Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Dengan catatan, diet yang dilakukan adalah diet sehat.

Diet untuk ibu menyusui sebetulnya sedikit memiliki kesamaan dengan diet-diet pada umumnya. Hanya saja, diet yang dilakukan haruslah hati-hati dan teliti. Hal ini tidak lain mengingat para ibu harus tetap memberikan gizi dan nutrisi maksimal melalui ASI yang diberikan pada anak meskipun dalam program diet.

Survey menunjukkan bahwa ibu menyusui mampu membakar kalori sekitar 300-500 kkal per hari. Ini berarti ibu menyusui mampu memicu menurunkan berat badannya. Tapi tidak semua ibu menyusui mengalami hal demikian, ada yang justru memiliki tubuh yang bertambah lebar saat menyusui.

Bagaimana melakukan diet sehat untuk ibu menyusui?

 

Perbanyak konsumsi zat besi

Zat besi tidak hanya bermanfaat untuk membantu pembentukan hemoglobin dan fungsi otak si kecil, zat besi juga sangat membantu dalam program diet Anda. Apa saja makanan yang mengandung zat besi?

 

 

Daging merah

Daging bisa Anda masukkan ke dalam daftar makanan Anda selama program diet. Sebab, daging memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dengan catatan, pastikan untuk memilih daging merah tanpa lemak.

Daging merah

Telur

Tidak hanya mengandung banyak mineral dan vitamin, telur juga mengandung zat besi. Telur juga digadang-gadang menjadi salah satu makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama ketimbang protein gandum.

Telur

 

 

 

Bayam

Sayur yang tidak hanya nikmat untuk ditumis, tetapi juga bayam juga nikmat untuk dilalap bersama sambal ini ternyata mengandung vitamin A untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan mata. Di sisi lain, sayur berdaun hijau ini juga mengandung banyak zat besi di dalamnya.

bayam

Daun singkong

Lalapan daun singkong atau sayur santan daun singkong juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar makanan saat Anda diet. Tidak hanya memiliki kandungan zat besi yang tinggi, daun singkong juga mengandung protein, vitamin A dan C.

daun singkong

 

Perbanyak konsumsi protein

Selain ibu menyusui pun disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein untuk menyeimbangkan antara diet dengan kesehatan sangat anak. berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan protein.

  • Lauk pauk
  • Kacang-kacangan

Tahu

Tahu tentu makanan yang bisa dengan mudah kita dapatkan. Perlu Anda ketahui, tahu juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar makanan Anda. Sebab, tahu bisa menjadi alternatif pengganti protein hewani.

Tahu

Ayam tanpa kulit

Di sisi lain, Anda juga bisa mengkonsumsi ayam tanpa kulit yang faktanya mengandung banyak protein. Usahakan dalam penyajiannya tidak digoreng karena mengandung banyak lemak, akan lebih baik jika membuatnya menjadi sup yang dicampur dengan sayur-sayuran segar.

Ayam tanpa kulit

Kacang polong

Kacang polong bisa Anda masukkan ke dalam campuran sup atau dimakan sebagai camilan. Sebab, dengan mengkonsumsi kacang polong, kebutuhan protein akan terpenuhi. Tidak hanya protein, tetapi juga kacang polong mengandung asam folat, asam amino, vitamin K, dan lain sebagainya.

Kacang polong

Kacang merah

Sebagai camilan, Anda bisa mengkonsumsi bubur yang terbuat dari kacang merah. Hal ini dikarenakan protein yang terkandung dalam kacang merah cukup tinggi. Selain daripada itu, kacang merah juga mengandung fosfor, magnesium, dan vitamin B. Kabar baik lainnya, kacang merah rendah garam dan kalium.

Kacang merah

 

Perbanyak minum air putih

Ibu menyusui tentunya membutuhkan cairan yang banyak, bukan? Nah, cairan itu bisa didapatkan dengan memperbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Memperbanyak air putih juga akan memberikan manfaat untuk penurunan berat badan. Tak hanya itu saja, tetapi juga air putih bisa memperlambat penuaan.

minum air putih

 

Perbanyak konsumsi buah-buahan

Buah tidak hanya memberikan ibu menyusui kesegaran, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi si anak. Di sisi lain, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga sangat membantu program diet sehat.

bluberi2Bluberi. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi buah bluberi sebagai jus. Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin, tetapi juga kaya akan mineral dan karbohidrat yang dapat menjaga tingkat energy.

 

jerukJeruk. Ibu menyusui bisa dipastikan sangat memerlukan vitamin C yang salah satunya terkandung dalam buah jeruk bahkan kebutuhannya bisa melebihi ibu hamil.

 

pepayaPepaya. Pepaya merupakan buah yang kaya akan air. Ini tentunya akan membantu memperlancar asi. Pepaya juga buah yang rendah kolesterol.

 

 

Pastikan untuk berolahraga

aerobicMeskipun Anda seorang ibu menyusui, tidak menutup kemungkinan untuk rutin berolahraga. Gerakan yang dilakukan dalam olahraga tentunya akan membantu pembakaran lemak dalam tubuh Anda. So, ini membantu program diet Anda, bukan?

Olahraga yang bisa Anda lakukan cukup olahraga yang sederhana saja seperti halnya lari pagi, naik turun tangga, aerobic, renang, dan lain sebagainya.

 


lIlustrasi Pola Makan untuk Diet Sehat Ibu Menyusui

Makan pagi

  • Roti gandum atau bubur gandum
  • 1 gelas jus jeruk atau 1 gelas susu rendah lemak

Ketika jam 10 sudah merasa lapar, snack yang bisa dipilih adalah yoghurt atau kacang hijau.

Makan siang

  • Nasi
  • Sayur sup
  • Ikan salmon
  • Jus buah
Jam 4 bisa mengkonsumsi snack almond atau buah-buahan segar.

Makan malam

  • Nasi
  • Daging tanpa lemak yang dipanggang
  • Sayur bayam dan kentang rebus

Ketika jam 9 terasa lapar, Anda pun bisa mengkonsumsi pisang, apel, jeruk, atau lainnya.

 

Pantangan

Demi kesehatan Anda dan sangat buah hati serta untuk menyempurnakan program diet Anda, usahakan untuk menghindari beberapa hal berikut ini:

  • Konsumsi junk food
  • Konsumsi kafein
  • Konsumsi obat diet
  • Konsumsi makanan mengandung gas tinggi seperti kubis, kembang kol, tauge, dan lain-lain.

 

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang olahraga yang ideal untuk ibu menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*