Mengecilkan Pori-pori Wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo adalah terbukanya pori-pori wajah dalam waktu yang cukup lama sehingga debu dan kuman bisa masuk ke dalamnya. Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan kulit. Untuk itu, banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk mengecilkan pori-pori mereka guna menghilangkan masalah kulit. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Jika tidak, sangat disarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

mengecilkan pori-pori

Alami

Minum air secukupnya dan konsumsi sayur dan buah

Banyak orang yang bermasalah dengan pori-pori wajahnya langsung mengunjungi klinik kecantikkan untuk melakukan perawatan pengecilan pori-pori. Apa yang mereka lakukan memang tidak salah, tapi cara ini mengharuskan mereka menghabiskan banyak uang. Di samping itu, apapun yang mereka lakukan, pori-pori mereka akan tetap bermasalah selama kesehatan kulit mereka tidak terjaga. Perlu diketahui bahwa kulit yang kurang nutrisi dan kering akan membuat pori-pori mudah terbuka. Untuk itu, hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah minum 8 gelas air per hari dan konsumi sayur dan buah yang kaya serat. Cara sederhana ini mampu membuat kulit mendapatkan banyak nutrisi dan terbebas dari kekeringan.

Jauhi produk-produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia

Mengapa? Alasannya sederhana karena bahan-bahan kimia yang terdapat dalam produk-produk kecantikan dapat membuat kulit kering dan bahkan menyebabkan jerawat. Percuma jika Anda sudah melakukan perawatan kulit yang mahal, tapi tidak ada hasilnya karena kulit wajah terus menerus terkontaminasi oleh zat-zat kimia. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan produk-produk kecantikan berbahan dasar alami, seperti bengkoang, alpukat, lidah buaya, dan lain sebagainya.



Lakukan pengelupasan kulit secara rutin

Tujuan melakukan pengelupasan kulit adalah untuk meremajakan kulit itu sendiri. Perlu disadari bahwa apabila kulit mati terus menerus menumpuk, pori-pori kulit akan mudah terbuka dan kuman dan kotoran akan mudah masuk ke dalamnya. Adapun cara pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan cara menggunakan scrub alami atau eksfolian (produk pengelupas kulit) dan membersihkan wajah dengan air hangat sehabis mandi. Sebagai tambahan, gunakan pelembab alami setelah melakukan hal ini guna menjaga kulit dari kekeringan dan iritasi.

Berolahraga

Mungkin terdengar tidak berhubungan, namun sadari bahwa berolahraga selama kurang lebih satu jam tidak hanya melepaskan toksin dari dalam tubuh, tapi juga membantu proses peremajaan kulit. Anda bisa memilih olahraga sederhana atau olahraga favorit dalam hal ini. Ingat untuk berhati-hati dan melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga guna memperkecil resiko cidera.

Gunakan masker alami

Cara terakhir yang sangat dianjurkan adalah menggunakan masker alami. Seperti yang Anda mungkin ketahui bahwa masker alami mengandung bahan-bahan alami, seperti vitamin, nutrisi, senyawa karbon, dan lain sebagainya yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk itu, ada baiknya untuk rajin menggunakan masker alami sebelum tidur. Adapun masker alami yang dianjurkan adalah:

  1. Tomat
  2. Campuran mentimun dan apel
  3. Lumpur
  4. Putih telur
  5. Jeruk nipis
  6. Pepaya
  7. Campuran madu, gula, dan minyak zaitun
  8. Campuran oatmeal dan lemon

Di samping itu, Anda bisa juga menggunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter kulit jika memang dibutuhkan.

Perawatan kecantikan

micro facialGunakan perawatan micro facial di salon kecantikan

Cara termudah untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan menggunakan perawatan micro facial di salon kecantikan. Perawatan ini tidak hanya berguna untuk mengecilkan pori-pori, tapi juga membersihkan wajah dan membuat wajah tampak lebih putih.

Harga

Harga perawatan ini sendiri tergantung dari salon kecantikan yang dikunjungi. Kisaran harganya adalah 170 ribu-250 ribu rupiah atau lebih.

Lama perawatan

Perawatan ini sebaiknya dilakukan minimal satu bulan sekali.



Produk Kecantikan

mengecilkan pori-pori wajahAda banyak produk pengecil pori-pori wajah di pasaran saat ini. Namun, pilih yang berkualitas dan sesuai kondisi kulit Anda. Untuk itu, saran dokter sangatlah penting dalam pemilihan produk. Adapun beberapa produk yang direkomendasikan adalah:

Tea Tree Pore Minister

Produk yang dibuat oleh The Body Shop ini berbentuk gel yang fungsinya untuk mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih. Untuk harga, produk ini dibanderol sekitar 169-200 ribu rupiah.

Porefessional

Selain mengecilkan pori-pori, produk ini bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih halus dan menyamarkan kerutan di wajah. Porefessional tersedia di gerai Benefit dan dijual dengan harga sekitar 375-400 ribu rupiah.

Egg White Nose Pack

Diproduksi oleh Korea Skin Food, produk ini cukup laris dipasaran. Bentuknya berupa pore pack untuk mengangkat komedo di tiga bagian wajah, yaitu hidung, dahi, dan dagu, lalu kemudian mengecilkan pori-pori. Untuk mendapatkan produk ini, siapkan dana sekitar 200-250 ribu rupiah.

Youth Mud

Seperti namanya, produk ini adalah lumpur yang diambil dari kawasan Mediterania. Manfaat dari produk ini sendiri adalah mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol minyak wajah yang berlebihan.

Ingat untuk menggunakan produk ini sesuai aturan pakai dan secara teratur guna mendapatkan hasil maksimal.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

x

Check Also

Wajah Bopeng, Apakah Bisa Kembali Mulus?

Bopeng alias permukaan wajah yang bolong-bolong umumnya disebabkan oleh: Jerawat batu Memencet jerawat dengan tangan ...