Melakukan Scrub Wajah

Wajah kusam dan kasar serta pori-pori yang besar dapat memudahkan timbulnya jerawat dan komedo. Untuk mencegah masalah ini, disarankan untuk melakukan scrub wajah yang bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, membersihkan debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan menghilangkan minyak berlebih. Scrubbing bisa dilakukan dengan menggunakan produk facial scrub atau scrub alami.

Berapa kali sebaiknya perawatan ini dilakukan?

Idealnya satu kali dalam dua minggu. Mengapa? Apabila menggosok wajah dilakukan terlalu sering justru tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini dapat membuat wajah kering dan cepat kusam. Alasan lain mengapa hal ini dilakukan sekali dalam dua minggu adalah proses regenerasi kulit secara normal terjadi 14 sampai 21 hari. Sayangnya, gaya hidup dan makanan kaya lemak jenuh yang dikonsumsi menghambat proses regenerasi kulit sehingga sel-sel kulit mati kian menumpuk. Oleh sebab itulah perlu menggosok kulit satu kali dalam dua minggu.

Penting

Perawatan ini tidak boleh dilakukan asal-asalan karena ada etika yang harus dilakukan. Adapun etika menggosok wajah yang baik adalah:

  1. Lakukan scrub wajah pada pagi hari. Alasannya sederhana karena regenerasi kulit terjadi pada malam hari sehingga pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menggosok wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati.
  2. Pilih produk untuk menggosok wajah yang memiliki butiran kecil yang biasanya berasal dari gula, biji jojoba, dan tepung almond
  3. Gosok dengan lembut. Sadari bahwa kulit wajah itu sensitif. Oleh sebab itu, jika scrubbing dilakukan dengan keras dan kasar, kulit wajah akan lecet dan hasilnya pun tidak akan maksimal.



Jangan

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan scrub wajah, seperti:

  1. Hindari asal pilih produk facial scrub. Maksudnya adalah Anda harus mengetahui dulu jenis kulit dan kemudian memilih produk yang cocok dengan jenis kulit. Jika kulit Anda kering, pilihlah produk dengan butiran halus agar tidak melukai wajah. Jika berminyak, pastikan untuk memilih produk yang kadar minyaknya tidak berlebih.
  2. Menggunakan scrub untuk tubuh. You must know this! Menggosok kulit wajah dan tubuh itu tidak sama. Kulit wajah lebih sensitif dan mudah terkena iritasi jika menggunakan scrub untuk tubuh yang cenderung lebih sedikit kasar.

Produk facial scrub

Ada banyak sekali produk facial scrub yang bisa Anda temukan di toko produk kecantikan online dan offline. Meskipun begitu, jangan asal-asalan memilihnya. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan untuk mendapatkan rekomendasi. Jangan lupa juga untuk mencari tahu komentar orang-orang yang pernah memakai produk yang Anda minati. Btw, beberapa produk facial scrub yang bisa dipertimbangkan adalah:

  1. Skin&Lab Vitamin Exfoliator-Facial Scrub
  2. Sariayu Facial Scrub Jeruk
  3. Thow Brightening Gel
  4. Jafra Gentle Exfoliating Scrub
  5. Herbalife Skin7 Instant Reveal Berry Scrub
  6. Tosowoong Black Sugar Scrub
  7. OHUI Clear Science Tender Face Scrub
  8. Himalaya Purifying Neem Scrub
  9. YUFIT SOC Dual Multi Peeling Gel
  10. Jamu Mundisari Mustika Ratu

Scrub Alami

scrub-alamiJika ingin berhemat, silahkan coba scrub wajah alami yang bisa dibuat dari buah strawberry, minyak zaitun, madu, dan bubuk kopi.

Buah strawberry

  1. Hancurkan buah strawberry hingga cukup halus (jangan halus seperti jus).
  2. Campurkan dengan madu dan ratakan.
  3. Oleska pada wajah, tunggu hingga 10-15 menit, dan bilas dengan air bersih.

Minyak zaitun

  1. Campurkan 2-3 sendok minyak zaitun dengan satu sendok teh gula, lalu aduk rata.
  2. Oles dan pijat wajah dengan lembut.
  3. Tunggu hingga 10 menit dan kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.



Madu

  1. Campurkan madu dan gula dengan perbandingan 2:2.
  2. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit sambil pijat ke arah atas.
  3. Cuci bersih wajah dengan air dingin

Bubuk kopi

  1. Ambil satu sendok makan bubuk kopi dan campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun dan satu-dua sendok makan air mineral.
  2. Oleskan campuran ini keseluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit
  3. Bilas wajah sampai bersih

Ingat, dibutuhkan ketekunan dalam menggunakan scrub alami. Di samping itu, untuk melihat hasilnya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Masker Lumpur

Pada umumnya, para wanita sangat suka menggunakan masker buah, seperti alpukat, lemon, mentimun, dan lain ...