Perawatan Kecantikan Usai Melahirkan Normal dan Caesar

usai melahirkanUsai melahirkan, semua wanita pasti merasakan bahagia yang begitu luar biasa karena telah berhasil menjadi seorang wanita yang sempurna dengan mampu melahirkan buah hatinya ke dunia.

Terlepas dari kebahagiaan itu, akan ada banyak masalah yang dihadapi oleh para wanita usai melahirkan khususnya dalam hal kecantikan. Namun, jangan jadikan masalah ini membuat Anda ragu untuk hamil, ya.

Sebab, Anda bisa melakukan perawatan kecantikan untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi usai melahirkan. Apa saja perawatan kecantikan itu?

Melahirkan normal

Bisa melahirkan cabang bayi secara normal bisa dikatakan menjadi idaman bagi sebagian wanita. Hal ini tidak lain dari beberapa asumsi yang beredar kalau wanita yang sempurna adalah wanita yang mampu merasakan sakitnya mengeluarkan cabang bayi secara normal.

Terlepas dari apapun asumsinya, berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan usai melahirkan secara normal.

Mencegah naiknya darah putih

Pilis merupakan ramuan tradisional untuk dapat mencegah naiknya darah putih. Ramuan ini terbuat dari ganthi, kencur, kunyit, papermint, dan kenanga yang umumnya akan dioleskan ke dahi usai mandi mulai dari hari pertama sampai dengan 40 hari usai melahirkan.

Menurut kepecayaan dan survey dilapangan, pilis ini tidak hanya bisa membantu mencegah naiknya darah putih tetapi juga bisa meredakan pusing dan memperlancar peredaran darah.

pilis

Mengempiskan kaki

Kaki membesar bisa dipastikan akan dialami oleh sebagian wanita hamil. Terkadang, kondisi ini dibawanya sampai usai melahirkan. Nah, untuk dapat mengempiskan pembengkakan ini, para wanita bisa menggunakan parem tradisional yang berasal daru jahe, klabet, kencur, dan serai.

Di sisi lain, parem ini juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang, melancarkan peredaran darah, mencegah pelebaran pembuluh darah atau varises, dan lain sebagainya.

parem



Menghilangkan stretchmark

Tapel merupakan salah satu ramuan untuk dapat memulihkan kondisi perut usai peregangan saat hamil. Tapel mengandung sirih, klabet, jeruk nipis, dan jahe yang digunakan untuk mengoleskan perut usai melahirkan secara normal.

Di sisi lain, tapel ini juga berfungsi untuk menghangatkan perut dan dapat mengecilkan perut. Penggunaan tapel ini biasa dipadupadankan dengan menggunakan bengkung, stagen, atau gurita agar hasilnya lebih maksimal.

stretch mark

Mengencangkan vagina

Jika melahirkan secara normal, sudah tentu vagina akan mengendur, bukan? Nah, untuk dapat mengencangkannya kembali, Anda bisa menggunakan bahan-bahan tradisional. Apa saja?

  • Daun sirih
  • Gambir
  • Kulit pinang
  • Kapur sirih
Cara penggunaannya?
  • Kulit pinang dijabut kecil-kecil, gambir ditumbuk lembut, dan kampur sirih diayak
  • Rendam daun sirih bersama bahan-bahan tadi dengan air mendidik, diamkan supaya mengendap dan dingin
  • Gunakan bahan tadi untuk membasuh vagina
  • Lakukan 2 kali sehari

vagina

  • Gunakanlah stagen atau gurita
  • Lakukan senam kegel
  • Luluran untuk menghilangkan kotoran selama hamil
  • Hindari tidur di pagi hari usai melahirkan

 

Melahirkan caesar

Ada sebagian orang yang memutuskan melahirkan caesar karena tidak ingin tubuhnya rusak namun ada pula yang memutuskan melahirkan caesar karena kondisi kehamilannya yang sungsang atau posisi bayi tidak sesuai yang diharapkan.

Terlepas dari hal itu, melahirkan secara caesar juga memberikan masalah kecantikan. Bagaimana cara merawat kecantikan usai melahirkan caesar?

Menurunkan berat badan

Usai melahirkan caesar tentunya tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga yang berat. So, bagaimana jika wanita ingin menurunkan berat badan dengan berolahraga usai melahirkan caesar? Caranya dengan olahraga yoga.

Gerakan yoga yang hanya memfokuskan diri pada pemusatan pikiran serta gerakan yang dinamis tentu akan membuat wanita pasca melahirkan caesar lebih aman dan nyaman.

yoga

Menjaga kebersihan luka bekas operasi

Jika tidak rajin menjaga kebersihan luka bekas operasi caesar bukan tidak mungkin akan menimbulkan infeksi dan iritasi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan luka bekas operasi caesar dengan cairan antiseptic atau antibiotic yang telah dianjurkan oleh dokter.

pembengkakan

Mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan

Ketika terjadi pembangkakan usai melahirkan caesar, Anda bisa mengompreskan dengan kain atau plastic yang berisi es batu. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda mengompres dengan kantong plastic khusus yang berisi air hangat.

kebersihan luka



  • Segera periksakan diri ke dokter jika luka bekas operasi merah, bengkak, dan keluar cairan
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C
  • Gunakanlah pakaian yang longgar
  • Hindari mengangkat barang berat

 

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian dapat mengembalikan kecantikan usai melahirkan!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya

Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang makanan sehat untuk ibu menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pilih-Pilih Bulu Mata Palsu

Penampilan menjadi nomor satu bagi para wanita, utamanya dalam hal penampilan wajah. Para wanita ingin ...