Penyakit Keturunan: Bisakah Dicegah dan Diatasi?

Penyakit keturunan adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik dari orang tua. Secara umum, penyakit keturunan tersebut adalah:

  1. Obesitas
  2. Diabetes
  3. Asma
  4. Alergi
  5. Buta warna
  6. Hemophilia
  7. Hipertensi
  8. Kebotakan
  9. Thalasemia
  10. Albino
  11. Huntington
Lalu, apakah penyakit keturunan ini dapat dicegah dan diatasi? Jawabanya bisa iya dan juga bisa tidak. Mana yang bisa dicegah dan diatasi dan mana yang tidak? Lihat informasi berikut ini:

Penyakit keturunan yang bisa dicegah dan diatasi:

  • Obesitas
  • Diabetes Mellitus
  • Asma
Kelebihan berat badan tidak hanya merusak penampilan, tapi juga menyebabkan munculnya gangguan kesehatan serius, seperti sakit jantung, darah tinggi, dan diabetes. Menurut beberapa hasil penelitian di Amerika, anak dengan kedua orang tua normal, memiliki resiko 10% terkena obesitas. Persentase ini meningkat menjadi 40% jika salah satu orang tua menderita obesitas. Sedangkan jika kedua orang tua menderita gangguan kesehatan ini, maka anak memiliki resiko 70%-80% terkena penyakit keturunan ini.
Untuk mencegah obesitas, hindari makanan yang berlemak tinggi dan mengandung banyak gula, berhenti minum minuman ringan, dan rajin berolahraga secara teratur. Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan program diet low calorie dan minum supplemen penurun berat badan yang dianjurkan dokter.
obesitas
Jika salah satu orang tua menderita diabetes mellitus, maka anak memiliki resiko sebesar 40% untuk terkena penyakit ini. Penyakit ini tergolong susah untuk diatasi, apalagi jika penderita sudah terkena stadium akhir. Meskipun begitu, masih ada cara untuk mencegah penyakit yang juga dikenal dengan sebutan kencing manis ini. Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin, mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi, menjaga berat badan, rajin berolahraga, dan berhenti merokok.
diabetes
Asma adalah gangguan pernafasan yang dapat membuat penderitanya kesulitan untuk mengatur pernafasannya. Jika penyakit ini tidak segera diatasi, penderita bisa saja tidak sadarkan diri bahkan meninggal dunia. Penyakit ini bisa dicegah dan juga bisa diatasi. Cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebersihan rumah dari debu dan kotoran, merawat binatang peliharaan, dan hindari berolahraga secara berlebihan. Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan obat asma sesuai anjuran dokter.
asma



  • Alergi
  • Kebotakan
  • Hipertensi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70%-80% anak-anak akan menderita alergi jika kedua orang tua menderita penyakit yang sama. Sedangkan, jika hanya salah satu orang tuanya saja, maka persentase tersebut akan menurun menjadi 30%. Alergi sendiri bisa dicegah dan diatasi. Untuk mencegahnya, cukup hindari sesuatu yang menyebabkan alergi tersebut. Misalnya, jika kulit anak menjadi gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan laut, maka si anak sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Sedangkan untuk mengatasinya, silahkan konsumsi obat alergi yang dianjurkan dokter.
alergi
Kebotakan tidak hanya disebabkan karena kurangnya nutrisi pada rambut, tapi juga karena faktor keturunan. Biasanya, masalah rambut yang satu ini dialami oleh sebagain besar pria. Penyakit keturunan ini terbilang tidak begitu serius, sehingga masih bisa dicegah dan diatasi. Untuk mencegahnya, silahkan gunakan shampoo atau bahan-bahan alami, seperti lidah buaya dan madu. Sementara itu, silahkan gunakan perawatan khusus di salon dan juga obat penumbuh rambut yang disarankan dokter apabila ingin mengatasi masalah kebotakan.
kebotakan
Sebenarnya, faktor keturunan hanya memiliki peran kecil dari penyakit darah tinggi. Meskipun begitu, penyakit ini harus tetap diwaspadai. Penyakit ini bisa dicegah dan diatasi, yaitu dengan cara mengurangi makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi, jauhi stress, lakukan pengecekan darah secara teratur, perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan berolahraga secara teratur. Jika penderita suka merokok, diharapkan untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut, karena asap rokok yang mengandung zat berbahaya dapat memicu dan membuat penyakit ini semakin parah.
hipertensi

Penyakit keturunan yang sulit untuk dicegah dan diobati

  • Hemophilia
  • Albino
  • Buta warna
Hemophilia adalah kelainan genetif yang membuat tubuh kesulitan untuk mengontrol pembekuan darah. Penyakit ini sulit untuk dicegah dan diobati. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menolong para penderita, agar mereka bisa bertahan sampai usia 50-60 tahun. Caranya adalah melakukan serum darah secara teratur, terapi gen, dan pengobatan alternatif untuk menurunkan faktor pembekuan darah.

Hemophilia

Penyakit keturunan ini disebabkan oleh gen albino dari kedua orang tua penderita. Penderita biasanya gejala pada rambut, kulit, dan iris mata yang memutih. Selain itu, penderita akan mengalami gangguan penglihatan dan kulit akan terasa pedih jika terkena matahari. Belum ada obat untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit dari penyakit ini, yaitu menggunakan krim tabir surya pada kulit dan memakai kacamata ketika keluar rumah. Jika kamu tidak ingin anak Anda mengalami penyakit ini, hindari menikah dengan orang yang memiliki gen albino.

albino

Gejala penyakit ini adalah kesulitan membedakan warna merah dan hijau. Dalam kasus tertenu, penderita mengalami kesulitan untuk membedakan warna biru dan hijau atau kesulitan menentukan warna objek karena terlihat abu-abu. Sampai saat ini, dokter dan para ahli belum menemukan obat untuk mengatasi penyakit buta warna. Hanya saja, dokter menyarankan untuk menggunakan kacamata dengan filter berwarna apabila gejala penyakit ini mulai dialami pasien.

buta warna



  • Thalasemia
  • Huntington
Thalasemia merupakan kelainan darah karena hemoglobin darah mudah sekali pecah. Kemungkinan anak untuk mengalami penyakit ini akan sangat besar jika kedua orang tuanya adalah penderita/pembawa sifat (carrier). Kelainan darah ini menyebabkan penderitanya terlihat pucat. Untuk mempertahankan hidup penderita, harus dilakukan tranfusi darah secara teratur, agar kadar hemoglobinnya tetap normal.

thalasemia

Huntington adalah penyakit syaraf yang mempengaruhi koordinasi otot, menurunkan kemampuan mendengar, melihat dan memahami, dan kondisi psikis. Pada umumnya, gejala penyakit ini terjadi ketika penderita berusia 35-44 tahun. Penyakit ini tidak bisa dicegah. Para penderitanya hanya disarankan untuk melakukan perawatan intensif dan pengobatan alternatif untuk terus bertahan hidup.

huntington

 

 

Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar jenis-jenis alergi dan cara penanggulangannya

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Tindik Bagian Tubuh

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna ...