Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Soft Lens

Saat ini, ada banyak orang yang menggunakan lensa kontak untuk:

  1. Mempercantik penampilan mata
  2. Mengikuti trend
  3. Membantu kinerja mata (untuk mata rabun)

Produk ini dijual di optik-optik dengan kisaran harga sebesar 100 ribu-400 ribu rupiah atau bisa lebih. Bahan dasar dari produk ini sendiri adalah:

  1. Hydrogel/silicon
  2. PMNA (Polimethil Metacrylat).

Yang terbaru, di Amerika ada soft lens yang terbuat dari berlian dan emas yang dijual dengan harga lebih dari 180 juta rupiah.

Berbicara soal lensa kontak, banyak orang berpendapat bahwa menggunakan soft lens lebih memuaskan dan menguntungkan jika dibandingkan dengan memakai kacamata. Namun, ada juga sebagian kalangan beropini bahwa menggunakan lensa kontak memiliki resiko tersendiri sehingga mereka lebih memilih berkacamata. Sebenernya kedua opini ini memang benar. Perlu diketahui bahwa ada kelebihan dan kekurangan apabila menggunakan soft lens seperti yang dijelaskan berikut ini:

soft lens

Kelebihan

Membuat penglihatan lebih baik

Membuat ketajaman mata kembali membaik adalah fungsi utama dari lensa kontak. Sistem kerjanya sama seperti menggunakan kacamata. Yang membedakannya hanya kemudahan dan keleluasaan dalam bergerak. Misalnya, jika Anda suka bermain sepakbola, sudah pasti menggunakan kacamata saat bermain bola bukanlah hal yang baik. Bayangkan bagaimana jika bola mengenai wajah dan kacamata Anda. Serpihan kaca bisa saja melukai wajah atau mata Anda. Sebaliknya, jika menggunakan lensa kontak, Anda bisa leluasa bergerak tanpa harus takut dengan keamanan mata.



Menambah kepercayaan diri

Saat ini, soft lens dijual dengan berbagai variasi warna, seperti merah, biru, hijau, kuning, orange, dan lain sebagainya. Bagi pengguna yang ingin tampil modis seperti model atau artis luar negeri yang memiliki mata biru atau cokelat, menggunakan soft lens bisa menjadi solusi tepat. Tak heran ada banyak orang di luar sana yang menggunakan lensa kontak untuk tampil keren dan menambah kepercayaan diri mereka.

Membantu pengguna melakukan rutinitas harian

Tak dapat dipungkiri, lensa kontak menjadi produk yang sangat bermanfaat untuk sebagian orang yang memiliki profesi sebagai seorang penari, penyanyi, aktor, pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Menggunakan lensa kontak membuat mereka bisa melakukan tugas mereka dengan baik tanpa harus khawatir dengan jarak pandang mereka.

Kekurangan

Mengalami penyakit mata

Kebanyakan pengguna hanya mengetahui bahwa mata perih adalah efek samping satu-satunya yang bisa ditimbulkan oleh produk ini. Sebenarnya anggapan tersebut tidaklah benar karena masih ada banyak penyakit mata yang bisa ditimbulkan, seperti noda kornea dan kornea edema. Di samping itu, sebuah jurnal yang bernama Jurnal of Medical Microbiology pernah mempublikasikan bahwa soft lens mengandung acanthamoeba yang merupakan tipe protozoa di tanah dan air bersih. Protozoa ini dapat menyebabkan amoebic keratitis (infeksi mata). Dalam jangka waktu yang lama, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.



Membutuhkan perawatan ekstra

Selain harganya yang mahal, produk ini juga membutuhkan perawatan ekstra. Anda harus membersihkannya setiap kali memakainya dan menyimpannya di tempat yang bebas bakteri. Jika Anda orang yang jorok dan malas bersih-bersih, sudah pasti produk ini dapat membuat mata Anda cepat mengalami infeksi.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya :)

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru mengenai cara menebalkan bulu mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Mencabut Bulu Ketiak

Memiliki bulu ketiak yang lebat bukanlah hal yang menyenangkan karena bisa membuat seseorang merasa kurang ...