Merawat Wajah secara Alami

Bagi wanita, aktivitas merawat wajah adalah kewajiban demi mendapatkan dan mempertahankan wajah yang segar dan menarik. Termasuk anda, bukan? Sedikitnya, ada empat hal yang harus anda lakukan untuk merawat wajah (khususnya untuk merawat wajah secara alami, bisa anda lihat di artikel ini). Apa saja empat hal tersebut?

membersihkan wajahMencuci muka

Mencuci muka, yang biasanya dilakukan setiap kali mandi atau setiap bangun tidur dan sebelum tidur, adalah salah satu aktifitas yang sangat penting dalam merawat wajah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran (debu) yang menempel di wajah setelah beraktifitas seharian. Juga untuk membebaskan wajah dari makeup sehingga wajah bisa bernafas dan tidak terjadi penyumbatan di pori-pori.

Adapun mencuci wajah bisa dilakukan menggunakan produk pembersih muka yang dijual di pasaran. Hal ini tidak masalah selama cocok dengan kulit wajah anda. Namun, untuk hasil yang lebih optimal dan sehat, anda bisa mempertimbangkan mencuci wajah anda menggunakan pembersih wajah alami. Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan air, campuran alpukat, susu, dan madu, atau air lemon. Gunakan seperti anda menggunakan produk pembersih wajah.


Menguapi wajah

Walaupun langkah yang satu ini tergolong jarang dilakukan, anda boleh mempertimbangkannya. Menguapi wajah juga berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah dan menutup pori-pori. Caranya, ambil air hangat, masukkan ke dalam mangkuk besar, lalu letakkan wajah anda di atasnya sampai muncul uap di wajah anda.

Scrubbing atau exfoliation

Hal ketiga yang harus anda lakukan yaitu scrubbing, pengelupasan, atau kadang disebut juga peeling. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kotoran yang bisa menyumbat pori-pori yang membuat nutrisi (masker) tidak bisa menembusnya. Produk exfoliating wajah yang dijual pun sangat banyak.

Jika anda lebih tertarik dengan cara-cara yang alami, anda bisa menggunakan ramuan scrub wajah menggunakan campuran gula dan air (ini yang paling umum digunakan; untuk menggunakannya, biarkan butiran gula menempel di wajah anda), campuran air garam dan minyak zaitun, campuran gula dan minyak zaitun, atau campuran buah lemon dan air garam.

masker

Pengaplikasian masker (mask)

Langkah terakhir adalah menggunakan masker untuk menutrisi kulit wajah agar sehat, kencang, dan lembab. Lagi-lagi, banyak sekali produk masker wajah di pasaran, namun anda bisa menggunakan cara alami. Apa saja masker alami yang bisa anda buat? Anda bisa menggunakan masker dari wortel (rebus), apel (diparut), strawberry (dihancurkan), alpukat, timun, bengkoang, atau tomat. Buah apapun yang anda pilih, campur dengan madu karena madu berkhasiat untuk menambah elastisitas kulit.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menebalkan Bulu Mata

Memiliki wajah rupawan, tapi bulu mata tipis dan mudah rontok? Tentu saja masalah ini bisa ...