Don't Miss

Cara Menghilangkan Ketombe

Mungkin kamu tidak suka mendengar hal ini tapi jika menghilangkan ketombe itu mudah, maka gak ada lagi orang yang ketombean!

 

Faktanya diperlukan konsistensi agar kamu bebas dari ketombe. Jadi kalo kamu mencari ‘cara instan’ menghilangkan ketombe, mohon maaf, tulisan yang saya tulis ini bukan untuk Anda.

 

Silakan pilih cara mana yang ingin Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe:

Alami

Kelebihan: Aman untuk wajah dan ‘ramah’ di kantong

Kekurangan: Repot!

Baca detailnya

Produk Kecantikan

Kelebihan: Praktis

Kekurangan: Perlu ekstra hati hati dalam pilih produk yang tepat

Baca detailnya

Klinik Kecantikan

Kelebihan: Kemungkinan berhasil tinggi karena ketombe Anda ditangani langsung oleh spesialis kecantikan dan hasilnya cepat terlihat

Kekurangan: Mahal

Baca detailnya

 

Namun,,,

Pernah gak kalian dengar ato liat orang yang komplain ‘Ah, saya udah coba semua cara untuk hilangin ketombe tapi gak ada yang berhasil’ atau ‘Semua ini dusta…’

Saya sempat heran karena ada orang-orang yang berhasil dengan mencoba cara tertentu, tapi kenapa ada orang lain yang gak berhasil sama sekali?

Dari interview saya dengan beberapa dokter spesialis kencantikan, ternyata terlepas dari cara apapun yang kita pilih untuk menghilangkan ketombe, Ada beberapa hal dasar yang perlu Anda ingat:

Keramaslah Tiap hari. Umumnya orang tidak mau keramas tiap hari karena takut malah rambutnya rusak. Namun kalo rambut kamu lagi ketombean, lain lagi ceritanya. Jarang keramas hanya akan membuat ketombe semakin merajalela di kepala kamu. Kamu perlu membersihkan semua jamur dan minyak penyebab ketombe setiap hari untuk mencegah hal itu terjadi. Gunakan shampoo khusus anti ketombe, serta kondisioner anti ketombe jika dibutuhkan.

Anda bisa liat list shampoo yang kami rekomendasikan di sini.

Hindari makan makanan berminyak. Walaupun kamu pake semua perawatan yang bakal saya sebutkan di bawah tapi kamu gak bisa ngerem makan gorengan, duh! Kemungkinan kamu bebas dari ketombe ya kecil sekali.

 

Repot banget ya untuk bebas ketombe? Yup! Memang ada ‘harga’ yang harus dibayar untuk terlihat cantik!.

Berita baiknya adalah pilihan ada di tangan kamu! Kalo kamu cukup rajin, rewardnya adalah gak ada lagi ketombe atau kalo kamu gak mau repot ya ketombe kamu bakal tambah banyak.

 

Setelah kita tau fakta di atas, mari kita bahas satu persatu cara untuk menghilangkan ketombe:


Alami

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang alami untuk menghilangkan ketombe, contohnya:

Jeruk nipis atau lemon

Tahukah Anda buah yang berbentuk kecil namun kaya akan manfaat? Yup, itulah jeruk nipis atau lemon. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat kulit kepala bebas dari ketombe dan rambut tampak sehat dan cantik berkilau.

Cara pakai:

  • Peras 1 atau 2 buah jeruk nipis atau lemon
  • Usapkan air perasan tersebut ke seluruh bagian kulit kepala
  • Diamkan kurang lebih 30 menit
  • Cuci rambut Anda dengan sampo

Daun Pandan

Daun pandan ternyata tidak hanya bisa dipakai sebagai pewangi makanan tapi juga sebagai ‘obat’ penghilang ketombe. Pastikan Anda pilih daun pandan yang masih segar agar manfaatnya lebih optimal.

Cara pakai:

  • Cuci beberapa lembar daun pandan
  • Giling daun pandan tersebut hingga halus
  • Tambahkan 1 gelas air lalu aduk hingga rata
  • Saring campuran tersebut
  • Oleskan air saringan di kepala sambil dipijat-pijat
  • Diamkan kurang lebih 10 menit
  • Bilas rambut dengan air bersih.
  • Lakukan 2 – 3 kali seminggu

Gel lidah buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Jika Anda tidak ingin keluar duit, tanam saja sendiri Lidah buayanya di rumah, tanaman ini gampang sekali tumbuh :)

Cara pakai:

  • Pilih lidah buaya yang segar (belum layu)
  • Patahkan di bagian tengahnya kemudian pencet hingga keluar gel
  • Usapkan gel tersebut ke kulit kepala
  • Diamkan selama 10 – 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

 

Selain cara alami di atas, ada juga beberapa cara yang agak ‘aneh’ untuk menghilangkan ketombe seperti menggunakan garam, aspirin, baking soda, obat kumur, bahkan cuka. TAPI saya memilih untuk tidak memasukannya kedalam artikel ini karena saya belum menemukan alasan yang logis dari sisi kedokteran.

So mending kalian pake cara yang lebih teruji seperti yang saya telah sebutkan diatas.

 

Note: Jangan di lakukan semua perawatan di atas secara bersamaan. Pilih salah satu aja yang paling gampang buat kamu!


Produk Kecantikan

Saat ini banyak orang yang tidak mau repot dengan bahan alami karena bahan alami mesti diolah sendiri karena itulah produk kecantikan lebih diminati karena praktis. Habis beli tinggal pakai.

Lebih lagi, kadang kita kurang terampil mengolah bahan-bahan alami diatas makanya hasilnya gak maksimal, maka dari itu ada baiknya kalo cara alami diatas gak berhasil, cobain produk-produk dibawah ini:

 

shampoo merang

Shampoo Merang Mustika Ratu

Produk-produk dari Mustika Ratu emang manteb-manteb, contohnya Shampoo Merang ini. Shampoo ini efektif membersihkan kulit kepala kamu dari ketombe karena mengandung air rebusan merang, ekstrak jeruk nipis, dan Climbazole.

Cara Pakai:

  • Basahi rambut, kemudian usapkan shampoo secukupnya
  • Lakukan pemijatan ringan
  • Biarkan selama 5 menit
  • Bilas dengan air bersih

Harga? Rp 30,500

Kekurangan? So far belum ketemu :P

 

selsun

Shampoo Selsun

Shampoo Selsun ada 2 macam, yang kuning dan biru. Kalo ketombe kamu parah banget (banyak banget) pake yang biru. Nah kalo sudah mulai mendingan, pake yang kuning aja soalnya selsun yang biru lebih ‘keras’ obatnya. Kalo dipakai terus-terusan nanti kulit kepala kamu tidak sensitif lagi.

Cara Pakai:

  • Basahi rambut, kemudian usapkan shampoo secukupnya
  • Lakukan pemijatan ringan
  • Biarkan selama 5 menit
  • Bilas dengan air bersih

Harga? Rp 30.000 (yang kuning 150ml) dan Rp 38.000 (yang biru 120ml)

Kekurangan? Kadang tidak cocok untuk beberapa orang. Kalo udah satu atau dua minggu sehabis pemakaian ketombe kamu malah tambah parah, coba shampoo lainnnya aja

 Note: Masih banyak shampoo lain yang bagus-bagus. Nanti saya update lagi ya :)

 

Klinik Kecantikan

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus di klinik kecantikan untuk mengatasi masalah ketombe. Biasanya dokter spesialis kecantikan akan memberikan kamu shampoo yang mereka buat sendiri.

Nah disinilah letak perbedaannya, shampoo buatan dokter spesialis kecantikan biasanya jauh lebih ampuh ketimbang shampoo yang beredar di pasaran. Mengapa?

Karena dalam shampoonya ada zat aktif yang sangat ampuh mengusir ketombe.

Mungkin kamu bingung, kalo emang seampuh itu kok gak dijual bebas? Karena tidak diperbolehkan.

Shampoo yang mengandung zat aktif semacam ini harus digunakan di bawah pengawasan dokter ahli.

 

Nah, pertanyaannya sekarang, kalo mau ke klinik kecantikan, mesti ke klinik kecantikan mana?

Well, berikut list klinik kecantikan yang saya rekomendasikan:

  • Erha Clinic – Punya banyak klinik sebagian kota besar di Indonesia. Di Jakarta sendiri, kliniknya ada hampir di tiap daerah
  • Natasha Skin Clinic Centre
  • lainnya menyusul :)

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian ‘melawan’ ketombe!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya :)

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti:

  • Video wawancara saya dengan salah satu Dokter Spesialis Kecantikan dengan topik Ketombe

 

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

28 comments

  1. mbak, kalo saya sudah ganti shampo *** sudah luamayan tp tiba” 4hr kemudian ketombe saya keluar banyak bangettt. dan gatal sekali. kalo saya pakai yg alamu, saya gunakan yg man mbak?

    • @Febby: untuk hasil lebih cepat dan praktis, coba pakai shampoo Selsun kuning. Kalau ketombe masih muncul, coba pakai Selsun Biru yang lebih efektif buat menghilangkan komedo.

  2. Hi klo aku ketombenya numpuk jadi kayak gunung abis itu dikorek jadi berdarah gimana yaaa

    • @Grace: Jangan di garuk gitu, kalo udah luka, nanti sulit di sembuhin. Lakukan perawatan seperti yang telah di anjurkan di atas

  3. Dulu saya gak ª∂a̲̅ ketombenya tapi sejak tinggal dikota surabaya ini saya berketombe
    Saya binggung setiap hari memikirkan bagaimana cara agar bebas dari ketombe lagi
    Cara yang mana yang harus saya lakukan dok

  4. Aku kan sekarang sudah memakai sampo merang… tapi gak begitu mengurangi ketombe saya. Apakah berpengaruh karena saya sampoan 2× seminggu

  5. nice sekali mbak infonya . sekarang2 sih saya lagi nyoba pake jeruk nipis. tapi kalo pakenya jeruk nipisnya setiap hari kira2 baik nggak mbak buat rambutnya. ?

  6. Kalo shampoan 2x sehari itu berlebihan apa enggak sih ??

  7. Artikel yang sangat bermanfaat. kira-kira berapa biaya yang harus kita siapkan untuk konsultasi di klinik kecantikan ? soalnya ketombe saya suka balik lagi

  8. dulu saya gak pernah berketombe, tp akhir2 ini saya baru engeh kalau kulit kepala saya berketombe dan gatal sekali. apa ya yg menyebabkan tumbuh ketombe? kalau untuk shampo saya tdk pernah ganti2 sejak dulu. hal ini sangat mengganggu aktifitas.

  9. dok saya hampir tidak ada ketombe, tapi kulit kepala saya suka gatal2 apalagi kalo keringetan. itu kenapa ya ? saya rasa bukan kutu juga

    • @Dinda: Biasanya karena jamur. Gini, kadang kalo kita abis keringetan kita gak/males kramas.
      Nah kalo hal ini terjadi berulang, bisa jamuran kulit kepala
      Itulah yang bikin gatel

      Kalo saran saya, untuk beberapa saat pake shampo selsun, ampuh banget untuk ilangin jamur-jamur gitu
      Kalo udah gak gatel, baru balik ke shampoo yang lama.

      Good luck!

  10. Kalau untuk kulit kepala yang kurang sehat bagaimana? Contohnya borokan gt?

    • @Ochi: Sorry gak bisa kasi jawaban kalo case kamu berat gitu. Mending coba konsultasi dulu ke dokter, siapa tau ada kelainan atau alergi

  11. Kalo mau pesen sampony itu gimana sist ?
    Apa dijual dipasaran ??
    Tq

  12. Air mandi yg kurang bersih berpengaruh gak menimbulkan ketombe?

  13. KETOMBE BSA JUGA PAKE LIDAH BUAYA GAK ?

  14. Lengkap sekali, jadi tahu penyebab masalah ketombe. Terima kasih atas artikelnya Mas, ini menjadi inspirasi buat saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>