Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun saat ini, buah yang mengandung banyak manfaat ini bisa ditemukan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Di tanah air sendiri, ada dua jenis buah naga yang dibudidayakan, yaitu buah naga merah dan putih. Buah naga merah sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan buah naga putih sehingga banyak orang lebih menyukai buah naga merah. Di Indonesia sendiri, buah ini banyak dihasilkan di kota Banyuwangi.

Cara tanam

  1. Siapkan beberapa pot untuk ditanami buah naga.
  2. Sediakan tiang panjat untuk menyangga cabang produksi tanaman ini.
  3. Siapkan media tanam: pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos. Perbandingannya 2:1:3:1.
  4. Siram media dan diamkan selama 24 jam.
  5. Tanam bibit dengan kedalam 30 cm dan tekan media tanam disekitar bibit agar bibit tidak roboh.
  6. Letakkan pot di tempat terbuka agar tanaman terkena sinar matahari secara langsung.
  7. Pupuk tanaman minimal sekali seminggu dengan menggunakan pupuk kandang atau organik.

Note: bibit diambil dari cabang batang buah naga yang sudah tua. Pastikan tidak ada bagian yang busuk atau berpenyakit supaya dapat tumbuh dengan maksimal.

Harga

Oya, buah ini dijual dengan harga bervariasi per kilonya, mulai dari Rp 17.000 sampai Rp. 40.000. Jelas harga yang cukup mahal sebanding dengan beragam manfaat yang ditawarkan.

Bicara soal manfaat buah naga, dalam bidang kecantikan, buah ini sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Ada yang membuatnya menjadi jus, ice cream, masker, atau dimakan langsung. Perlu diketahui bahwa ada segudang manfaat buah naga untuk kecantikan, seperti:

buah nagaBicara soal manfaat buah naga, dalam bidang kecantikan, buah ini sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Ada yang membuatnya menjadi jus, ice cream, masker, atau dimakan langsung. Perlu diketahui bahwa ada segudang manfaat buah naga untuk kecantikan, seperti:



Menghaluskan dan melembabkan kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kasar dan kering, Anda bisa mengoleskan buah naga yang sudah dihaluskan ke seluruh kulit. Manfaat ini bisa didapat berkat adanya vitamin B3 yang terkandung di dalam buah ini. Vitamin ini berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit yang kasar. Cara menggunakannya sendiri adalah haluskan satu buah naga dan campurkan setengah gelas air putih. Setelah halus, buang ampasnya dan kemudian oleskan pada kulit Anda. Lakukan cara ini minimal 1 minggu sekali guna mendapatkan hasil optimal.

Mencegah penuaan dini

Wajah berkeriput dan terlihat lebih tua 5 tahun dari umur sebenarnya? Ini masalah besar karena dapat merusak penampilan dan kepercayaan diri. Namun, tidak perlu khawatir karena buah naga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini tak terlepas dari kandungan vitamin E dan betacoratene dalam buah ini. Selain rajin minum jus buah naga atau mengkonsumsinya secara langsung, Anda juga bisa menjadikannya masker kulit. Caranya? Haluskan satu buah naga yang sudah dibersihkan. Campurkan setengah cangkir air dan 1 sendok yougurt lalu aduk hingga merata. Langkah selanjutnya adalah mengoleskan campuran tersebut ke wajah dan leher secara merata. Setelah selesai, jangan langsung dibilas. Tunggu hingga 30 menit agar ekstrak buah ini meresap ke dalam kulit. Baru, setelah itu bilas dengan air hangat. Sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan ini satu minggu sekali.

buah naga merah

Mencegah dan menghilangkan jerawat

Setelah menggunakan masker buah naga selama lebih kurang satu bulan, wajah kakak perempuanku mulai bersih dari jerawat. Yup, kandungan vitamin B3, E, dan betacarotene dari buah ini dapat membunuh kuman pada kulit sehingga pori-pori mengecil dan wajah bebas dari jerawat. Cara penggunaannya sama, yaitu buah naga dihaluskan dan dicampur setengah gelas air, lalu oleskan pada seluruh bagian wajah.

Menyembuhkan luka bakar pada kulit

Apakah hal ini memang benar? Tentu jawabannya iya. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan buah ini? Caranya adalah ambil air dari buah naga yang sudah diperas. Tambahkan satu sendok mau dan air mentimun. Aduk semua bahan hingga merata dan kemudian oleskan pada luka bakar. Mungkin akan terasa sedikit perih, tapi rasa dingin akan terasa setelahnya. Jangan bersihkan luka sebelum campuran tersebut mengering. Untuk mendapatkan hasil maksimal, oleskan campuran ini dua kali sehari.



Melindungi kulit dari sinar UV

Di negara tropis, seperti Indonesia, sengatan matahari akan sangat terasa di kulit ketika keluar rumah atau bekerja di tempat terbuka. Tak heran jika ada saja kasus kanker kulit akibat sering terkena sinar matahari. Sebenarnya masalah ini dapat dicegah jika sebelum keluar rumah, kulit sudah diolesi oleh krim tabir surya. Nah, di sini, buah naga bisa juga menjadi tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV. Caranya pemakaiannya gampang, tinggal ambil perasan air buah naga dan oleskan ke seluruh bagian kulit, termasuk wajah. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ekstrak buah naga akan meresap ke dalam kulit dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang khasiat daun sirsak untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Tindik Bagian Tubuh

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna ...