Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Kecantikan kaki merupakan hal penting yang diperhatikan oleh setiap orang khususnya wanita. Salah satu masalah terbesar pada kesehatan dan kecantikan kaki yang lazim ditemui adalah tumit pecah-pecah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan tumit pecah-pecah ini. Selain karena faktor genetik, penyebab umum lainnya adalah pemakaian sandal/sepatu yang tidak sesuai.

  • Mungkin, high heels Anda terlalu sempit sehingga tumit kaki terasa sakit?
  • Selain itu, telapak kaki Anda mungkin kekurangan udara karena terkurung dalam sepatu terlalu lama.

Btw, yang rentan mengalami tumit pecah-pecah adalah pemilik kulit kering.

 

Cara perawatan untuk tumit pecah-pecah

tumit pecah-pecah2Ada beberapa langkah-langkah perawatan yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah ini, yakni:

  • Saat Mandi
  • Foot Lotion
  • Alas Kaki

Membersihkan dan menggosok telapak kaki setiap mandi.

Jangan abaikan bagian kaki Anda saat mandi. Pastikan Anda juga membersihkan telapak kaki seperti halnya bagian tubuh lainnya. Gosok telapak kaki, khususnya bagian tumit, secara perlahan dengan menggunakan sabun. Gunakan sikat berbulu halus yang didesain khusus untuk perawatan kaki khususnya setelah Anda melakukan kegiatan di luar ruangan. Lakukan hal ini 2x sehari, setiap mandi di pagi dan sore hari.

Menggunakan foot lotion/pelembab.

Penyebab utama mengapa tumit kaki Anda pecah-pecah yaitu karena kulit kering. Untuk itu, gunakan foot lotion atau pelembab kaki agar kulit lembab. Pastikan untuk pilih produk yang sudah terpercaya dan terbukti khasiatnya serta tidak memiliki efek samping. Lakukan ini sebelum mulai beraktivitas serta pada malam hari (sebelum tidur). Setelah itu, gunakan kaus kaki berbahan lembut untuk menjaga kelembabannya.

Memakai alas kaki saat berjalan di tempat, kotor, kasar, atau becek.

Jangan biarkan telapak kaki Anda menyentuh permukaan yang kotor, kasar, dan becek secara langsung karena ini malah akan memperburuk kecantikan dan kesehatan kaki. Anda harus menggunakan sandal atau sepatu yang pas untuk melindungi kaki, terutama bagian tumit. Jika tidak sengaja menginjak area yang kasar, berbatu, berpasir atau becek, segera cuci kaki Anda dengan menggunakan sabun badan. Jangan gunakan sabun cuci piring atau cuci baju.


Solusi Tumit Pecah-pecah

merawat Tumit Pecah-PecahAda banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tumit pecah-pecah. Berikut beberapa diantaranya yang sudah terbukti keefektifannya:

  • Air Hangat-hangat Kuku
  • Batu Apung
  • Alpukat atau Pisang

Merendam telapak kaki di air hangat-hangat kuku.

Cara paling tradisional untuk menghilangkan permukaan kulit yang kasar dan pecah-pecah pada tumit atau bagian telapak kaki adalah merendamkannnya di air hangat-hangat kuku.

Cara ini cukup efektif karena air hangat-hangat kuku akan mengangkat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang mengakibatkan permukaan tumit menjadi kering dan kasar.

Lakukan ini setiap hari selama 15 menit lalu keringkan dengan menepuk-nepuk telapak kaki menggunakan handuk lembut.

 

 

Menggosokkan telapak kaki dengan batu apung.

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggosokkan telapak kaki menggunakan batu apung. Teknik ini terbukti ampuh karena batu apung dapat menghilangkan sel kulit mati. Untuk hasil maksimal, gosokkan batu apung saat mandi ke bagian yang pecah-pecah dan kering setiap hari.

Saya sarankan untuk lakukan saat mandi sore hari karena kita umumnya memiliki waktu lebih banyak dibanding pagi hari.

 

 

Mengoleskan alpukat atau pisang.

Cara efektif lainnya untuk mengatasi tumit pecah-pecah yaitu menggunakan bahan alami sebagai “lulur” kaki. Alpukat dan pisang adalah dua bahan alami yang biasa digunakan untuk memberi kelembaban dan melembutkan permukaan telapak kaki yang kasar.

Anda dapat memilih antara alpukat dan pisang sebagai bahannya.

  • Haluskan alpukat atau pisang dengan menggunakan penumbuk atau sendok (dengan ditekan-tekan). Jangan gunakan blender karena hasilnya terlalu halus.
  • Setelah itu oleskan pada telapak kaki sembari dipijatkan dengan lembut.
  • Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian mencegah kulit kering di telapak kaki!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya :)

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info seputar memiliki kaki yang indah dan sehat

Klik ‘Like’ di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Mencium aroma kaki yang tidak sedap usai melepas sepatu? Kondisi ini bisa jadi karena produksi ...