Cara Merawat Kuku

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa kuku tidak perlu dirawat secara rutin karena perawatan kuku tidaklah penting. Apakah kamu punya opini yang sama? Jika iya, tahukah kamu jika opinimu itu salah? Perlu diketahui bahwa kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang terbilang cukup lembut dan penuh dengan syaraf. Ia juga mempertinggi daya sentuh sehingga kamu bisa lebih merasakan apa yang kamu sentuh.

Coba bayangkan jika kukumu pecah dan mengelupas sehingga ia terlihat jelek, apakah kamu cukup percaya diri dengan kondisi tersebut? Maka dari itu ubah opinimu dan mulailah rawat kukumu dengan rajin. Kamu bisa menggunakan layanan pedicure dan manicure di salon terdekat. Bagaimana jika kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk menggunakan layanan tersebut? Apakah itu berarti kamu tidak dapat merawat kukumu? Tentu saja jawabannya tidak. Ada beberapa cara alami untuk merawat kuku agar ia terlihat sehat, bersih dan kuat. Apa sajakah cara alami tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini:

Menggunakan bahan alami ini untuk membersihkan dan menyehatkan kuku

  • Belimbing wuluh
  • Lidah buaya
Belimbing wuluh bermanfaat untuk memperkuat kuku dan membersihkan kotoran di sela-sela dan kulit luar kuku. Cara menggunakannya adalah dengan menggosokan potongan belimbim wuluh pada kukumu secara perlahan. Setelah selasai,tunggu beberapa menit lalu bilas kuku dengan air bersih.

belimbing wuluh

Sama dengan manfaat blimbing wuluh, lidah buaya juga bermanfaat untuk memperkuat dan membersihkan kuku. Cara menggunakannya juga sama yaitu dengan menggosokkan potongan lidah buaya pada kuku. Lakukan cara ini secara rutin, minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

lidah buaya d



  • Lemon
  • Bawang putih
  • Madu
Keluar rumah dengan kuku yang terlihat kuning akan merusak penampilanmu. Untuk mengembalikan warna normal kukumu, gunakan lemon. Caranya? Siapkan beberapa sendok makan air perasan lemon dan campurkan dengan pasta gigi. Aduk rata, lalu oleskan pada kuku. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hangat. Caranya tidak secara instan merubah tampilan kuku. Perlu beberapa hari atau minggu untuk mendapatkan kembali warna kuku yang normal.

lemon b

Bawang putih berguna untuk memperkuat kuku. Adapun cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih lalu mengoleskannya pada kuku dengan merata. Tunggu sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

bawang putih

Madu kaya akan nutrisi tidak hanya untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut, tapi juga kesehatan kuku. Kegunaannya sendiri untuk kuku adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku, sehingga kuku tidak kering dan kurang nutrisi. Cara menggunakannya adalah siapkan dua sendok makan madu. Masukkan ke dalam panci lalu campur dengan dua sendok makan minyak zaitun. Panaskan campuran tersebut hingga tercampur rata. Setelah selesai, campurkan bahan tersebut dengan kocokan telur dan oleskan pada kuku secara merata. Tunggu 10-15 menit lalu cuci kukumu. Lakukan cara ini setidaknya dua kali seminggu.

madu d




Di samping melakukan perawatan kuku dengan bahan-bahan alami, ada baiknya juga untuk melakukan perawatan kuku dari dalam. Caranya adalah:

  1. Perbanyak minum air putih. Dengan melakukan ini kuku tidak akan cepat terlihat kering.
  2. Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Contohnya, kacang, brokoli, kangkung, bayam, ikan sarden, ikan pari, apel merah, strawberi, nanas, pepaya, alpukat, anggur, manga, dan manggis.
Adapun beberapa hal yang harus dihindari jika ingin kukumu tetap sehat dan kuat adalah:
Membiarkan kuku menjadi panjang. Kuku yang panjang mungkin terlihat bagus untuk sebagian besar orang. Namun, perlu diketahui bahwa bakteri dan kotoran akan cepat menempel pada kuku tersebut. Di samping itu, kuku juga akan rentan patah dan rapuh.
Tidak memakai sarung tangan, khususnya ketika memegang bahan kimia. Jika setiap hari kukumu bersentuhan langsung dengan bahan-bahan kimia, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan. Jika tidak, kuku akan cepat rapuh dan kering.
Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar cara mempercantik kuku

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilih-Pilih Bulu Mata Palsu

Penampilan menjadi nomor satu bagi para wanita, utamanya dalam hal penampilan wajah. Para wanita ingin ...