Perawatan Rambut Gimbal

Mungkin hanya sedikit orang yang memiliki rambut gimbal alami dan mereka pede dengan model rambut tersebut. Meskipun begitu, tak sedikit orang yang tertarik untuk membuat rambutnya menjadi gimbal dan terlihat seperti pelantun lagu rege. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan karena selain meningkatkan penampilan, memiliki rambut gimbal bisa menambah kepercayaan diri dan membuat keunikan tersendiri. Tertarik untuk memiliki rambut gimbal? Ada dua cara untuk menggimbalkan rambut, yaitu:

rambut gimbal

Alami

  1. Rendam rambut ke dalam air garam atau air laut selama 15 menit.
  2. Keringkan rambut di bawah sinar matahari.
  3. Rendam kembali rambut dengan durasi waktu yang sama.
  4. Lakukan perendaman selama 5 kali.

Buatan

Di sini, Anda disarankan untuk mengunjungi salon khusus untuk menggimbalkan rambut. Adapun proses menggimbalkan rambut di salon kurang lebih sebagai berikut:

  1. Rambut dibersihkan dan kemudian dikeringkan terlebih dahulu.
  2. Rambut diambil dengan diameter 2,5 cm dan kemudian dipilin dengan kencang dan padat.
  3. Setelah semua rambut dipilin, rambut diolesi lilin atau minyak khusus untuk rambut gimbal.
  4. Beberapa salon rambut gimbal juga melakukan proses penjahitan rambut setelah melakukan proses pelilinan.

Meskipun terlihat tidak terawat, rambut gimbal sebenarnya membutuhkan perawatan ekstra guna menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Perawatan yang dilakukan juga berbeda dengan rambut normal pada umumnya. Jika Anda tertarik untuk menggimbal rambut, wajib tahu perawatan rambut gimbal di bawah ini:



Mencuci rambut secara teratur

Untuk rambut normal, mencuci rambut bisa dilakukan setiap hari atau minimal tiga kali dalam seminggu. Namun, untuk rambut gimbal, ceritanya lain lagi. Jika rambut terus menerus dicuci, kondisi rambut akan kembali seperti semula (lurus). Khusus untuk rambut jenis ini, mencuci rambut tidak disarankan untuk sering dilakukan. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci rambut? Sebaiknya pencucian rambut dilakukan ketika rambut mulai berbau, bisa 10 atau 14 hari. Ketika mencuci rambut gimbal, pastikan untuk tidak menggunakan sampo yang mengandung kondisioner dan parfum. Alasannya sederhana agar rambut tidak bau.

Sementara itu, untuk mengeringkan rambut, jangan gosok dengan handuk. Sebaiknya peras dengan tangan hingga kering. Sangat disarankan untuk mencuci rambut di siang hari supaya rambut benar-benar kering. Mengapa tidak boleh malam hari? Jika melakukannya pada malam hari, ada kemungkinan rambut gimbal tidak benar-benar kering. Apabila tidur dengan rambut yang masih sedikit basah, rambut akan cepat bau.

Jaga kelembaban kulit kepala
Memiliki rambut gimbal akan membuat kulit kepala cepat terasa gatal. Apalagi jika kulit kepala kering. Untuk itu, jaga kelembaban kulit kepala dengan menyemprotkan minyak alami, seperti minyak lavender dan pohon teh. Jika Anda menggunakan minyak jojoba, zaitun, atau alpukat, rambut hanya akan wangi sementara waktu dan kemudian rambut akan menjadi bau. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.



Oya, sebagian orang berpendapat bahwa pengguan lilin bisa membantu melembabkan kulit kepala dan menjaga kondisi rambut. Apakah hal ini bisa dibenarkan? Hal ini tidaklah sepenuhnya benar karena lilin dapat menumpuk di sela-sela rambut dan meninggalkan sisa yang lengket. Jika tidak segera dibersihkan, rambut akan rusak.

rambut gimbal baru

Minta bantuan hair stylist

Selain perawatan sendiri di rumah, tak salah jika meminta bantuan hair stylist atau pakar rambut gimbal. Mereka akan memberikan tips, saran, dan rekomendasi terkait agar kesehatan dan kebersihan rambut gimbal tetap terjaga dengan baik sepanjang waktu. Pastinya, bebas dari ketombe, bau, dan kerontokan. Di samping itu, Anda bisa join ke grup atau komunitas rambut gimbal dan meminta informasi dari para anggotanya.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang rambut kribo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*