Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat

Memiliki buah hati yang sehat adalah impian dari setiap ibu. Untuk mewujudkan impian ini, para ibu diwajibkan untuk menjaga kehamilannya agar tetap sehat dan janin yang dikandungnya tumbuh dan berkembang dengan sehat pula. Btw, sebagai calon ibu, apakah Anda tahu hal-hal apa sajakah yang harus dan tidak harus Anda lakukan selama masa kehamilan? Bingung? Yuk, temukan jawabanya di bawah ini:

kehamilan

Yang harus dilakukan

Periksa kandungan secara berkala

Anda harus mengetahui usia dan perkembangan janin secara teratur. Untuk itu, periksalah kandungan Anda secara berkala. Ingat untuk memeriksa kandungan pada dokter kandungan yang profesional dan berpengalaman, bukan yang termurah atau dekat dengat rumah. Anda pastinya ingin mendapatkan layanan terbaik dan optimal, bukan?

 Konsumsi makanan dan minuman sehat

Jika sebelum mengandung Anda suka mengkonsumsi makanan sesuka Anda, stop kebiasaan buruk tersebut. Perlu diketahui bahwa Anda membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi selama masa kehamilan, agar cabang bayi bisa terus berkembang dan sehat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman sehat, seperti telur, ikan salmon, kacang-kacangan, sayur-sayuran, daging, susu, dan yogurt. Ingat untuk mengontrol nafsu dan porsi makan Anda.


Konsumsi multivitamin

Jika tubuh Anda sering sakit selama masa kehamilan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumi multivitamin guna menambah daya tahan tubuh Anda. Tentunya, sebelum mengkonsumsi multivitamin tertentu, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Pastikan bahwa Anda tidak salah pilih multivitamin dan konsumsilah sesuai anjuran dokter.

Beristirahat yang cukup

Sesibuk apapun Anda, beristirahatlah yang cukup secara teratur. Jangan pernah paksakan diri Anda untuk lembur dan begadang. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin Anda. Idealnya, Anda harus beristirahat selama 8 jam per hari. Ingat untuk tidak beristirahat secara berlebihan karena hal tersebut juga membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda dan kesehatan janin Anda.

Berolahraga

Banyak ibu-ibu hamil yang takut berolahraga. Hal ini disebabkan karena mereka takut keguguran, cidera, dan hal-hal buruk lainnya. Ini merupakan kesalahan besar. Mengapa? Pada dasarnya, tubuh butuh olahraga agar tetap bugar. Berolahraga untuk ibu hamil sangat dianjurkan. Tentunya dengan porsi dan durasi yang berbeda dari biasanya. Anda disarankan untuk mengikuti program senam hamil, agar Anda dapat menjaga kebugaran tubuh Anda dan memperlancar proses persalinan nantinya.

Yang harus dihindari

don't

Melakukan kegiatan-kegiatan berat

Tentu hal ini sangat tidak dianjurkan untuk Anda. Alasannya karena tubuh Anda mudah lelah selama masa kehamilan. Jika kegiatan berat sering Anda lakukan, lama kelamaan akan berdampak buruk pada janin Anda, apalagi jika Anda stres dengan kegiatan tersebut. Untuk itu, jangan paksakan diri Anda untuk bekerja ekstra. Cukup lakukan kegiatan-kegiatan ringan yang tidak menguras terlalu banyak keringat Anda.

Mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung zat-zat kimia

Bahan-bahan kimia pada obat-obat mungkin cocok untuk kesehatan tubuh Anda. Tapi, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut ketika hamil. Perlu diketahui bahwa zat-zat kimia tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin. Lantas apa yang harus dilakukan jika Anda terkena gangguan kesehatan ketika sedang hamil? Sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu dan pilihlah obat-obatan yang mengandung bahan alami.

Berendam di air hangat terlalu lama

Relaksasi dengan berendam di air hangat memang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu hamil. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda boleh berendam di air hangat dalam waktu yang lama. Sadarilah bahwa suhu badan akan meningkat dengan drastis sehingga membawa dampak buruk bagi kandungan dan cabang bayi.


Merokok dan minum alkohol

Ketika stres dan merasa tertekan karena masalah keluarga atau pekerjaan yang menumpuk, sebagian ibu-ibu hamil biasanya akan merokok dan minum alkohol. Hal ini mereka lakukan untuk mengurangi rasa stres mereka. Jangan pernah lakukan kebiasaan buruk ini kecuali Anda ingin mendapatkan gangguan kesehatan dan membuat janin Anda tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hindari memakai sandal dengan alas yang licin. Hal ini memang terdengar sepele, tapi wajib untuk dilakukan. Tujuannya untuk mencegah resiko terpeleset ketika berjalan. Sadari bahwa Anda bisa saja mengalami pendarahan atau bahkan keguguran bila Anda mengalami hal ini.

Permohonan dari penulis:
Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang olahraga untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Senam Saat Hamil

Masa-masa kehamilan adalah masa yang sangat teramat penting untuk para ibu dan bayi yang ada ...