Penyebab & Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit GigiSakit gigi bisa dikatakan menjadi salah satu penyakit yang memasyarakat. Hal ini tidak lain karena sakit gigi umumnya pernah bahkan sering dialami oleh sebagian orang. Tidak hanya menyiksa, tetapi juga rasa sakit yang teramat sangat akibat sakit gigi dan umumnya ditandai oleh pembengkakan pada pipi ini terkadang membuat pekerjaan seseorang menjadi terbengkalai. Apa yang menjadi penyebab dari sakit gigi?

  • Gigi berlubang
  • Gusi bengkak
  • Kawat gigi
Segera lakukan penambalan jika Anda mendapati gigi Anda memiliki lubang yang disebabkan oleh bakteri dari hasil fermentasi karbohidrat. Meskipun lubang tersebut berukuran kecil. Sebab, kemungkinan besar lubang akan semakin besar dan mengalami pembusukan sehingga dapat menembus email gigi lalu mempengaruhi bagian dalam gigi. Kondisi ini pada akhirnya membuat gigi lebih sensitif.

Gigi berlubang

Gusi bengkak bisa dikatakan menjadi tahap awal terjadinya sakit gigi. Pembengkakan pada gusi biasanya diakibatkan karena terlalu keras menyikat gigi, kurang minum air putih, jarang menggosok gigi, dan oleh penyebab lainnya.

Gusi bengkak

Kawat gigi terkadang bukan hanya dijadikan sebagai alat untuk dapat meratakan gigi tetapi juga dijadikan sebagai media untuk penunjang penampilan. Padahal, kawat gigi ini memungkinkan penggunanya mengalami sakit gigi.

Bagaimana tidak? Jika kawat gigi yang dipasang tidak sesuai standar bukan tidak mungkin akan menimbulkan karang gigi pada bagian bawah logam atau kawat yang sulit dibersihkan. Lama kelamaan karang gigi membuat gigi rusak dan memicu sakit gigi.

Kawat gigi



Bagaimana cara mengatasi sakit gigi?

Obat Herbal

Ketika Anda mengalami sakit gigi, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang ada di sekeliling Anda. Meskipun alami namun khasiatnya patut diacungi jempol. Simak beberapa bahan alami yang dapat mengatasi sakit gigi.
  • Bawang putih
  • Daun cengkeh
  • Getah jarak
Bawang putih merupakan salah satu rempah Indonesia yang memiliki segudang manfaat. Tidak hanya berkhasiat untuk mencegah kanker, menyuburkan rambut, membersihkan jerawat, dan sebagai obat anti radang, bawang putih juga digadang-gadang mampu mengatasi sakit gigi.

  • Ambil 1 siung bawang putih yang telah dikupas
  • Letakkan pada gigi yang sakit
  • Setelah didiamkan selama ± 5 menit, kumur dengan air hangat

Bawang putih

Tumbuhan cengkeh bisa dipastikan menjadi tumbuhan Indonesia yang kaya akan manfaat. Hal ini dapat dibuktikan dari tidak hanya tangkai bunganya yang bisa dijadikan penyedap masakan, tetapi juga daunnya pun berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi.

  • Ambil beberapa helai daun cengkeh
  • Seduh dengan air mendidih
  • Basahi kapas dengan air seduhan tersebut
  • Jejalkan pada gigi yang sakit

Daun cengkeh

Selain minyak buah jarak yang lagi gencar-gencarnya dikelola sebagai bahan bakar alternatif, getah pohon jarak juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi khususnya sakit gigi yang disebabkan karena gigi berlubang.

  • Ambil getah jarang dengan kapas
  • Jejalkan pada gigi yang berlubang dan sakit

Getah jarak

Setelah gigi dirasa tidak sakit lagi, pastikan untuk segera mencabutnya. Tidak hanya menghindari pengulangan sakit gigi tetapi juga meminimalisir bau mulut.

Obat Apotik

Selain dengan menggunakan bahan alami, Anda juga bisa mengatasi sakit gigi dengan obat yang dijual di apotik terdekat dan terpercaya. Adapun obat yang disarankan sebagai berikut:

  • Ponstan
  • Mefinal
  • Super Green Plus SG
Obat yang mengandung Asam Mefenamat kurang lebih sekitar 250 mg per kapsul disebut juga sebagai analgesik anti-inflamasi atau obat yang dapat mengurangi pembengkakan selain mengatasi rasa sakit gigi. Sebetulnya, ponstan tidak hanya bisa digunakan untuk sakit gigi tetapi juga untuk sakit kepala, nyeri sendi, nyeri oto, dan wanita yang sakit saat haid.

ponstan

Mefinal juga bisa Anda pilih untuk mengatasi rasa nyeri. Memiliki kandungan Asam Mefenamat, Mefinal dapat mengurangi peradangan, mengurangi rasa nyeri, dan menurunkan demam. Selain untuk sakit gigi, indikasi lainnya dari obat ini yakni nyeri otot, nyeri sesudah operasi, dan lain sebagainya.

Mefinal

Obat sakit gigi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Super Green Plus SG. Diracik dari bahan-bahan herbal, obat ini berperan sebagai pembersih bakteri dan kuman dalam gigi. Lain halnya dengan obat sakit gigi sebelumnya yang berbentuk kapsul, obat sakit gigi ini berbentuk cair sehingga penggunaannya dapat ditetes langsung atau melalui perantara kapas lalu diletakkan pada gigi yang sakit.

super

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tukak lambung, gagal jantung, gagal ginjal, ibu menyusui, dan wanita hamil sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter kepercayaan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 



Bagaimana cara mencegah sakit gigi?

Mengingat nyeri yang ditimbulkan sakit gigi sangat menyiksa, melakukan pencegahan merupakan hal terbaik yang wajib dilakukan.

  • Gosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari terlebih setelah makan dan sebelum tidur
  • Hindari menggunakan tusuk gigi
  • Tambal gigi yang berlubang
  • Batasi konsumsi gula, cokelat, atau permen

 

 

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dalam mengatasi sakit gigi!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang merawat dan memutihkan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*