produk kecantikan lebih diminati karena praktis. Habis beli tinggal pakai.

Namun, berhati-hatilah! Ada banyak krim yang melabeli diri sebagai ‘krim penghilang jerawat’ tapi hanya sedikit diantaranya yang aman dan benar-benar ampuh.

Jika Anda salah pilih, bisa-bisa jerawat Anda malah tambah parah! Serem ya tapi itulah kenyataanya. Berikut tips singkat cara memilih produk kecantian yang aman:

Lihat izin produksi dan tanggal kadaluarsa

Pastikan produk yang Anda ingin gunakan ada ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk. Bisa bahaya jika kamu sampai menggunakan produk kadaluarsa!

Cek bahan-bahan produk

Pastikan bahwa tidak ada bahan-bahan kimia berbahaya, seperti parabens, phthalates, triclosan, propylene glycol, dan petroleum yang terkandung di dalam produk. Memilih produk dengan bahan dasar alami sangat disarankan.

Secara garis besar ada beberapa produk kecantikan yang umum digunakan, antara lain:

  • Pembersih – digunakan pagi dan sore/malam untuk membersikan wajah dari sel kulit mati agar tidak tersumbat di pori-pori
  • Pelembab – digunakan setelah pembersih, berfungsi untuk meneyegarkan dan melembutkan kulit
  • Krim pagi – untuk melindungi wajah selama beraktivitas
  • Krim malam – untuk memberikan kelembaban extra pada kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit

Contoh produk yang saya rekomendasikan? Well, ada beberapa:

Ponds_Acne

Yang murah meriah ada dari PONDS, paketnya terdiri dari 4 produk:

Acne Clear White Facial Cleanser

Facial wash ini mengandung Salicylic Acid, Herbal Clay, Gentle Scrub Beads dan Brightening Essence. Facial wash ini terdapat scrub berwarna hijau.

Harga? Rp 23.000,- (100gr) atau Rp 13.200,- (50gr)

Oil Control Cleansing Wipes

Tisu pembersih yang diformulasikan khusus dengan Oil Catchers yang efektif secara instan mengangkat kotoran, minyak dan sisa makeup dari kulit wajah dalam sekali pemakaian. Jadi gak report bersihin wajah berulang kali.

Harga? Rp 27.900,- (25 lembar) atau Rp 12.900,- (7 lembar)

Pimple Cover and Care Concealer Pen

Concealer ini dapat menutupi jerawat dan sekaligus menghilangkan jerawat di waktu yang bersamaan.

Harga? Rp 24.900,-

Overnight Pimple Care Gel

Dengan terobosan Formula Active yang mengandung Salicylic Acid, dengan cepat mengurangi kemerahan, merawat radang dan mempercepat keringnya jerawat.

Harga? Rp 22.900,-

Belinya dimana? Di Hypermart, Carefour, dan Giant sudah ada ๐Ÿ™‚

acf_series

Yang kelas premium ada dari ACTIVA, paketnya terdiri dari beberapa produk:

Renewing Cleanser

Untuk mengangkat sel kulit mati sehingga tidak tersumbat di pori-pori (ini penyebab utama munculnya jerawat) dan membuat wajah tampak putih bersih.

Harga? Rp 250,000,-

Revitalizing Toner

Untuk menyegarkan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Harga? Rp 295,000

Repairing Moisturizer

Untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Harga? Rp 335,000

Purifying Mask

Purifying mask mampu masuk ke dalam lapisan kulit dan menghancurkan penyebab jerawat dari akarnya. Juga untuk mengecilkan pori-pori.

Harga? Rp 250,000

 

FAQ: Dok, Kalo pake Ponds saja bisa menyembuhkan jerawat, mengapa harus beli produk yang mahal? Pasti banyak dari antara Anda yang bingung tentang hal ini. Gini, produk dari Ponds, Garnier, dkk memang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat asal masalah jerawatnya masih tergolong ringan. Nah bagi kamu yang punya jerawat yang udah tergolong bandel, Anda perlu perawatan lebih intensif.

Produk seperti ACTIVA (atau yang lebih mantab lagi SK II) memiliki kandungan pembasmi jerawat yang jauh lebih efektif sehingga sulit bagi jerawat untuk tinggal di wajah kamu.

Itulah mengapa kalangan menengah ke atas cenderung beli produk perawatan wajah yang kelas premium karena hasil nya di wajah juga beda banget. Cuma di iklan artist pake produk yang tergolong murah, kenyataannya gak gitu.

So, pilihan ada di tangan kamu, mau wajahnya mulus aja ato mulus banget ๐Ÿ™‚

 

Klinik Kecantikan

Boleh dibilang, pergi ke klinik kecantikan untuk menghilangkan jerawat adalah pilihan terbaik, mengapa? Karena akan ada dokter spesialis kecantikan (dermatologist) yang bisa handle masalah jerawat Anda.

Karena Anda dapat perawatan yang intensif, tidak heran hasil perawatan tersebut cepat terlihat kecuali memang wajah kamu memang parah banget.

Bagi kamu yang belum pernah ke klinik kecantikan, berikut beberapa perawatan umum yang bisa kamu pilih saat berada di klinik kecantikan:

Facial

Facial adalah perawatan untuk menjaga kebersihan, kesehatan, kecantikan dan kulit wajah. Dengan facial, muka Anda bisa bersih dari debu dan polusi yang menempel. Dengan wajah yang bersih, sulit bagi jerawat untuk muncul.

Info lainnya:

  • Facial sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali.
  • Range untuk perawatan facial: Rp 80,000 – Rp 150,000

Peeling/ Chemical Peeling

Peeling atau Chemical Peeling adalah perawatan wajah mirip seperti facial. Loh lalu bedanya apa? Perawatan peeling mampu mengangkat kotoran dari dalam kulit sedangkan facial hanya membersihkan bagian permukaan kulit saja. Dengan wajah yang bersih luar dalam, sangat sulit bagi jerawat untuk ‘numpang’ di wajah Anda.

Setelah mengambil perawatan peeling, beberapa bagian kulit wajah Anda akan terkelupas. Jangan takut, itu sel-sel kulit wajah yang sudah mati namun selama ini masih menempel. Akan ada sel-sel kulit baru yang akan menggantikannya.

Info lainnya:

  • Peeling sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali.
  • Range range untuk perawatan facial: Rp 150,000 – Rp 300,000

Note: Rencananya dalam waktu dekat saya akan menambahkan video perawatan Facial dan Peeling biar Anda bisa dapet gambaran jelas. Tolong ingetin saya ya ๐Ÿ™‚

Nah, pertanyaannya sekarang, kalo mau ke klinik kecantikan, mesti ke klinik kecantikan mana?

Well, berikut list klinik kecantikan yang saya rekomendasikan:

  • Erha Clinic – Punya banyak klinik sebagian kota besar di Indonesia. Di Jakarta sendiri, kliniknya ada hampir di tiap daerah
  • Natasha Skin Clinic Centre
  • lainnya menyusul ๐Ÿ™‚

 

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian ‘melawan’ jerawat!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

 

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya ๐Ÿ™‚

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti:

  • Video wawancara saya dengan salah satu Dokter Spesialis Kecantikan dengan topik Jerawat
  • Video perawatan Facial dan Peeling

Klik Like dibawah ini

372 comments

  1. Dok,saya masih duduk di kelas 9 tetapi muka saya bermasalah yaitu berjerawat,sebaiknya aku harus bagaimana dok?

    • @Tuti: kalau masih kelas 9, rajin-rajin cuci muka & makan sayur-sayuran dan buah-buahan dulu. Sebisa mungkin hindari pakai obat-obatan soalnya kamu masih muda banget.

  2. dok saya laki” 20 tahun, ingin minta saran obat jerawat yang setara sk2 selain activa apa ya? dan cocok untuk pria

    jerawat saya tergolong parah dok, banyak jerawat pasir dan bekas jerawat, jerawat batu sih jarang muncul dok, kebanyakan jerawat pasir komedo dan bekas jerawat saya bingung menghilangkanny

    saya sudah berkali-kali mencoba berbagai produk jerawat, dari yg lokal sampai merek luar seperti dr jart, clinique, inisfree,
    dari masing” merk tsb saya hanya memakai essence dan cleanser nya saja,
    masing” tersebut tersebut saya pakai dalam jangka waktu 2 bulan, dan masih belum membuahkan hasil

    apakah sk2 benar” berbeda dr produk” yg saya sebutkan diatas? memang dari harga sk2 bisa dikatakan produk muka paling mahal dibandingkan merk” yang saya sebutkan diatas. apakah harga benar” menunjukkan kualitas?

    • @Darwin: kalau jerawat tergolong parah, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter kulit dulu karena harus dicek juga tipe kulit wajah kamu gimana. Sebisa mungkin hindari gonta-ganti produk perawatan kecuali benar-benar nggak cocok.,

  3. Dok, muka saya awalna tidak ada jerawat, tetapi sudah hampir 3 bulan ini bayak timbul jerawat..saya suda ke dokter kulit, saya di kasi kerim, tapi setelah pemakaian kerim jerawat saya makin banyak dan bernana… kira-kira apa saya harus teruskan atau berhenti dok.?

    • @Dian: coba kamu ingat-ingat mulai berjerawat ini, apakah sejak pindah ke tempat baru (area yg lebih berdebu, air yang beda untuk cuci muka) atau perubahan pola makan yang signifikan? Selain itu, coba kamu refleksi dulu, apakah sedang stres atau tidak.

  4. Dok mau nanya lagi kakag laki2 saya pake vaselin men whetening oil control mukanya segar bersih tapi sayangnya timbul jerawat yg besar2 , kalo pake rekomemdasi ponds diatas apakah tidak apa2 ? Ato lebih baik pake ponds yg khusus laki2 dok? Mohon infonya dok terimakasih

    • @Ferry: coba pakai Ponds untuk laki-laki dulu.
      Jerawat bisa juga disebabkan oleh pengaruh hormon kalau lagi masa puber, belum tentu faktor sabun cuci muka ๐Ÿ™‚

  5. Dok banyak pikiran dan kerja dari pagi sampai mlm..sampai* gak bisa cuci muka apa bisa menimbulkan jerawat dan menghambat sembuhnya jerawat ?? Sedangkn wjah saya berminyak
    Terima kasih

  6. Dok,utk kulit berjerawat bersih2 wajahnya tiap siang dn malam hari bukan pagi dn malamhari gpp gk?kalo pake pembersi kaya viva stiap hari gpp gk?trus kulit berjerawat sebaiknya pake pelembab pa gk sih?kalo pake pelembab sperti apa yg baik dgunkan?maaf ya nanyaknya bnyak smoga bisa di jwb smua.makasih..

  7. Firdiansyah Ramadhan

    Dok dulu pas smp muka saya masih mulus babyface pas kelas 1 sma muka saya jdi jerawatan apakah ini ngaruh sama hormon ? Apa sering makan berminyak ? Or puber umur saya 15 thn sudh pke produk pembersih sperrti : garnier,gtsby,nivea,loreal dll solusinya apa dok ?

  8. Dok, saya pakai product a-DHA jerawat saya hilang trus tumbuh lagi, hilang lagi tumbuh lagi..
    Kira-kira product a-DHA itu bagus dan cocok gak dok sama saya,,??
    Mohon bantuan nya iya dok..

  9. Dok, biasanya ada berapa lama kalo habis pemakaian produk vitacid itu? Maksufnya kyk brp lama reaksinya? Misal sebulan blm bereaksi gimana?

  10. dok,kenapa ya kalo smp aku gk jerawatan sekarang2 jerawatan umurky 16 thn
    apa pengaruh dari faktor pubertas/hormon?

    • Yup pengaruh hormon. Masa puber tiap orang kan beda-beda
      dijalani aja:
      – Jaga makanan
      – Kurangi stres
      biar jerawat yang muncul nggak terlalu parah.

  11. Raja Syahnan Harahap

    Dok, pembersih jerawat di atas memungkinkan di pake oleh pria juga gak? Termasuk ponds dan activa?

  12. Dok vitacid tu bisa dibelik dimana? Harus di klinik? Atau di apotik gitu?

  13. dok muka saya jerawatan, trus saya pake sabun pembersih muka zf sulfur, tapi gak ada perubahan sama sekali malah muka saya jadi berminyak ๐Ÿ™ kalo menurut dokter, saya harus bagaimana?

  14. Dok… saya mw tanya. Tadinya kulit saya cuma kusam dan berkomedo saja. Niatnya pergi ke klinik kecantikan stelah d peeling dan memakai produk kecantikan dari klinik tersebut.muka saya malah jadi berjerawat. Saya harus gmn dok

    • @Afriana: mungkin alat peelingnya kurang bersih atau produknya nggak cocok dengan wajah kamu. Coba stop dulu pemakaiannya dan lihat 1-2 minggu ke depan.

  15. dok saya mau tanya kalau pakai masker putih telor apa bisa untuk anak smp???

  16. Dok saya mau tanya, katanya untuk pemula sebaiknya menggunakan vitacid 0,25 karna kalo pake yg 0,1 bisa mengakibatkan iritasi.
    Trus dokter bilang utk pemula pake yg 0,1
    Saya bingung nih yg mana. Saya takut salah pilih
    Mohon bantuannya dok. Terimakasih

  17. dok produk activa bagus ya dok, ni wajah sy sensitif dok.

    • @Nadya: produk aktiva bagus, tapi perlu diingat kalau jenis kulit tiap orang beda-beda. Nggak ada 1 produk yang cocok dipakai semua orang. Untuk awalnya, nggak ada salahnya kamu coba dulu. Kalau kulit mulai menunjukkan respon kurang baik, hentikan pemakaian. Kamu bisa belanja produk activa di http://toko.sayacantik.com/

  18. Dok klo pake jeruk nipis tapi gk ada madunya bisa gk?

  19. dok, dlu wajah sya mulus tp skrg jrawatan dok, sya udh pke bnyk cra sya jg udh pke krim anti jrawat tp mlah tmbh bnyak, sya hrus pke obt apa ya dok tlong ksh tw dok

  20. dok sya pny mslh dgn jrawat, dlu wjah sya mulus tp skrg jrawatan dok, sya udh pke sgala mcm cra smpe sya udh pke krim anti jrawat tp msh ttep aja dok jrawatnya mlah tmbh bnyak, cm sy blm k klinik kcantikan krn sya gk tw tmpatnya, kira2 sya hrus pke obt apa ya dok dan dmana sya bs mndapatkan obt itu. mksh

  21. Dok saya cra menghilangkan jrawat kecil2 seperti bruntusan pke produk ap ya?sy udah pke slh satucr alami sesuai diatas tp sm sx g mmbantu dok.uda 2 bulanan wajah tak kunjung bersih dr jrawat dok.mohon saranny.mkasi

  22. Kalo untuk jerawat bernanah dan bekas jerawat merah dan bopeng di wajah saya sudah hampir 2 tahun lebih berjerawat

  23. dok .knpa ya tiap hari jerawat sya malah mikin bnyak ,cara yg tpat buat ngatasinnya tu ap ,semua cra sya uda lakuin tapi ttp aj ndak ad hslnya malahan tambah banyak , tlg ksi solusinya dok

    • @Nita: Umur berapa sekarang? Jerawat banyak faktornya, kadang bukan cuma dari faktor eksternal, faktor internal seperti gen dan masa puber juga sangat berpengaruh

  24. siang dok. mau tanya, kalau jerawat bernanah itu wajar ngak sih,? saya pernah pencet jerawat kemudian keluar kuning kuning gitu,

  25. dok saya pakai produk kecantikan a-DHA sudah 2bulan, diketerangannya efek dari pemakain obat itu jerawat akan keluar lebih banyak dari sebelumnya. tapi sampai sekarang malah gaberhenti2 dok jerawatnya tumbuh terus. itu gak cocok atau memang efek samping ya dok? saran dokter aku lanjut atau berhenti?? makasih dok:)

    • @Aska: Purging biasanya cuma 2-3 minggu kalo lebih dari itu kemungkinan wajah kamu gak cocok sama produknya, atau ada tahap perawtan yang kamu lupa, atau emang gak cocok sama produknya

  26. Dok. Saya mau tanya kira2 berapa biaya prawatan sampe muka mulus??

  27. Dok,produk ponds yang dpkter rekomendasikan cocok tidak untuk anak seusia Smp?

  28. Dok.. produk sk II aman ya?

  29. dok, kalo pake mediklin ampuh nggak sih dok?

  30. dok saya dlu saya nga berjerawat tp habis saya memakai produk pemutih wajah, wajah saya jd jerawatan gmana ya dok cara menyembuhkannya kembali

  31. Dok saya mau tnya.. Muka saya bruntusan kecil-kecil merah dan gatal.. Obat’y ฮ”ฦฅวŸ ฦ”ยชยชวŽวŽ dok?

  32. dok, klo pori2 besar cara ngatasinya gmana?
    mohon rekomendasi cream apa yg bagus untuk pori2 besar

  33. Dok..saya punya jerawAt kecil2 kayak keringat buntet gtu dok..biar ilang saya facial..tapi kok malah parah muka sya ya dok..bekas jerawatnya bnyak bgt tambah skrg tumbuh jerawat nanah padahal sbelum facial ga parah gtu dok..gmna solusinya dok..thx

  34. Dok, kalo pake pembersih yang digunakan beda merek dengan gel penghilang jerawatnya, misalnya pembersihnya wardah dan gelnya itu dari verile, bisa ngga dok?

  35. Dok saya pernah ke klinik perawatan katanya kalo mau pak pembersih muka itu jangan yg ada scrubnya kalo yang mukanya jerawatan, itu bener ga ya dok?

    • @Laila: Gini scrub itu gunanya untuk mengikat kotoran yang ada di wajah tapi sayanganya beberapa orang cuci mukanya kurang bersih so yang ada bukan kotorannya ke angkat, malah sisa scrubnya nempel. Nah ini yang jadi masalah baru

  36. dok jerawat itu bsa nular gk dok , mau mastiin aja hehe

  37. Dok, klo pake putih telur tiap hari kaga bagus ya ?? makasih dok. artikel nya banyak membantu .

  38. Dok kalo pake perawatan clean&clear bagus ngga? Lebih bagus ponds atau clean&clear? Thanks

  39. dok, saya udah coba pakai vitacid 0.025 dan alhamdulillah sudah mulai berkurang, apa saya perlu pakai yg kadar nya lebih tinggi 0.5 gtu dok ??? sudah hampir 1 bulan saya pakai yg 0.025 %

  40. Dok bantu saya dong, setelah saya berhenti make perawatan krim dari salon. Karna saya pindah rumah jd gak bisa beli lagi. Jadi pake prodak inez dan facial sabun papaya Sekarang wajah saya jadi timbul jerawat batu kecil kecil banyak. Mohon beri saranya ะงฮฑ”ฬฎ dok

  41. dok,saya mau tanya kalo bekas jerawat yang menghitam itu gmna ya? pake timun sudah tapi tetap aja engga ilang, sudah berbagai produk saya pakai tetap saja.

  42. dok saya sudah pake ponds yg diatas tapi seminggu pemakaian jerawat yg biasa lansung pada kering tp malah numbuh jerawat batu di jidat dan di pipi dok. gimana itu dok?

  43. Dok..klo misalnya kita ke klinik kecantikan.. Apa bisa kita cm perawatan wajah aja sampai kinclong dok? Mksud saya tanpa hrus menggunakan produk2 yg ditawarkan misalnya cream pgi mlm dsb? Krna saya jg ga mau nanti ktergantungan dgn krim2 yg ada..

  44. Dok,dokter jual produk kencantikan ny gak?

  45. Dokter jerawat yg ada dimuka saya sudah mau hampir 3 tahun, saya sudah coba cara lain untuk menghilangkannya. Tetapi tetap saja jerawatnya masih ada, saya bingung mau coba pake apa lagi, saya pengen wajah saya mulus lagi. Tapi saya tidak tau obat apa yg cocok sama wajah saya ini, ๐Ÿ™ ๐Ÿ™ :'(

  46. Dok , mau nanya nih, setiap hari muka saya tumbuh jerawat terus, padahal , kebersihan udah kejaga banget, setiap muka berminyak pasti cuci muka, sampe pake putih telor, tomat, jeruk nipis, minyak zaitun masih belum ilang juga, mohon pencerahannya dok

    • @Jefry: Gimana dengan pola makan kamu? Kalo gak dari makanan, paling dari segi hormon. Jerawat paling itu itu aja kemungkinannya..

  47. Dok , kalo pake tomat nya setiap hari boleh ga ???

  48. terima kasih yo dokter

  49. Dok..saya mau tny..knp klo bngun tdr jerawat saya pada kempes dan sedikit (kebetulan saya pke krim dr dokter) tp pas hbs kerja seharian nambah bnyk lagi..apa krn faktor kecapean atau apa ya..solusinya gmn ya dok

    • @Tya: Pake masker pas pergi kerja n jangan stres2 banget lah pas kerja

      • Ddoookkk,,, saya bejerawat udh hmpir 2 tahun,, saya udh pke madu jg gk mempan dok,, kdang jrawat saya hlang dok tp kdang bejerawatan lg,,, gmna y dok,, ap dokter ad obat khusus???

        • @Sarah: jerawat musiman biasanya muncul dekat-dekat masa subur kamu karena pengaruh hormon. Ini tidak berlaku sama untuk semua orang, ada yang 1 mingggu sebelum mens sudah muncul, ada yang baru beberapa hari.

  50. dok, bagaimana cara hilangkan jerwat saya disebabkan karna hormon berlebih..?? karna berbagai cara sudah saya lakuin termasuk pake vitacid dimalem hari tapi tak kunjung hilang.. mohon solusinya untuk jerawat yg disebabkan hormon berlebihโ€ฆ makasih

  51. dok, saya punya masalah bekas jerawat, udah pakai masker mentimun tapi wajah saya malah gatal, gimana cara mengatasinya, terima kasih..

  52. siang dok, saya mau tanya menghilangkan noda merah bekas jerawat gimana dok saya udah sering pake cara alami semua yg diatas hasilnya tetep aja, saya mau pake obat klinik tapi saya takut ketergantungan trus ga cocok gitu dok, sarannya gimana? dari smp saya dok, sekarang saya 17thn. makasih..

  53. Dok, cara alami mencegah n mngobati jerawat batu apa ya dok? Kl jerawat batu dibiarkan gt aja, ga dipencet, gt kan pasti ttp mendem benjol,tp kl dipencet jg susah,ga kaya jerawat biasa. Gmn dong baiknya dok?

  54. Dokter saya pakai produk larissa sudah 2 bulan, tapi jerawat dtang mkin bnyak dok, awalx cman pipi sblah kanan skrg jd kiri kanan pipi penuh jerawat … Bagaimna pendpat dokter produk larissa in cocok apa tdak sama saya ?? Mhon bntuannya dok…

  55. Dok saya punya masalah sama jerawat.
    jerawat saya kecil”. gag sering sih, tp setiap menstruasi tmbul jerawat.
    biasanya klo udah saya kasi putih telur, langsung mendingan.
    tp sekarang sudah saya kasi putih telur masih ada.
    sekarang saya mencoba menggabungkan jeruk nipis, madu dan putih telur
    saya kocok jadikan satu. setyp jam saya menggunakan masker itu.
    menurut dokter itu bagus apa gag ?
    hasilx sih mulai ada
    tolong sarannya ya dok

    • @Tri: Pilih salah satu bahan alami juga bisa kok, gak perlu kamu gabung semua. Kadang hasilnya malah lamban karena komposisinya gak pas
      Lanjut kalo ada perkembangan positif

  56. Dok saya mau tanya tahun 2009 saya mencoba perawatan erha karena wajah saya jerawatan tapi cuma atu dua. Setelah pindah keluar kota saya mencoba facial dierha secara selama 2 tahun doktet tidak memperbolehkan saya facial setelah saya facial wajah saya merah seminggu kemudian wajah saya ditumbuhi jerawat batu banyak dan udah gak mempan lagi pake erha. Setelah itu saya pake bengkoang dan alpukat makin bertambah jerawatnya. Bulan 9 tahun 2012 saya pindah ke dr spkk nah dalam waktu 4 bulan jerawat saya juga tidak hilang dan saya kembali kealami memakai kentang nah ketika memakai kentang gatal dan jer
    awat makin banyak disemua pipi kanan dan kiri serta kehitaman. Bulan 2 feb 2013 saya pndh lg ke dr spkk yg lainnya saya sudah feeling 2x 1bulan sampe derma roller nah setelah derma roller maoin parah jerawat nya.batu dan bernanah. Nah saya sekarang saya pake vitacid 0.025% untuk.malam kalo siang boleh dikasih lidah buaya atau tomat

  57. dok klo perawatan pakek pasta gigi itu bener 9g dok,..,apa ada efek sampingnya.

  58. Dok saya berjerawat kecil-kecil dan banyak di daerah pipi,sekarang saya menggunakan gel ERYTHROMYCIN 2%.
    Apa jerwat saya bisa sembuh?

  59. Dok umur saya 20th
    Muka saya berjerawat sejak smp tapi semenjak sma melalukan facial sudah mendingan dan sekarang saat kuliah jerawat saya semakin banyak, facial sudah gak mempan lagi jerawat bagian pipi sebelah kanan dagu dan hidung jerawat nya seperti meradang gitu dok besar2 , nah apa ada solusi nya dok ? Produk apa yg harus saya pakai? Saya skrg sedang mencoba mengunakan masker jeruknipis dan madu dan menggunakan jeruk nipis sblm tdr tp muncul jerawat lg dok

  60. Dok, sy punya jerawat yg tdk trlalu parah. Tpi jerawatnya itu jerawak kecil2 dan tumbuh didaerah muka dan dahi. Sy sdh mencoba brbagai mcam pencuci muka tapi blum hlang2. Dan skrg sy sdg mncoba memakai JF sulfur, apkah itu baik utk wjah yg brjerawat?

    • @Wahyuni: Saya lum pernah tes sih, tapi kalo kandungan sulfurnya pas harusnya bagus di wajah soalnya sulfur bisa membersihkan wajah secara total.
      Ini sangat membantu buat wajah bebas jerawat

  61. Umur saya 16 tahun,awalnya jerawat saya cuma 1 atau 2 doang tapi semakin kesini semakin banyak dan besar besar karna gregetan suka saya pencetin dan akhirnya berbekas dan jerawatnyapun semakin banyak setelas itu lokasi bekas jerawat itu terkadang muncul jerawat baru lagi. Saya sudah melakukan perawatan memakai acnes,menurut dokter itu gimana yah

  62. dok.. aku mau nanya
    akhir2 ini muka aku muncul bruntus2 di pipi kanan kiri terus di jidat aku dan deket tulang hidung pun muncul jerawat yang besar, aku pernah baca artikel di twitter katanya pakai bawang putih aja
    apa benar bisa menghilangkan jerawat aku ?
    trims

    • @Atha: Boleh Sih, tapi panas di kulit kalo kamu kira2 tahan ya boleh. Cobain dulu sekali

      • jangan pake bawang putih, aku udah pernah coba. bukannya hilang bekas jerawatnya kulit muka aku malah melepuh kayak luka bakar dan jadi hitam-hitam jelek banget ๐Ÿ™

  63. aku mau tnyak , klo makai yng alamai apa hrus makiai ponds juga dok??

  64. Klo buat laki2 perawatan peeling cocok gk dok buat ngilangin.jerawat ?

  65. Dok saya mau tanya, dlu jerawat dimuka saya sedikit tpi kok skrng jdi bnyak yah apa lagi dibagian pipi kanan kiri, jidat juga ada, parahnya di bagian pipi itu memerah kaya meradang gtu, saya bingung ngatasinnya. Saya pake obat jerawat dri latulip tpi kulit muka saya malah mengelupas, kira2 klo ingin perawatan diklinik biasanya perawatan apa yg bisa mengatasi penghilang jerawat dgn? Selain disuntik. Apa ada facial jerawat atau sbgainya gtu?Thx

  66. Dok saya sekarang jerawat saya kecil2 kayal bruntus gitu tapi itu gara2 lebaran taun kemaren saya ganti sabun muka. Sebelum ganti sabun muka muka saya jerawatan cuma 1 sampe 2 tpbesar pas saya ganti jadikecil2 tp banyak. Gimana dok. Saya harus ganti apa enggak ? Takutnya malah menjadi2 jerawat saya

    • @Alii: Munculnya jerawat abis ganti sabun cuci muka itu wajar, karena untuk sesaat kulit muka pasti ada perlawanan.
      Setelah beberapa saat biasanya balik normal.
      Lanjut aja, kalo setelah 2-3 minggu kedepan tidak membaik, itu tandanya sabun yang baru gak cocok.

  67. Hai dok usia saya 24 tahun. Saat ini saya sedang menjalani perawatan dr dr. Inong. Beliau agak susah dihubungi. Permasalahan saya adalah jerawat bruntusan di pipi dan dahi. Penyebabnya sih kalau saya pikir ada tiga : salah pake krim (pernah nyoba pake krim geje dlm jangka waktu lama), stress (saya baru aja ngalamin musibah kemarin), sama debu (jerawat tambah parah sepulangnya saya dari gunung merapi karena lupa cuci muka). Perawatan di dr. Inong sudah berjalan sejak sebulan yang lalu. Jerawat yang besar besar sih sudah tidak ada. Tp bersisa bekas jerawat yang banyak, dan jerawat bruntusan yang tak kunjung membaik. Padahal ini sudah satu bulan. Memangbsih program dr dokter itu dibilangnya 2.5 bulan. Tp saya khawatir karena sudah satu bulan malah getting worse. Bruntusannya gak ilang sama sekali malah nambah bekas jerawat yang menhitam, kulit terkelupas,dll. Saya jadi gak pede di kantor.

    Pertanyaan saya, apakah saya lanjutkan perawatan ini, atau ganti dokter, atau dihentikan sama sekali? Lalu apakahah tidak mengapa jika saya memggabungkan perawatan dr dokter dan menambahkan vitacid 0.25. Krim yg diberikan sendiri berupa : krim pagi, sunblock oil free, sabun muka glycocilic, white serum + krim malamm terima kasih

    • @Dewi: Kalo kamu may perawatan, saya saranin coba mikrodermabrasi.
      kalo pake vitacid, jangan dibarrengin sama perawtan dari klinik, nanti muka kamu malah terbakar (karena terlalu agresif perawatanya)

  68. dok saya mau tanyak . saya umur 15 thn wajah saya berminyak dan berjerawat tpi jerawatnya kecil2 tpi sedikit bnyak dok . saya tdi bca artikel dokter diatas langkah awal saya apakah saya hrus mencoba bahan alami dlu yaitu tomat , dan sya mau mencoba produk ponds ,dan produk ponds seperti apa yng sesuai dengan saya dok ???

  69. Saya hbs facial 1bln lalu,kmudian pke jeruk nipis+sabun muka sulfhur,tp kenapa muncul jetawat kecil2 yg banyak banget d pipi,dahi&dagu,itu kenapa ya dok?gimana cara myembuhkan jerawat nya?kulit muka saya berminyak&ad sedikit bopeng di pipi (kecil2),saat ini pke mediklin yg ad kandungan tretinoin nya+sabun muka dove

  70. Dok,saya jerawatan tp ga terlalu parah. Saya tertarik dengan produk melilea botanic skin care. Apakah benar melilea dari bahan organik? Dan lebih efektif mana dibanding produk Activia yg dokter rekomendasikan tadi???

    • @Sania: Yang saya denger dari temen saya, produk merea lumayan oke.
      Activa sama Mellia mungkin hampir saya, kalo saya disuruh pilih mana, ya pasti Activa ๐Ÿ˜›

    • Makasih Dok atas jawabannya… Tp BTW rangkaian perawatan yg paLing penting dari Activa apa yya Dok??? SoaLnya kLo diLiat2 produk satuannya mahaL jg yya…. kLo perawatan Lengkapnya. Hehe
      Kira-kira yang mana aja yg penting untuk menghiLangkan jerawatnya sekaLigus merawat.

    • Iya sih Dok,memang Lebih efektif 1 paket. Tp mengenai soaL budget nih Dok…. Hehehe Kira2 dari rangkaian perawatannya kira-kira yg paLing penting dipake yg mana Dok dari Activa itu. Apakah cLeansernya,tonernya,peLembabnya ato apanya nih Dok… Takut jg udah mahaL2 beLi 1paket tp ga cocok. Aku mau coba duLu gt Dok yg paLing efektif.

  71. dok saya mau tanya.. saya umur 23 th.. jerawat saya mengumpul di bagian pipi di bawah mata.. dan kalo mau haid jadi lebih parah besarnya, saya pikir setelah haid bakal hilang ternyata hanya mengempes saja dan bekas jerawatnya jd makin banyak T-T .. 2 bulan saya coba jeruk nipis, madu panas, dan zaitun.. tp ga ngaruh dok.. gmn ya? terus kalo mau tidur bagusnya pakai zaitun atau pake krim malam produk kecantikan ya dok?
    terima kasih udah nyempetin bales walau dokter sibuk ๐Ÿ™‚

    • @Novi: Produk kecantikan apa dulu? Kandungannya apa? Kalo gak yakin banget sama produk kecantikannya, pake zaitun lebih bagus

  72. Dok umirku 13 thn waktu saya kelas 7 jerawat saya baru 1-2 lalu hilang tapi setelah semester genap jerawat dan komedo saya malah timbul saya sudah memakai garnirn,POnd,sabun pepaya,jerawat saya tidsk hilang

    saya juga sudah mencoba mrmakai timun dan tomat tapi masih ada jerawatnya sekarang saya memakai sabun pepaya dan pasta gigi

    pertanyaan saya:apa saya harus memakaibcara alami dalam jangka panjang
    -apa saya lqnjutkan pemakain sabun pepaya dan odol
    -lalu bagaimana saran doktok apa saya harua merubah polabhibup saya

  73. sekalian post produk2 make up yg cocok utk kulit berjerawat dunk….
    aq wanita karir+kulit jerwatan…
    bingunggg…pilih2 makeup…
    cz kadang2 jerawat timbul2 klU salah make.up….

  74. dok, umur saya 18 tahun, sekitar 17 tahun awalnya muncul jerawat sedikit sampe skrg banyak bahkan hampir disekliling wajah, saya udah mncoba cara d atas tapi ga ada hasil.
    kulit wajah saya berminyak dan skrg pake garnier sebelumnya pake ponds,
    gimana solusinya dok, malu ni .

  75. Dok umur saia 21 thun, saia punya mazalah jerawat sudah hampir 2thun tidak kunjung sembuh..
    Itu berawal karena saia pakai cream pemutih. Tpi stelah saia tdak pakai lagi,,
    Timbulah jerawat and flek2 hitam…

    Semua cara herbal dll, yg doktet tulis diatas sudah saia coba, tapi hasilnya ttp aja niHill…

    ,Kasih solusi dok, udah capekk ngurusin jerawat teruzzzz..:(

    • @Yullye: Beneran nih sudah semua? Sudah perawatan facial ato peeling juga?
      Saya sering liat orang komen kaya kamu, padahal yang dicoba paling 3 ato 4 cara

      Dari pengalaman saya, gak aja jerawat segitu bandelnya sampe gak bisa dihilangin kecuali emang gen ato hormonnya yang berlebihan

  76. Dok,
    Saya jrwatn ud lama umur saya skrng 20 thn.
    Saya coba ke dokter specialis,tp sdah satu bulan wajah saya tdk trlihat ad prubahan dok.
    Apa yg hrus saya lakukan lg y dok.
    Ap konsult lg or ganti dokter yg lain,?
    Thx

    • @Gara: Kamu rajin gak pake krim/ produk yang dokternya rekimendasiin?
      Kasian dokternya disalahin kalo dari kamunya gak telaten.

  77. mau tanya dok, dari dulu saya belum pernah memakai produk kosmetik apapun katanya agar kulit nngK rusak, sekitar umur 14 tahun saya mulai berjerawat tapi itu cuma 1 atau 2 tapi saya gak cepet2 nanganin karena saya anggap itu masih ringan. tapi lama kelamaan jerawatnya semakin banyak. kira2 itu akibat dari apa ya dok, apa karena saya telat nanganinya atau karena apa?, dan juga kalau saya nanganin jerawat sebaiknya pake cara alami atau pake produk kosmetik dan kalo pakek kosmetik apa gak papa dok mengingat umur saya baru 15 tahun.n mohon sarannya ya dok!

  78. dok,saya jg mau nanya,tiap mau dtng bulan pasti muncul jerawat di wajah,ga byk tp skali muncul jerawatnya besar,spt jerawat batu. Saya pny acne gel produknya wardah,tp blm saya pakai,mnrt dokter bgaimana dgn produk wardah ini?

  79. Siang dok, mau nanya tentang produk melia biyang dan propolis. Katanya itu ampuh ya buat nyembuhin jerawat dan bekas jerawat? Minta pendapatnya ya dok, penasaran bgt katanya banyak yg berhasil sembuh ๐Ÿ˜€

  80. Dok skrg sya pake pondsuntuk jerawat yg terbaru, knp msh ada jerawat ya? Malah besar2 jrwtx…. Trus mau tanya dok, kalo jerawat memang gk boleh d pencet2, tp apa bila jrwt pecah dgn sndrix sebaiknya tindakan kita gmn? Kadang pecang sndri saat mencuci muka, mungkin krna terlalu matang jwerawatx heheheh…… Saat kondisi wajah berjerawat bgni apa tdkpp kalau memakai pelembab? Trus pelembab ponds apa yg hrs sya gunakan??

    • @Marseilla: Jerawat itu longlife problem, gak mungkin kamu bisa cegah gak muncul lagi.
      Gak boleh dipencet karena takutnya tangan kamu kotor, nah nanti malah infeksi ato muncul jerawat baru karena kotoran di tangan kamu itu

  81. Mau tanya ne dok,,ane umur 23 an dok..
    Gini dok,kelaurga ane smuanya gaak ada yg jerawatan..
    Ane juga gtu smpai umur ane 21an lah dok,wktu pkl ke jakarta,,langsung deh tu jerawatan..
    Pake ponds,sabun pepaya,garnier,tetap Gฬฒฬฎฬ…ฬฒอกรฅะบฬฒฬฎฬ…ฬฒอก โ€ขอกโ™Œ ada hasil dok,,trus saya coba dr herbalife,,awalnya ada hasil dok,tapi ketika gaak saya pakai langsung menjadi dok,bahkan ketika udaah dipakai lagi jerawatnya tetap menjadi dok besar2 merah2,perih dok..
    Kata teman pakai benzolak yg ada clynda meycin,,nah saya beli deh tu,,emank ada hasilnya donk,jerawat hilang,tapi berbekas dok lubang2 muka saya..
    Terus skrg saya makai garnier dok,,tapi minyak di muka saya jadi lbh bnyak dok,,pdhal krja diruangan ac,siang aja udh bermnyak ini wjah dok..
    Apa solusinya dok??
    Tolong dok,makasii dok..mohon repp yaa dok..:)

    • @Andre: Kalo mau manjur jangan kerja di Jakarta ๐Ÿ˜› soalnya polusi di Jakarta gile aje kecuali naik mobil kemana-mana
      Kalo malah berminyak setelah pake produk garnier, mungkin gak cocok, coba yang dari ponds
      Dan untuk bekas jerawat emang rada susah. Solusinya bisa dilihat di halaman Bekas jerawat ya.

  82. banyak hal yang saya lakukan buat muka wajah yang berjerawat dari ke dokter mencoba 3x hasil bagus tapi mahal dan akhirnya berhenti timbul lagi jerawatnya, saya berlanjut pakai produk la tulips hasilnya gak ada, saya pergi ke klinik skin care ada hasil tapi ya begitulah berhenti karena mahal. Sekarang jerawat pada nonggol. Pengen ya alami saja.

  83. Dok,mau crhat nie hmpir sluruh wjh sya tmbul jrawt truz sya coba pkai mediklin pda saat mau tdr tp sbun mukax pkai trisia yg da kdar salicylic acidx truz pgix sya pkai cream olay.hasilx klit mka sya mengelupas, kring, pnas n pdih
    sya bngung dtrusin pmakaianx atw gk dok?soalx yg sya bca dtlisan doktr jika pkai tretinoin gk blh dbarengi ma pmakaian kdar salicylic acid
    jnis klit mka sya brmnyak
    ap sya prawatn almi atw pkai ponds ya?
    Oy sunblog yg bgus ap ya dok ntk jnis klit brmnyak?

  84. Nunki Andas Sahita

    Hai dok ,mau tanya. minyak zaitun yang bgus merk apa ya?
    mohon rekomendasinya ,trimakasih ๐Ÿ™‚

  85. Saya umur 18th dok, muka saya berjerawat kira2 mulai masuk SMA, skrg jerawatnya bandel, saya udah coba ke klinik tapi hasilnya gitu2 aja, ilang balik lg ilang balik lg, facial pun malah bikin jerawatnya regenerasi tambah banyak, cobain masker mentimun sama putih telur juga udah, saya pakai sabun muka acnes setelah berhenti pake sabun klinik, awalnya cocok tapi sekarang kulit jadi kering dan jerawat jadi gede2 kira2 pemakaiannya dilanjut atau stop krn saya agak takut untuk gonta-ganti sabun pencuci muka. Thanks

    • @Eci: Udah berapa lama gejalanya? Kalo baru 1-2 minggu lanjut aja mungkin itu masa breakout, kalo udah 1 bulan tetep begitu, ganti aja

  86. dok, kalau baking soda yang dicampur air (dibuat seperti pasta) untuk mengobati jerawat itu beneran bisa gak? apa ada efek sampingnya? thx

  87. Dok, saya umur 14 th
    Dlu ketika saya 13 th, jerawat saya masih terbilang wajar, tidak terlalu banyak.
    Namun setelah sekarang” kok jerawat saya semakin banyak dan memerah. Juga timbul bekas jerawat nya dok. Bintik hitam namun banyak, tapi tidak sampai menimbulkan lubang.
    Saya udah pakai garnier yang pure active. Tp kok masih ya dok
    Kalo boleh minta sarannya dok. Makasih

    • @Adinda: Jerawat di umuran kamu sulit dicegah karena jerawat kamu lebih disebabkan karena hormon.
      At least rawat wajah kamu pake cleaner tiap pagi dan malam yaa

  88. dok umur saya 15 , diwajah sya bnyak jerawat kecil kecil yg warnanya putih, pertama sya nyobain pke ramuan dari jawa tpi ttp ga ilang, trus sy nyobain ke carrisa skincare, cuman ngilangin komedo, 2minggu kmudian bru muncul lagi, trus sya cobain citra haseline, trnyat tmbah bnyak, sya trus cobain masker putih telur,,, sy bingung gimna solusinya dok ganggu bnget soalny

    • @Indri: Cobain perawatan yang ada di atas dan bersabarlah! Kalo kamu mau cepet ya jerawatnya disuntik.
      Kalo kamu baru coba 1 perwatan besok ganti lagi, ya gak ada yang berhasil!

    • Dok saya abis perawatan di salah satu salon di dekat rumah..sudah lumayan lama menggunakan produknya, namun setelah itu saya mencoba untuk berhenti menggunakan produk dari salon kecantikan tersebut, dengan langkah awal tidak menggunakan cream malam, setelah 2 hari wajah saya keluar jerawat kecil2 berwarna putih, wajah juga memerah, dan terasa gatal seperti wajah saya kasar sekali…namun saya mencoba bertahan dengan kondisi seperti itu. setelah itu saya memakai sabun Phisohek kulit terasa kering dan mengelupas, dan timbul jerawat besar yang bernanah, selain saya memakai sabun phisohek terkadang saya memakai masker organik bubuk natural teh hijau dan buah pepaya..gmn langkah saya selanjutnya dok? apakah langkah saya sudah benar?dan saya belum menemukan pelembab yang menurut saya cocok untuk wajah saya…pelembab apa yang recommended untuk wajah saya dok? terimakasih sebelumnya dok.

      • @Vita: Saya kurang familiar dengan produk phisohek so gak bisa kasi masukan gimana banget
        Salon gak sama dengan klinik kecantikan, ada dokter spesialis kah disana? Kalo ga ada, siapa yang racik itu krim yang kamu pake?

  89. Dok saya mau nanya, sekarang umur saya 20 tahun. Sebelumnya saya nggak ada jerawat tetapi waktu umur saya 19 tahun saya pernah pakai lidah buaya karena ada beberapa jerawat, saya maskerin lidah buayanya ke seluruh muka saya biar tambah bersih. Besok paginya bukannya hilang jerawat malah timbul banyak banget jerawat. Kenapa ya dok? ini karena lidah buaya atau krn dulu saya pernah pakai pemutih wajah. Padahal saya pakai pemutih wajah waktu umur 18 dan berhenti memakai selama 1 tahun muka saya baik2 aja nggak ada jerawat. Jadi saya harus gimana dok? Sekarang muka saya rentan banget jerawat.

    • @Elma: Biasanya itu masa purging atau ada juga yang nyebut ‘breakout’
      Terusin aja perawatanya selama 2 minggu kedepan, pasti jerawatnya berkurang

      • Tapi dok apa gak malah nambah jerawat kalo saya lanjutin pake lidah buayanya? soalnya udah setahun saya nggak pake lidah buaya ditambah lagi kulit saya ada bekas2 jerawat yang timbul gara-gara saya pake odol. Ada kemungkinan nggak kalo jerawat saya bener-bener hilang? terimakasih dok sebelumnya

  90. Dok :
    Gy mna sie cra mngilangkan bkas jerawt,kdng timbuul jrawt lgy di bkas jrawat,dah gtu mnyak di wjah sya bnyak bgt,
    Dah brmcam mrek sya coba garnier ponds trkdang pasrah ja

  91. Dok, awalnya wajah saya cuma jerawatan kecil di bagian pipi, lalu sy coba pakai krim temulawak selama 6 bln dg maksud utk ngilangin jerawatnya aja, alhasil wajah saya putih bersih n keliatan awet muda. lalu ketika saya berhenti pemakaian trnyata jerawat sy muncul bhkan lbh parah besar2 n bernanah. Lalu saya coba pakai Ponds n Garnier juga tambah parah. Kulit saya gampang berminyak. Trus, sy treatment alami dari jeruk nipis, lemon, madu, pepaya, alpukat, putih telur ayam kampung, lidah buaya, bawang putih, tomat, sampai minyak ikan alhasil jerawat tak kunjung hilang. frustasi saya dok. Selama 5 bln terakhir ini saya tidak makan yg berminyak, coklat, permen, junkfood, gula, pedas, dan yg lemak2. Sy hnya konsumsi ikan panggang, sayur, jus brokoli+wortel dan buah serta air putih 8-10 gelas per hari. Dan baru 1 mggu ini saya konsumsi jus wortel+tomat. Jus sayurnya tidak lagi. tapi jerawat msh kunjung tiba namun jerawatnya kecil2 dan anehnya hanya di bagian pipi kanan dan kiri serta di daerah rahang sedikit dan di dahi tdk ada jerawat. Gimana cara mengatasi yg tepat dok? padahal dari nenek kakek serta ayah ibu saya tdk ada yg jerawatan. Apa ini darah kotor ato hormon? dan bekas jerawatnya ada yg hitam dan berlubang. Ksh solusinya ya dokter. Udah putus asa saya. Skrg saya hanya bersihkan wajah dengan minyak zaitun selama 5 menit sbelum tidur malam lalu bilas dengan air hangat. Lumayan berkurang jerawatnya. tp bekasnya itu ada yg berlubang dok. Bagaimana jalan keluarnya dok?

    • @Fadli: Anak angkat kali? Haha,, bercanda kok
      Coba perawatan ke klinik aja biar bisa dapet treatment lebih oke
      Untuk bekas jerawat yang udah parah, saya rekomendasiin mikrodermabrasi. Mahal sih tapi mantab lah hasilnya

  92. Dok, aku punya jenis kulit yang berminyak pake clean and clear plembab sama facial washnyaa cocok ga buat kulit aku? Oiya umurku 17th

  93. Dok,sya sdh 2 bln tmbul jrawat hmpir dseluruh wjah skr sya coba pkai mediklin thu dtruskn ap gk dok?
    Klu gk,sya hrus pkai produk prawatn ap n sun block yg bgus ap dok?

  94. Dok.umur saya 19th jrawat saya og gak ilang2 y pdahal saya memakai pembersih garnier pure active tp og gk ilang ilang y.. Kiranya pembersh yang cocok untuk muka saya apa yaa,,,

    • @Mus: Gimana dengan pola makan dan lingkungan sehari-hari kamu?
      Setau saya garnier cukup bagus. Kalo gak mempan, coba pake paket perawatan dari ponds. Bagus juga tuh

  95. Dok,umur cy 18thn,wajah cya berminyak d tmbh lg dngn jerwat bkin g’ PD,,,,,
    pdhl cya udh coba bahan alami dr tumbhan sprt tomat,timun,jeruk nipis tp ko’ g’ hilang” udh pkeq sabun menghilngkn jerawat ug’ tp g’ sembuh”,,
    . G mna ni dok.mksh

  96. Dok,saya desy umur saya 27thn,sbelumnya dari kecil ampe sgede gini sy blum pernah ada โ™ˆยชฯžฦ namanya jerawat,smenjak pke pond’s flowes itu jerawat sy mulai tumbuh..skrg sy perawatan di klinik tp gak ilang” jerawatna…yang aneh tumbuh jerawat itu cuma di dagu saja dok…gmn donk

  97. Hai dok, umur saya 18th..
    Sebelum mencoba facial yg kedua saya termasuk org yg sangat amat jarang berjerawat, mungkin tumbuh jerawat cm sekali dlm setahun itupun seminggu hilang tanpa bekas..

    Pertama facial di aira skincare saya cocok karena komedo saya hilang + tdk ada masalah dgn jerawat (means tdk timbul jerawat)

    Tetapi setelah percobaan facial saya yg kedua di leny skincare, directly after facial kulit wajah saya jadi merah + bengkak seperti habis di tonjok..

    Agustus 2013 – sekarang saya sudah coba semua krim / produk untuk menghilangkan jerawat saya + Cara alami tomat n jeruk nipis.

    Alhasil..tiada hasil..
    Sampai sekarang jerawat tidak ada yg hilang justru berkembang biak..

    What should I do dok ? Tq

  98. Dok saya mau nanya, saya dulu pernah sampai 3x pindah ke klinik kecantikan mulai erha, getaran , sampai yang terakhir ritut, d erha jerawat saya muncul lalu saya pindah ke getta, d stu jerawat saya hilang tapi ujung bawah hidung saya sama bawah bibir saya kering n berkerak, d getta saya mengikuti perawatan derma sama peeling dok, krn ujung bawah hidung saya dan bawah bibir saya berkerak saya jd pindah lagi k ritut, eh d ritut malah saya makin jerawatan dok…
    Akhir nya saya putus kan untuk berhentiin semua perawatan dok…
    Trus 2 mggu pertama sama cuman cuci muka pake sabun baby n sunblock
    Trus setelah tu saya ganti sabun dok, pke sabun batang telepon, jerawat saya mulai kering dok.
    Setelah 2 mggu pke sabun tu saya pke perawatan alami dok
    Saya minum jamu kunyit asam seminggu 3x
    Setiap pagi saya pkein wajah saya parutan kunyit d campur asam jawa dan asam jeruk nipis, setelah kering saya bersihin baru saya kasi tomat dok saya gosok k wajah saya.
    Malam nya saya kasih minyak zaitun dok.
    Udh hampir 1 mggu dok saya melakukan ini, hasilnya bekas jerawat saya menipis dok, tp masih suka muncul jerawat dok d muka saya…
    Kalau mau keluar saya selalu pakai sunblock dok…
    Pertanyaan saya apa saya trus kan perawatan alami saya, trus cream wajah apa dok Y. Bagus utk ngatasi jerawat saya, Oiya dok umur saya 24 tahun. Makasih dokter…

    • @Aie: Gini nih penjelasanya lengkap jadi saya bisa analisa dengan gampang.
      Kalo liat dari progress kamu yang cukup bagus, saya saranin untuk lanjut

      Biar hasilnya lebih cepat, usahakan tiap hari makan buah seperti jeruk (minimal 1 biji ya bukan sepotong doank)

  99. Dok. Umur saya 19 tahun.
    Jerawat saya agak besar… Saya pake sabun cuci muka acnes tp blm hilang juga. Kiranya yg baik untuk muka yg over minyak seperti saya apa ya dok? Dan jerawat saya kiranya hilang menggunakan apa?

  100. Sore dok boleh minta pin bb ga.?
    Biar lebih enak konsultasinya.
    ๐Ÿ™‚

  101. Dok,sebelumnya saya tdk pernah berjerawat setelah berhenti memakai cream rekomendasi dri tman saya,jerawat lngsg nyerbu.udah nyoba jga pke cara alami buat ngilanginnya tetep aja blm mempan,sekarang saya lgi pakai produk dr theraskin tapi jerawatnya masih tetep aja muncul. Apa saya msh gak cocok pke produk yg trkhir itu?bingung ney soalnya ganggu pnampilan bnget mksh

    • @Mitha: Coba konsultasi dulu ke dokter terdekat. Takutnya kamu ketergantungan sama produk tersebut.
      Let me know the update ya

  102. Dok, umurku 13 tahun, kulit wajah saya tidak pernah memerah jika berada di bawah terik matahari walaupun tidak memakai lotion atau sun block. Aku coba ngetes jenis kulitku di Skin Analyzer pada web official Ponds. Dan hasilnya adalah Kulit Kombinasi yang Cenderung Berminyak

    Namun saat ini di wajah saya ada banyak jerawat kecil di kening, tetapi jerawat itu tidak terasa sakit atau perih walaupun terpencet atau tertekan dan tidak bisa dipecahkan. Namun, jika digaruk jerawat itu bisa lepas tanpa rasa perih dan tanpa bekas. Apakan itu jerawat? Apa saja produk yang direkomendasikan?

  103. Dok , saya mau tanya

    Saya umur 12 tahun jerawat saya banyak padahal saya belum haid
    saya mencoba apa*kok nggk hilang2

    yg cocok pake obat apa ini dokter dan cara perawatannya ???

    • @Naura: Jangan pake apa2, umur kamu masih terlalu awal untuk pake ini itu.
      Saran saya, coba perbaiki pola makan (gak yang minyak2, coklat, ato yang manis lainnya) dan perbanyak makan jeruk
      Pasti ilang kok jerawatnya

  104. umur saya sekarang 14 tahun, saya punya jerawat sejak umur 11 tahun. dulu jerawat saya hanya 1 – 2 saja, tp karena saya gak tahan sama jerawat trus saya browsing cara ngilangin jerawat, saya coba pakai timun eh malah tambah parah jerawatnya menyebar T_T saya sempat menyoba memakai tomat dan… kempes, tapi waktu saya kecapekan/stres jerawatnya tumbuh lagi. saya juga sudah coba pakai jeruk nipis. gatel perih di jerawat. itu juga kempes tp waktu saya kecapekan/stres jerawatnya tumbuh lagi. saya coba pakai garnier pure active 6 sign of acne tuh awal pemakaian – 1 mingguan hasilnya jerawat kempes tp lama-lama gak ngaruh lagi, jerawat tumbuh lagi. bagaimana cara menghilangkannya dok? mohon solusinya dok, terimakasih ๐Ÿ™‚

    • @Syavira: Heboh amat baru 14 tahun udah stress,, hidup enjoy aja sis,,
      Pola makan kamu diperbaiki juga. Jerawat kalo muncul terus itu lebih sering dikarenakan kamunya gak bener2 rawat diri
      Jangan makan yang minyak2, coklat, ato yang manis lainnya
      Plus kalo bisa makan buah-buahan yang kaya vitamin C kaya jeruk, lemon

  105. dokter muka saya tinggal bekas jerawat n jerawat kecil kecil seperti jerawat bandel , tapi muka saya sensitif . yg cocok pake obat apa ini dokter dan cara perawatannya ???

  106. Hai.. Aku mau tanya, jerawat aku tumbuhnya kecil-kecil tapi banyak dan penuh di daerah rahang pipi. Aku sudah peeling dan rajin membersihkan wajah dirumah. Tapi tetap saja rajin muncul jerawatnya. Kira2 apa jenis jerawat ini? Dan apa betul kekurangan zinc?

  107. Mkasi dok, oh ya kalo boleh tau dok di erha melayani chemical peeling buattubuh g dok? Soal e aku browsing2 melayani wajah saja

  108. Hilang 1 tumbuh 1 lg sih dok.
    Aku d jayapura,papua..kliniknya baru ada natasha aja ๐Ÿ™
    Jd klo seminggu kedepan tetap msh jerawatan stop natasha aja ya dok ? Dlu aku pke ponds,,balik ke ponds apa gmna ? Mksh sblmnya ๐Ÿ™‚
    Tp lupa nih,sblm jerawatan aku makeup pke blush on red A,baru beli d toko saga,harganya 14.300…apa mgkn krn blush on itu ? Krn stlh pke blush on itu baru jerawatan besar2 d pipi aja..

  109. lebih tepatnya dipasar minggu dok..

    • @Rani: Kalo sempet, kamu bisa cari saya Senin – Jumat di Rumah Sakit Halim (pagi sampe jam makan siang)
      Cari Dr Dewi Anggreni Sp Kk

  110. saya tinggal di jakarta selatan dok, klo saya ganti2 klinik spesialis kulit gitu aman ga dok? apa ada efek sampingnya nt ? Makasih ya dok mau jawab pertanyaan saya

  111. Dok,sy dulu gk pernah bermasalah dgn jerawat berlebih,tp sy perawatan dan ambl cream di natasha,krn lht muka tman yg jerawatan jadi mulus semua..
    Tp stlh 1 stgh bulan perawatan dan pakai creamnya,malah jadi jerawatan banyak banget di bagian pipi..
    Itu karena gak cocok atau apa ya dok ? Tapi 1 stgh bulan muka sy mulus,baru 2 minggu ini setelah peeling tiba2 langsung jerawatan full di pipi,risih dok..apa sarannya ya ? Berhenti apa gmn ? Soalx dh d ksh obat minum,dh d suntik jg,,jd bingunggg..

    • @Jyah: Kalo saran saya, tunggu 1 minggu kedepan dulu
      Itu bisa aja lagi periode purging sis..

      Kalo masih banyak aja, ke klinik yang lain aja d

      • misi dok, saya umur 19 tahun, dok saya mau tanya saya udah ke dokter wajah emang sih pertama” ada kemajuan tapi kesana”nya malah kaya tambah banyak gitu jerawatnya berbagai cream di kasih dari morning cream,acne cream & facial shower pun. saya mau facial tpi jerawat saya masih rada” kaya benjolan kecil” takut malah jadi jerawatnya. kalo masalah bersihin muka saya selalu rajin cuci muka tapi jerawat masih aja nongol ๐Ÿ™ ,saya mau coba cara alami pake madu tpi takut beli madu yg udah campuran ga alami lagi :(. saran dong dok kira” sabun & masker apa yg bagus buat malem hari kalo bisa masker yg di pake sambil tidur dok ๐Ÿ™ soalnya aktivitas jdi terasa susah kalo berjerawat bgini :’)

        • anggap aja saya masih polos dalam soal obat” jerawat & muka .. maklum laki dok :’D

        • @Deo: Kalo kamu emang udah ok semua, kemungkinan terakhir tinggal pola makan dan pola hidup
          Contohnya makan gorengan (dan sejenisnya),,
          Pola hidup yang jelek sering begadang,

          Hindari pola diatas, harusnya muka kamu bisa balik mulus

  112. Selvy Muflichah Sudibyo

    Dok, daritadi kan promo nya tentang product pond’s aja kan, hehe. Gimana menurut dokter tentang product wardah yang acne? Lebih banyak mana efek sampingnya? Makasih dok ๐Ÿ™‚

  113. Dok mohon bantuanya, saya mau nanya saya punya flek-flek merata di kaki dan tangan habis kena gigitan nyamuk, saya sudah pernah ke dokter rofik di kasi cream pengelupas dan lotion tapi hasilnya nihil sudah saya pakai selama 1 tahun g ada perubahan, kira2 menurut dokter enak mana chemical peeling dalam atau laser? Sesuai bajet saya seorg pelajar dok, dan sebaiknya di clinik mana? Nanisa, LBC , inasa atau erha dok yg hasilnya bagus dan g mahal2

    • @Intan: Kalo udah perawatan ke klinik harus siapin 500rb – 1 juta (apalagi kalo mau laser loh)
      Chemical peeling dulu aja, selain cukup efektif, gak mahal2 amat ๐Ÿ™‚

  114. hai dok,,
    mau tanya, sekitar 4bulan ini kulit wajah saya banyak jerwat dulu klo ada jerawat itu pas mau haid aj. smkin kesini mkin banyak, kulitnya rasanya kasar kalo dpegang, banyak komedo, flek hitam. udah nyoba pembersih wajah masih belum berkurang kadang malah kulit jadi kering setelah cuci muka pake pembersih muka. saya nyoba facial tp mlh banyak, jrak 2minggu saya facial lgi tp masih tetep aj. minta solusinya ya dok?saya tinggal dkarawang..mungkin dokter bisa merekomendasikan klinik kecantikan? terimakasih….

    • @Ary: Kalo ke Bekasi Barat kejauhan gak?
      Dateng ke DEA Skin and Beauty Center
      Alamatnya Jl. K H Noer Alie (kalimalang) No 10

  115. Hi dok , saya mau tanya, kalo wajah sedang berjerawat boleh pakai bb cream engga ? Takutnya jerawatnya makin banyak dan kalo spf tinggi berpengaruh ga ke wajah ?

  116. Dok mau nanya, saya umurnya 16 th waktu smp muka bersih bgt. Semenjak sma jadi jerawatan. Awalnya saya pikir tampak soalnya langsung muncul bintik2 kecil2 banyak di pipi. Tp ternyata ga ilang2. Sempet make sabun perawatan gt cuma mutihin muka aja tp jerawatnya ga ilang. Sampe skrg muka jadi banyak jerawat kecil2 gt. Saya gatau itu jenis apa soalnya batu bukan tp biasa jg terlalu kecil2. Saya udh nyoba pake tomat sebulanan lumayan mudarin sih. Boleh infonya ga dok kira2 muka saya kenapa? Sabun muka yg bagus tp ga terlalu mahal apa ya dok? Kalo pake produk nourish skin yg baru itu gimana? Makasih banyak dok:)

    • @Fia: Muka kamu mungkin kotor di bagian pori-porinya cuma gak kliatan
      Mending coba perawatan peeling dulu, biar kotoran yang tersumbat di pipi kamu ke angkat. Perawatannya cukup 1 ato 2 kali.
      Sambil peeling kalo terusin pake peraawtan tomat

      • Kalo pake peeling dari aubeau gimana dok? Peeling yg bagus di daerah jagakarsa jaksel dimana ya dok? Saya skrg pake sabun muka dan acne gel aubeau bagus ga ya dok?

        • @Fia: Saya kurang familiar dengan produk dari aubeau
          Kalo di Jaksel mau coba perawatan dengan saya? Saya tiap Senin sampe Jumat sampe jam makan siang ada di rumah sakit Halim.
          Dateng aja kalo berminat ๐Ÿ™‚

  117. Hi dok.. mw minta saRannya. umuR saya 20th. dR duLu gk pRnh bRmsLh sma jeRawat. tp 4bLn tRkhiR ini muncuL jRwt yg tRbiLang Lgsg bnyk.. kaget jg. dan takut. Cz kLwRga gk ada yg jeRawatan. sedih Liat muka saya sekaRang. saya udh pake cuci muka waRdah pagi dan mLm. tp smpe skRg gk ada peRubahan. udh pRnh jg pake madu+kayu manis. timun. madu+strwbrry.. mw ke dokteR tp mahaL. jujur agak kuRang biaya kL hRs kdokteR. mohon saRanNya ya dok. jeRawat saya kcL” kya’ beRuntusan kL dipegang.. bnyak di kening dn pipi kanan.. toLong saRanNya dok.. teRima kasih..

    • @Fitriyani: BoLeH GAk reqUesT TuliSaNnya Gak usah ALai Punya???

      • Dok, saya mau konsul. saya memang jarawatan dari jaman sekolah dlu, tepatnya dari smp. lalu saya coba2 memakai bahan alami dan Alhamdulillah berhasil. masuk sma jerawat saya ilang timbul lalu saya pakai2 produk kecantikan yg dijual dipasaran dan produk itu tergolong aman masuk dlm kategori yg dokter jelaskan. jerawat saya hilang timbul. hingga kuliah pun begitu masih hilang timbul. lalu sewaktu-waktu jerawat saya makin parah dan hitma2nya pun begitu. saya pergi ke dokter spesialis kecantikan lalu muka saya bersih. ketika bekerja saya tdk bisa mengunjungi rumah sakit tersebut karena praktek dokternya di hari senin-jumat lalu saya pindah perawatn ke rs lain dgn dokter spesialis juga. dan awal2 cocok. lama kelamaan tdk cocok. lalu saya paksakan ke rs pertama saya berobat sempat cocok lalu karena saya ga mungkin untuk kesana lg maka saya pindah ke rs yang kedua tadi dan ternyata tdk cocok lg. saya merasa sedikit dperesi dan saya disarankan oleh teman untuk coba ke tempat prakter lain dengan dokter praktek yg sudah sama di rs pertama. namun jerawat, noda hitam, dan kusam belum pergi dari wajah saya, apalagi yg hrus saya lakukan. saya sudah berobat, sudah rajin cuci muka, saya juga berdoa agar wajah saya bisa bersih kembali. namun hasilnya seperti ini. terkadang saya merasa down dgn keadaan. saya minta saran dok untuk masalah saya diatas apa saya lanjut berganti2 dokter atau bagaimana? sebelumnya terima kasih atas perhatiannya.

        • @Rani: Wadooww, panjang banget pertanyaannya ๐Ÿ˜›
          Kamu tinggalnya dimana? Mungkin saya bisa refer dokter kecantikan terdekat

  118. Smua cara udh di coba tpi msh aja nih

  119. Hai dok, umur saya 13 tahun. Untuk seumuran aku, jerawat udah bisa dibilang ‘banyak’ dan aku juga risih. Kalo pake Vitacid/Benzoil Peroksida boleh tidak? Soalnya aku udah pake cara diatas cukup rutin tetep aja jerawatnya pulang pergi, berbekas hitam pula ๐Ÿ™
    Saran dokter bagaimana? Soalnya aku udah mulai risih dok ๐Ÿ™‚ Terimakasih^^

    • @Ayu: Kamu lagi puber, cara diatas gak bisa bener2 jaga muka kamu mulus karena hormon kamu akan tetep berperan dalam munculin jerawat baru
      Kalo bisa sih gak usah pake vitacid dulu, pake cara yang alami udah cukup.

  120. dok mau tanya

    saya sebelumnya tidak berjerawat.. paling berjerawat beberapa saja… dan akan bertambah pada saat haid saja.. setelah haid jerawat hilang kembali

    tapi sudah hampir 2bulan lebih jerawat saya muncul di area bagian pipi sebelah kanan pojok dekat jambang rambut.. di bawah jambang rambut dan hnya bagian itu saja yang banyak.. awalnya kecil2 seperti biang keringat lama2 jadi agak banyak dan mulai membesar dan merah2.. dan sangat sakit jika tersentuh

    itu kenapa ya dok? hanya area di situ yang tiba2 muncul dan mulai parah menurut saya?
    apa yang bisa saya lakukan? soalnya saya takut kalo periksa ke klinik soalnya byak yang semakin parah setelah dari klinik..

    apa bisa penyebab jerawat di area itu gara2 penggunaan foundation yang tidak cocok? tp saya tidak menyadarinya

    tolong sarannya dok.

    terima kasih

    • @Deasy: To clarify: Kalo ada yang bilang habis dari klinik kecantikan malah tambah parah itu kemungkinan:
      1. Lagi masa purging. Masa dimana emang jerawat kamu bakal kluar semua. Ini normal karena emang tujuan perawatan biar kotoran di wajah kamu kluar dulu semua. Nanti setelah 2-3 minggu muka kamu berangsur2 membaik kemudian jadi mulus
      2. Kliniknya gak profe, alat/bahan yang mereka gunakan gak bersih so muka pasien jadi parah

      Yang lebih sering terjadi adalah kemungkinan pertama tapi beberapa orang salah kaprah ๐Ÿ™

      Mungkin bagian situ belakangan suka berkeringat dan gak langsung kamu bersihkan makanya jadi muncul jerawat. Bisa juga disebabkan oleh fondation baru yang kamu pake.

  121. Dok klo pke garnier pure active itu yg bsa mengatasi 6 masalah pada wajah, itu bisa pke gl buat hilangkan bekas jerawat

  122. dok tanya lagi, untuk klinik lbc, recommended ndak dok?

  123. Dok umur saya skrng 16taun, dulu muka saya bersih bgt tapi semenjak liburan dan sering tidur larut malam akhirnya saya berjerawat sampai skrng padahal sudah hampir 6bulan. Saya disuruh pakai sabun sebamed & cindala gel udah rutin bgt tapi ko masih tumbuh jerawat walaupun cepet hilang tapikan bekasnya ga ilang:( harus pake apa ya dok yg bisa dibarengin sama sabun dan gel yg saya pake?

  124. dok, misal saya ambil perawatan peeling, kemudian setelah wajah saya normal, saya tidak mengambilnya lagi, bagaimana?
    sebenarnya agak takut kalo sampai ketagihan perawatan2 gitu..
    mau membiasakan dengan yang alami
    mohon sarannya ya dok,

    • @Ai: Bisa kok. Asal mukanya udah mulus, tinggal lanjut dirawat sendiri aja.
      Asalkan perawatannya teratur, mudah-mudahan tetep mulus mukanya

      • sebenarnya ambil perawatan facial atau peeling, bisa bikin ketagihan ndak sih dok??

        • @Ai: Gak dunk ๐Ÿ™
          Perawatan facial dan peeling cuma untuk perawatan intensif kalo kamu mau cepet bebas dari jerawat. Kalo udah gak ada jerawat, tinggal rawat aja sendiri

  125. Aku mau nanya dong, aku pernah pake bb cream. Seudahnya gak dipake lagi, malahan timbul komedo2, itu kenapa ya? Malah komedonya jd meradang dan skrg dr komedo2 itu timbul jerawat. Udh ke dokter kulit, tp kayanya ttp meradang komedonya. Gmn ya cara hilanginnya yg cepat? ๐Ÿ™ makasih

    • @Novia: Gini, selama kamu pake BB cream, pori pori kamu terlindungi (tertutup jadi kotoran gak bisa/sulit masuk)
      Begitu kamu gak pake lagi, langsung tuh pori-porinya banyak yang tersumbat –> inilah yang buat hidung kamu banyak ketombenya

      Pake cara yang kita jelasin diatas aja. Pake pore pack secara teratur biasanya ampuh untuk kurangi komedo kamu

      Kalo mau cepat, pore pack + pencet2 sendiri

  126. Kalo menjaga kulit yang sensitive gmana yak? biar gak gampang jerawatan atau yang lainnya.

    • @Dikki: Yang paling utama adalah rajin bersihin muka dan lakukan perawatan yang teratur.
      Plus kalo abis kena polusi parah (apalagi kalo kamu tinggal di Jakarta), segera bersihin tu wajah

  127. hai donk…
    Saya mengalami kulit wajah yang bernoda bintik-bintik kecoklatan sudah dapat saya konsultasikan ke dokter spesialis kulit karena saya takut itu flek meninggat usia saya sudah 30thn, tetapi dokter mengatakan itu bukan flek tetapi noda2 bekas jerawat.
    kebetulan di masa2 SMA dan Kuliah saya katagori wajah berjerawat dan berminyak,,,alhamdulillah saat ini wajah saya sudah tdk berjerawat hanya tinggal bernoda2 kecil hitam terutama di daerah dagu dan dahi.
    wkt saya ke dokter diberikan obat munim sejenis antibiotik keluaran Intrabet yang saya rasa cukup ampuh mengatasi jerawat, tetapi noda2 hitamnya masih blm hilang… apa antibiotik tersebut bole saya konsumsi seterusnya ya donk???
    saya saat ini menggunakan crim Wajah Megic crim keluaran timur tengah, emang wajah saya putih tp ms bernoda dan krn cendrung wajah saya yang berminyak ketika menggunakan krim tersebut diwkt malam hari paginya wajah saya sangat berminyak.
    Apa benar ya donk, wajah berminyak itu membuat wajah tdk cepat terlihat tua?
    lalu agar wajah tetap segar tanpa berminyak apa yang dapat saya gunakan ???
    krn jujur saya sangat tkt jika wajah saya tdk berminyak lagi, sehingga terlihat lbh tua..

    Terima kasih.

    • @Wina: Untuk mengatasi bintik-bintik hitam yang sudah membandel seperti itu saya sarankan pake perawatan laser. Emang mahal banget sih, cuma memang efektif..
      Untuk mengurangi produksi minyak di wajah sebenarnya agak sulit karena tiap orang punya ‘tingkat’ produksi masing-masing.
      Saran saya rajin-rajin pake toner pembersih.

      Muka terlihat tua itu biasanya karena kerutan beda case donk!

  128. Dokter sya juga udh pernh nyoba telur, tomat, madu, jeruk nipis tp g sembuh2 ๐Ÿ™ terus sekarang bekas2 jerwat jadi banyak dokter .. Apalgi bekas jerwat yg pernah saya kasih pasta gigi itu, sekarang g sembuh2 dokter sya hrus gmnaa lagi ๐Ÿ™ dokter2 kulit udh sya dtgi juga smpai dokter kulit sub kosmetik tp jg g ada perubhan :'( saya g mau putus asaa ๐Ÿ™

    • @Nadila: Kalo putus asa ya gak ada perubahan sama sekali
      Kalo dicoba cara baru, masih mungkin wajah kamu mulus lagi

      Kalo saran saya untuk hilangin bekas jerawat yang emang udah bandel banget, ambil perawatan mikrodermabrasi
      Tapi please yang teratur. Jangan kamu ambil sekali trus pengen kinclong, kulit kan juga butuh waktu untuk regenerasi.

      Biasanya setelah 4x perawatan bisa kelihatan hasilnya.

      Good luck ya!

  129. sore dok.. Sya mw konsul lbih tepatx…. Usia sya 20thn, sya tnggl d malang… Sya asli klimantan dok, nah permslahan sya.. Sya berjrwat skrg mkin bnyak dok, dlu wktu SMA di klmntan kluar jrwat klw PMS it pling 1 jrwat trz kls 3 + pas pndah k malang jrwatsa mkin bnyak,… 2thn d mlng wjah sya lmyn kurang jrwatx trz skrg nmbah lgi dok, sya sdah pernh k natasha, nanisa dan sdah prnah brbgai mcm perwatan trmsuk peeling tp jrwat sya ttap aja dok, skrg yg prah ad jrwat batu 3 skligus + berderet trz sya bca2 blog buat pakai pasta gigi dok ๐Ÿ™ skrg sya sngt mnysal, muka sya hancuur dok :'( tlong bntu sya but repairx dok …. Makasiiiiihhhh dokter

    • @Nadila: Sepertinya wajah kamu agak terlalu sensitif. Biar aman, cobain pake bahan-bahan alami yang sudah saya anjurkan diatas. Liat dulu hasilnya.
      Kalo saran saya, coba pakai yang perawatan jeruk nipis untuk 2 minggu kedepan lalu liat hasilnya

      Info lagi ya gimana hasilnya biar saya bisa pantau terus

      • Mlm dok,sy mo nanya.umr sy 18th,sy sllalu rjn brsihin muka,dn nyiba brbgai cara tp kni jrawat sy tumbuh hilang tumbuh hilang trs,dn yg bkn sy sebel bekasnta gk ilang” ,dn jrwt pun tumbuh di seluruh mukakecil”…mhn solusinya..mksh:-)

  130. dok,,,
    Putih telur itu, menghilangkan jerawat,
    Aph putih telur juga bisa memutihkan kulit tubh,,,,
    Laz yach

  131. mbak..kalo umur 14 th boleh gak pake ponds yg mbak sebutin di atas ??? n kalo pake vitacid 0.025 gak pake sunblok boleh gk, kn muka sy minyakan ???

  132. Dok saya mau nanya, umur saya 15tahun dan masalah wajah saya minyak berlebih dan komedo dan jerawat yang penuh dipipi kanan dan dijidat, apakah saya ini masih faktor hormonal minyak berlebihnya? Dan saya mau nanya wajah berminyak menggunakan sunblock gpp?

    • @Fauzan: Kalo seperti itu sih udah berlebihan produksi minyaknya.
      Coba konsultasiin dulu ke dokter biar bisa ketahuan apa yang gak beres…

      Boleh aja kok pake sun blocknya..

  133. Dok wajah saya jerawatnya udah berkurang tapi bekas2nya masih ada merah merah terus jerawt kecil sama bopeng2 kecil membuat wajah saya berminyak terlihat kusam dan hitam. Cara mengatasinya gmn dok? Makasih

  134. Saya umur 16, dulu waktu masih smp jerawatnya cuma sedikit. trus semenjak sma jadi makin banyak. dan skrg muka saya jd penuh bekas jerawat yg menghitam. apakah cara diatas bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yg menghitam mba? kalau tidak bisa, apakah ada cara lain yg efektif? soalnya saya udh putus asa banget ngilangin bekas jerawatnya. terimakasih dan mohon sarannya ya mba^^

    • @Asha: Kalo hilangin bekas jerawat yang susah ilang, saran saya pilih perawatan peeling ato mikrodermabrasi.
      Dijamin ilang. Kalo mau cara agak lambat, produk-produk yang saya sebutkan diatas bagus juga

  135. salam dok, aku dwi umur 18 thn waktu kelas 2 sma nggak ada jerawatnya, sekarang muncul satu dan pindah ke tempat lainnya. tapi, aku mau nanya jerawat yang di muka ku nggak sakit dok. itu jerawat jenis apa terus kalau mau pakai vitacidnya itu tiap malam atau hanya seminggu sekali?

    makasih

  136. Dok..saya mw tnya klo lg prwatan pke tomat tp msh pke pembersih garnier bole ga? Ap ad sran lain bwt pembersih muka’a?
    dr skolah sya jerawatan trus mskpn ga lg haid smpe skrg umur sya bru 22thn..:(
    trma ksh..:)

  137. Pengen rasanya hilang ๐Ÿ™

    • @Cenlyvia: Jangan cuma pengen. Take action, pilih salah satu cara di atas, praktekin, dan jika berkenan share sama kita hasilnya gimana

  138. Salam dok….muka sy berminyak dan banyak muncul jerawat yang kecil2,umur sy 25thn udah nyoba pake obat tradisional tp ga berhenti jg,sy mulai berjerawat sejak umur 20thn,apa penyebabnya dok?mohon sarannya dok….makasih

    • @Ratih: Sudah rajinkah kamu cuci muka dan merawat wajah di pagi sebelum kerja dan malam waktu belum tidur?
      Biasanya untuk cewe, jerawat emang sering muncul pas lagi mens, lebih dari itu seharusnya gak sering (kecuali gennya begitu)

  139. dok,boleh gak klo siangnya pake jeruk nipis terus malem.a pke vitacid ?terimakasih ๐Ÿ™‚

  140. Sore ,

    Saya mau tanya .. dulu pas sma kelas 1 wajah saya bersih .. pas kelas 2 SMA mulai muncul jerawat tapi cuma di kening. lama kelamaan sampai sekarang muncul terus .. jerawatnya besar dan cuma di kening dan itu membekas jadi hitam banyak banget . ga pernah kening saya gada jerwaratnya pasti selalu ada . Mohon saran dan masukannya buat menghilangkan jerawat yang muncul terus menerus dan menghilangkan bekas jerawat yang hitam hitam ini .. terima kasih atas jwabannya ๐Ÿ™‚

  141. Cara yang sangat alami dan traditional sungguh efektif.dalam masalah perawatan kecantikan serta kesehatan secara merata.apalagi buah-buahan yang alami tiada efek samping yang berbahaya.
    pokok nya di jamin cerah deh 100%…!

  142. Haii Mba.. ๐Ÿ™‚
    Tipe wajahku berminyak, sensitif dan berjerawat. Dulunya jerawat yang timbul cuma bbrp saja di bagian pipi. Tp udah empat bulan ini jerawat yang timbul amat sangat parah dan banyak. Gendut merah dan gatal. Dalam tahap selanjutnya jerawat tsb jd ada matanya (spt bisul) dan jika pecah mengeluarkan nanah dan darah. ๐Ÿ™
    Dulu nya aku pernah berobat ke klinik erha bbrp bulan. Tp krn ga cocok (gatel alergi dan berminyak parah) jd ga dilanjutin lg.
    Sekarang aku pake vitacid yang 0.025 dan parasol33 + maskeran madu tiap malam + menghentikan pemakaian kosmetik. Udah mendingan. Tp tetap aja jerawatnya dateng dan pergi. ๐Ÿ™
    Ada saran buat mengatasi jerawat ku Mba?? Udah putus asa akunya.. ๐Ÿ™
    Makasi.. ๐Ÿ™‚

    • @Iva: Vitacid memang ampuh tapi kalo mau bener-bener bersih, saya saranin kamu ambil perawatan chemical peeling
      Jadi kotoran yang ‘tersembunyi’nya bisa di angkat

      Kalo rajin peeling sih mudah2an ๐Ÿ™‚

      Kalo gak cocok ke Erha, coba ke klinik lain aja yang sekelas ๐Ÿ™‚

      • Iya Mba.. Rencana nya mau chemical peeling, tapi nunggu jerawat nya agak redaan dulu.. ๐Ÿ˜€
        Oya, pemakaian vitacid dalam jangka waktu lama boleh ga ya Mba? Ada efek sampingnya ga?
        Aku udah ngabisin 1, dan rencana nya mau beli lg..

        • @Iva: Kalo jerawatnya udah pada kempes, coba kurangi aja pemakaiannya
          Peeling gak perlu jerawat kempes, justru peeling bisa bikin jerawat lebih cepat hilang kok ๐Ÿ™‚

  143. Awalny wajah q muluz kalopn da jerawat cm 1″, nGgk kaya’ skrg..
    Q tggl d lmpung, tp dah 1th nie kuliah d sumbar..,
    Skrang wajah q bnyak bget jerawat, dah bnyak nyoba brbagai produk, tp tetep nggk da hsilny..
    Yg tradisional jg dah d coba lidah buaya, madu.., tp twtep j jerawat masih bnyak..
    Kulit q t tipe berminyak..
    Mau k klinik kecantikan q takut wajah q memerah, ngelupas or sbagainy., skrg nie q pake’ produk kk..
    Solusiny donk biar wajah q bilk muluz kaya’ dlu lg..
    Mkasih, dok..

    • @Vivi: Kalo boleh tau mulai sering jerawatan umur berapa?
      Tipe kulit berminyak memang rentan jerawatan, harus rajin di bersihin mukanya pake toner apalagi kalo abis jalan

  144. Dok kalo pakek bawang putih ? Makasi ๐Ÿ™‚

  145. Dok saya mau tanya, muka saya berjerawat lumayan banyak, udh lakuin beberapa cara yg tradisional tp ngga ilang2, sudah facial malah tambah banyak dan bekas jerawat pun ngga ilang2, apa harus ke klinik seperti erha atau ke dokter spesialis? Terimakasih:)

  146. Hai…..type wajahku berminyak n sensitif, panas sedikit memerah,tekadang gatal,dsb.
    Maka dr itu (jujur) takut utk perawatan k klinik mengingat type kulitku ำŒฦ sensitif.
    Emank semenjak ABG jerawatan 3-4biji kalo masa PMS. Selesai mens jerawat berangsur2 ilang.
    tapi ga separah skrg sampe ke leher (3bulan yg lalu muncul terus dan makin banyak).
    Aku rajin bersihkan wajah, makananku tegolong sehat, lifestyle teratur.
    skrg aku ganti ke pembersih ponds utk acne sdh 1bulan tp sepertix ga ada perubahan.
    Cara2 tsb yg mana yg paling cocok? Mengingat kulitku yg sangat sensitif.
    Sebenarx apa penyebabx? Knp tiba2 muncul begitu banyak dan makin betambah?
    Mohon bantuanx. Thx.

    • @Lisca: Sorry Lisca tapi saya punya pendapat yang agak beda. Nurut saya, case kulit wajah kamu harus dicek oleh dokter spesialis dulu

      Coba deh, kenapa kamu pake ponds? Karena kamu pikir efektif, ya gak? Padahal belum tentu bener dan (worst case) bisa lebih parah…

      Kalo emang kamu udah “rajin bersihkan wajah, makananku tegolong sehat, lifestyle teratur”
      pasti ada penyebab lain, itulah kenapa mending coba konsultasi dulu.

      Kamu tinggal dimana? Mungkin saya bisa refer ke klinik tertentu?

  147. Punya rekomendasi salon kecantikan buat di daerah tangerang,,,kususnya di skitar serpong…!!!

    • @Zaqi: Hmm,, belum. Paling Erha yang di Serpong

      ps: Kalo gaya nanya kamu kaya gitu lagi, gak bakal saya jawab. Mbok yo ndah usa pake tanda seru sampai 3x gitu. Emang kamu pikir kamu siapa?

  148. Hai, saya udah 3 bulan ini bermasalah bgt ama jerawat. Sebelumnya paling pas mau haid aja yg masih dalam tahap wajar. Tp bbrp bulan lalu muka terasa gatel bgt n mulai timbul jerawat di pipi dengan jenis yg memiliki cairan / nanah di ujungnya. Sudah ke bbrp dokter rumah sakit di kasih populex dan klinik kecantikan natasha tp hasilnya masih hilang timbul. Bbrp waktu lalu saya berlibur ke pulau 4 hari berenang di laut, ga lama jerawat di pipi yg tadinya besar2 dan gatal mulai ilang! Tp ga lama pindah ke jidat (duh) dan sampe sekarang masih nih. Oya, umur saya 36 thn. Sebelumnya saya nyoba suplemen nourish skin dan lgsg saya hentikan ketika timbul jerawat. Tp sampe skrg knapa jerawat masih ada ya? Gatel2 pula. What should i do?? Thanks!

    • @Cece: Hmm,, Kalo konsisten gitu mungkin kamu sering kontak langsung sama debu/polusi berlebih?
      Soalnya jerawat kan gak terjadi tanpa sebab, kalo gak hormon ya karena tumpukan kotoran (baik debu ato sel kulit mati)

      Saran saya, coba pakai perawatan lengkap dari Activa (ada saya bahas di atas)
      Perawatan lengkapnya cukup bangus untuk kendalikan jerawat

      Tar kabarin hasilnya yaaa

  149. Dok kalo menghilangkan bekas jerawat pakai pasta gigi gmn ?

    • @Eunike: Not recommended. Mending pilih salah satu cara yang sudah saya jelaskan
      Pasta gigi itu bagus untuk hilangin komedo, untuk jerawat not recommended

  150. Sist mau nanya. Sebelumnya kulit ku mlus . Tina tiba tumbuh jerwat . Trus ak perwatan ke erha . Eh jerawt ku malah tambah banyak & muka ku jd merah trus . Dan sekrg malah jd tumbuh jerawat trus sist . Itu kenapa ya ? Apa ga cocok ?

    • @Chacha: Udah berapa lama perawatan dari erhanya? Kalo lewat 2 minggu tambah parah, kemungkinan gak cocok.
      Kalo baru 1 minggu, kemungkinan kamu lagi masa ‘purging’

  151. Dinda purnama sari

    Aku mau tanya kalo habis pakai jeruk nipis di muka dibilasnya boleh pake air hangat gak?? Thanks

  152. Halo, mau tanya.. untuk penggunaan putih telur bisa ngk di campur dgn jeruk nipis? Terus.. pemakaiannya brp kali sehari? Putih telurnya itu di kocok kan?? Di tunggu jwbannya

    • @Natasya: Hmm, mending dipakai terpisah deh, jangan dicampur.
      Pemakaiannya 3 kali seminggu. Kalo mau cepet bisa aja sehari sekali tapi takutnya nanti wajah kamu malah jadi kering.

  153. Hai.. Katanya facial bisa ngilangin jerawat ya ?
    Tapi percaya / gak, wajah saya jadi mudah berjerawat + continuously tumbuhnya gara” facial..
    Sejak facial itu sampe skrg saya gk brani untuk nyoba facial lagi, takut tambah banyak ni jerawat..
    Dulu saya bisa dibilang jerawat tumbuh setahun sekali saking jarangnya..
    Sekarang jerawat tumbuh gak brenti”..
    Giliran 1 hampir hilang, 2 lagi tumbuh di tempat lain..

    What should I do now ?
    Nyoba Cara alami Dulu atau direct ke klinik kecantikan ya ?

    Thanks ^^

    • @Elma: Gini, habis facial terkadang ada periode ‘purging’, ini periode dimana jerawat malah keluar semua
      Periode purging kurang lebih 1-2 minggu
      Setelah itu baru wajah akan berangsur-angsur membaik.

      Kalo dari analisa saya, jerawat kamu muncul lebih karena faktor hormonal, terbukti dari kamu bulang pernah setahun sekali baru muncul.
      Saran saya kalo mau cepet kering jerawatnya, ambil perawatan peeling. Biasanya 1 – 2 kali perawatan udah kering semua.

      Pastiin jangan lupa pake sunblock sehabis peeling ya…

      • Dok jerawat saya ko bisa hilang ya padahal udah d facial malah jadi banyak trus pake sabun muka segala merek tetep aj malah tambah banyak,jadi harus ngiman say ngilangin jerawat nih dong dengan make sabun muka
        @balz ya dok saya malu muka begini

        • @Al Ikhsan: Hal semacam ini bisa terjadi karena 2 kemungkinan:
          Kamu pakai sabun mukanya gak rajin atau memang tiap hari kamu kena debunya dalam jumlah gede so sabun mukanya gak bisa efektif banget.

          Coba pakai BB cream disiang hari biar muka kamu terlindungi, setelah berapa hari coba liat hasilnya

  154. aku mau pesen Vitacid 0,025, dong
    di tunggu info nya ya

    • @Wardah: Kamu bisa beli Vitacid di apotek ๐Ÿ™‚
      Jangan lupa bilang vitacid yang 0.025! Jangan sampai beli yang lebih tinggi, bisa kebakar muka kamu

      Good luck!

    • dok kalo perawatan pakai air garam ampuh ga? btw klo treatment di erha itu berkisar brp ya? terima kasih:)

      • @Taqiy: Gak begitu recommended pake air garam, perih boo
        Di erha sekali dateng biasanya sekitar 500rb. Biasanya yang mahal itu krim2nya nanti

        • dok harga di erha clinic itu 500.000 itu udh termasuk krimnya belum?saya masih berumur 14 tahun cara apa ya yang ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya?dan klinik di jakarta timur mana ta dok yg aman?

          • @Nana: Tergantung kamu perawatan apa, kalo peeling bisa gak cukup karena peeling aja 300rban + krim ini itu bisa 500rb an ato lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*