Cara Menghilangkan Stress

Setiap orang baik besar, kecil, tua muda, anak-anak, dewasa, para pelajar, pera pekerja, orang dengan kemampuan ekonomi rendah, maupun orang yang berkemampuan financial mumpuni tentunya memiliki masalah sendiri-sendiri dan masing-masing juga memiliki cara untuk mencari solusinya.

Meskipun setiap masalah umumnya memiliki jalan keluar, namun pada saat proses menuju solusi tersebut bukan tidak mungkin akan tertanam dibenak dan akan selalu memikirkan masalah tersebut sehingga pada akhirnya menimbulkan stress.

Jika stress terus dibiarkan, bukan tidak mungkin akan memberikan dampak negatif yang lebih parah terhadap kesehatan atau kecantikan. Apa saja?

Sebelum membahas dampak stress, ketahui terlebih dahulu cara mengatasinya.

  • Istirahat
  • Hibur diri
  • Olahraga
  • Meditasi
Usahakan untuk tidur yang cukup minimal 7 – 8 jam per harinya,terlebih saat Anda mengalami stress. Tidur yang cukup dapat membuat fisik Anda menjadi lebih fit dan juga membuat pikiran Anda menjadi jauh lebih segar dari sebelum Anda tidur.

tidur

Alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghibur diri, salah satunya dengan memenuhi hobi. Sebut saja dengan mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, melukis, menjahit, atau bisa dengan berlibur ke tempat-tempat yang tenang.

dengar musik

Anda sedang mengalami stress? Jika iya, tidak ada salahnya jika Anda melakukan olahraga. Selain dapat membantu menghilangkan stress, berolahraga juga dapat memberikan manfaat seperti menghindari penuaan dini, menghindari penyakit jantung, menurunkan berat badan, atau lain sebagainya.

olahraga

Pengaturan pernafasan pada saat meditasi akan mempengaruhi pernafasan dan peredaran darah secara langsung, sehingga secara otomatis tubuh akan terasa lebih rileks dan pikiran akan jauh lebih tenang.

Meditasi juga bisa mengendalikan nafsu makan dan mengurangi ketergantungan terhadap rokok, obat-obatan, atau lain sebagainya.

meditasi



Apa saja dampaknya?

Kesehatan

Penyakit jantung

Stress umumnya dapat meningatkan tekanan darah, denyut jantung, dan memudahkan proses pembekuan darah sehingga bisa menjadi pemicu serangan jantung.

Volume otak menyusut

Penelitian membuktikan bahwa stress dapat membuat volume otak menyusut sehingga akan mengurangi kemampuan emosional, kejiwaan, atau daya ingat otak.

Sakit kepala

Pada saat stress, pembuluh darah pada bagian kepala akan melebar dan membuat otak saraf berdenyut lebih kencang. Kencangnya denyutan menjadi pemicu rasa sakit kepala.

Kanker dan gangguan imun

Sistem imun dirancang untuk melindungi tubuh dari bahaya langsung. Stress kronis dapat merusak sistem imun dan menghambat kerja istem imun, sehingga dapat menyebabkan kanker atau masalah kesehatan lainnya.

Kecantikan

Uban

Memiliki uban memang akan dialami setiap orang, terlebih pada saat penuaan. Akan tetapi, coba Anda perhatikan tak jarang pula orang yang masih muda atau remaja memiliki uban. Ini bisa jadi dampak dari stress.

Rambut rontok

Rambut rontok yang tak terkendali tanpa diketahui penyebab yang pasti bisa jadi merupakan dampak stress. Stress dapat memicu ketidakseimbangan hormon sehingga menimbulkan kerontokan rambut.

Botak prematur

Tak jarang kita melihat para pria yang masih muda mengalami botak prematur. Alasannya bisa jadi karena pekerjaannya yang berat dan penuh dengan tekanan dan stress.

Jerawat dan keriput

Stress akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Ketidaseimbangan ini akan menimbulkan jerawat serta menghambat produksi kolagen yang akhirnya dapat membuat kulit menjadi keriput.



Bagaimana cara menghindari stress?

Mengingat dampak yang ditimbulkan stress begitu menghawatirkan, sangat disarankan bila Anda menjauhi masalah yang satu ini. Caranya?

  • Jangan menunda pekerjaan. Semakin sering menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pula pekerjaan tersebut. Menumpuknya pekerjaan akan membuat Anda bingung untuk mendahulukan pekerjaan yang mana dan bisa jadi dapat menimbulkan stress.
  • Jangan memendam masalah sendiri. Apa pun masalah yang Anda hadapi, jika Anda merasa tidak sanggup untuk menyelesaikannya sangat disarankan untuk membicarakannya dengan keluarga atau orang yang Anda rasa paling tepat. Paling tidak beban pikiran Anda agak sedikit berkurang.
  • Terima diri apa adanya. Hal yang terkadang membuat orang stress adalah tidak bisa menerima diri apa adanya entah dari bentuk tubuh, wajah, atau lainnya. Dengan kata lain, ia terus menerus memikirkan target untuk tampil perfeksionis atau sempurna.
  • Lakukan refreshing. Stress umumnya disebabkan karena pikiran yang ruwet dan suasana hati yang penat. Untuk dapat menghindarinya, Anda bisa melakukan penyegaran dengan cara berlibur ke tempat-tempat yang tenang atau seru.

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam menghilangkan stress!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang meminimalisir stress dalam kehidupan atau dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilih-Pilih Bulu Mata Palsu

Penampilan menjadi nomor satu bagi para wanita, utamanya dalam hal penampilan wajah. Para wanita ingin ...