Mengatasi Kaki Kapalan

kapalan

  • Menggunakan alas kaki yang terlalu sempit
  • Memakai high heels terlalu sering

menjadi dua penyebab umum kapalan. Kapalan merupakan penebalan kulit pada tumit atau jari-jari kaki. Wajah cantik, kaki kapalan? Owhhhh, gak banget… 😀

 

Lantas, lakukan apa untuk mengatasi kaki kapalan?

Pepaya mentah

pepaya mentah

Terasa sangat menyegarkan di tenggorokan hingga perut kalau mengkonsumsi pepaya. Di samping itu, teksturnya yang licin menjadikan pepaya sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Saat masih mentah pun, pepaya juga punya khasiat. Benarkah? Yup, khususnya bagi yang mengalami kapalan pada kakinya bisa mencoba menempelkan pepaya mentah yang telah dihaluskan.

 

Bawang putih

Bawang Putih

Terasa kurang sedap suatu masakan tanpa diberi bawang putih. Lebih dari itu, bawang putih juga sangat berperan penting dalam dunia kecantikan utamanya bagian kaki. Punya kapalan di kaki? Coba haluskan bawang putih, lalu tempelkan pada bagian kaki yang kapalan. Bisa juga dengan menggosok-gosokkan bawang putih yang sudah dikupas pada kaki yang kapalan.



Kentang

Kentang

Bagi pemilik asam lambung, kentang menjadi sahabat terbaik. Begitu pula bagi yang memiliki kapalan di kaki karena kentang bisa menghaluskan kaki yang kapalan. Caranya? Sama dengan bahan alami sebelumnya, di mana pengaplikasiannya dengan cara diparut atau dihaluskan baru kemudian ditempelkan pada kaki yang kapalan.

 

Batu apung

Batu apung

Sudah tidak asing lagi bukan dengan batu apung? Batu apung merupakan batu yang memiliki permukaan tidak rata, tidak halus, atau banyak lubang. Inilah yang membuatnya permukaannya menjadi sangat kasar apabila dipegang. Akan kondisi ini, tak heran kalau batu apung digunakan sebagai salah satu media untuk menghaluskan kaki kapalan. Kasar bertemu kasar, bakal saling bergesekan untuk menghaluskan.

 

Air hangat

Air hangat

Senggang waktu, coba untuk merendam kedua kaki dalam bak yang berisi air hangat. Setelahnya gosokkan dengan ikat atau scrub atau bisa jugab atu apung. Bisa juga dengan merekatkan kulit nanas setelah berendam di air hangat. Berapa lama kedua kaki direndam? Perendaman dilakukan selama lebih kurang 20 menit.



Mencegah kapalan

sepatu yang pas

  • Pilih sepatu yang pas di kaki, tidak terlalu longgar karena sulit berjalan dan juga tidak terlalu sempit karena bakal memicu kapalan
  • Gunakan high heels tidak terlalu sering
  • Pakai kaus kaki jika diperlukan
  • Pakai pelembab, minyak, atau lotion yang mengandung vitamin E dan C

Kapalan bisa dialami oleh siapa aja, termasuk Anda yang punya penyakit diabetes. By the way, bagaimana pengobatan untuk mengatasi kapalan untuk penderita diabetes? Kalau menggunakan bahan alami tidak berhasil, silakan konsultasikan ke dokter terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam mengatasi kapalan pada kaki!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang mata ikan pada kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Kecantikan kaki merupakan hal penting yang diperhatikan oleh setiap orang khususnya wanita. Salah satu masalah ...