Mengatasi Badan Bungkuk

  • Pertambahan usia
  • Cacat bawaan
  • Duduk dalam postur yang salah
  • Beban yang dibawa terlalu berlebihan
  • Postur yang terlalu tinggi

Badan bungkuk

beberapa penyebab badan dari bungkuk. Untuk kasus pertambahan usia dan cacat bawaan, memperbaikinya relatif sulit terkecuali untuk penyebab yang lainnya. Adakah kiat-kiat untuk mengatasi badan bungkuk?

 

Latihan fisik

Badan bungkuk berarti ada tulang yang bentuknya tidak sempurna. Untuk itu, bentuk tulang harus kembali disempurnakan atau setidaknya mendekati sempurna dengan latihan fisik. Berikut beberapa latihan fisik yang dianjurkan:

Close-Grip Cable Row

Latihan fisik ini bisa dilakukan berdiri atau duduk. Tata cara melakukannya yakni: berdiri atau tegak dalam posisi yang tegap, lalu tarik cable row. Saat menarik cable row sendiri, kepala, bahu, dan punggung tetap lurus. Hanya kedua tangan yang bergerak ke arah depan dan belakang atau dalam posisi 90 derajat. Sebaiknya tarik beban secara bertahap.

Upper Back Foam Rolling

Tidak begitu berat, tapi latihan fisik ini disinyalir mampu memperbaiki tulang belakang. Bagaimana melakukan latihan fisik ini? Tidur telentang dengan bagian punggung diletakkan foam roller. Letakkan kedua tangan di belakang kepala dan tekuk kedua kaki. Setelah itu, angkat pinggul hingga rata dengan bahu dan tahan 10 – 15 detik, lalu turunkan. Ulangi gerakan tersebut.

Prone Y Extension

Latihan fisik untuk memperbaiki bentuk tulang belakang ini terbilang simpel dan murah. Hanya butuh matras dan bisa dilakukan di mana saja. Langkah-langkahnya: Ambil posisi telungkup dengan kedua tangan dibuka seperti huruf Y dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu, angkat kedua tangan dan kaki secara bersama dan tahan 5 hingga 10 detik. Ulangi gerakan!



Note:

  • Lakukan latihan fisik dengan disiplin minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Pastikan pengulangan latihan dilakukan secara bertahap. Untuk pemula, bisa melakukan pengulangan 8 kali setiap latihan per jenis latihan fisik.
  • Iringi pula dengan pola hidup yang tepat, seperti yang dijelaskan di bawah.

 

Mencegah badan bungkuk

Tulang belakang yang sudah tidak sempurna, akan sulit untuk mengembalikannya. Jadi, jangan sampai badan bungkuk membuat Anda tidak percaya diri! Mending cegah dari sekarang 😀

Duduk

duduk yang baik

Mereka yang seharian bekerja menghadapi komputer sangat rentan terkena masalah yang satu ini. Kendati demikian, semua itu bisa dicegah jika cara duduk tepat. Disarankan untuk menarik panggul hingga ke bagian belakang kursi dan tempelkan punggung ke sandaran kursi agar tulang punggung tetap lurus. Pastikan pula kedua kaki tetap berada di bawah (tidak disilang ke atas) untuk menghindari varises (lebih lanjut tentang penyaki ini, klik di sini).



Berjalan

Punya badan yang tinggi acap kali membuat sebagian orang kurang percaya diri. Tak heran banyak dari mereka yang berbadan tinggi justru bungkuk, salah satunya karena merasa malu dan terbiasa berjalan menunduk. Ingat, badan tinggi itu bagus. So, jalan tegap dan jangan pernah malu dengan kondisi fisikmu 🙂 Berat badan kurang sehingga seperti tiang listrik? Cari tahu cara menambah berat badan di sini!

Bawa tas

Khususnya anak-anak sekolah, mereka tak segan membawa daftar pelajaran satu minggu. Tujuannya agar tidak repot setiap pagi harus menyusun buku pelajaran untuk daftar harian. Memang lebih praktis, tapi cara demikian bakal buat badan bungkuk karena selalu menopang beban yang berat. Tipsnya, bawa buku-buku yang terbilang ringan di tas. Untuk buku yang berat karena ketebalannya, sebaiknya dibawa dengan tangan.

 

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam mengatasi badan bungkuk!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang kaki O & X.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Selain muncul di wajah, ternyata jerawat bisa juga muncul di punggung lho. Wah, masalah kulit ...