Cara Membasmi Kutu Kepala

Kutu adalah binatang menjijikan yang sangat betah tinggal di kepala manusia. Parasit ini menghisap darah dari kulit kepala dan populasinya semakin banyak dari hari ke hari karena kutu betina dapat bertelur sebanyak 5-10/hari.

Kutu kepala menimbulkan rasa gatal yang berlebihan dan telurnya yang berwarna putih membuat rambut tampak jelek. Berbeda dari ketombe, benda putih (telur kutu) ini menempel erat di helaian rambut.

 

Bagaimana cara mengatasi kutu rambut?

Begitu kulit kepala terasa gatal ATAU ada terasa ada yang gerak-gerak di kepala, segera atasi sebelum induk kutu bertelur dan jumlahnya semakin membanyak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membasmi kutu:

  • Menggunakan sisir kutu.
    Gunakan sisir yang dibuat dan didesain khusus dengan gigi yang sangat rapat untuk menangkap kutu. Sisirkan rambut Anda dan tadahi menggunakan alas atau wadah putih. Setelah kutu berjatuhan dan menempel pada sisir tersebut, gunakan jari Anda untuk membunuh kutu tersebut. Ingat, menyisirkan rambut menggunakan sisir kutu harus dilakukan secara perlahan karena giginya yang rapat dapat menimbulkan rasa sakit. Kutu akan tetap menempel pada sisir meski dilakukan dengan perlahan.
  • Memakai obat pembunuh kutu kepala.
    Banyak produk pembasmi kutu kepala yang tersedia di toko obat atau apotek di sekitar Anda. Produk/obat-obatan ini mengandung bahan kimia yang mampu meracuni dan membasmi kutu rambut. Jangan lupa untuk baca efek samping dan cara pemakaiannya dengan tepat sebelum membeli produk pembasmi kutu rambut. Namun sayangnya, telur kutu yang sudah menumpuk pada rambut tidak dapat dicapai oleh obat ini.
  • Menggunakan bahan-bahan alami pembasmi kutu.
    Masih banyak orang yang memilih cara alami untuk membasmi dan membunuh kutu. Alasannya karena dengan cara ini, mereka tidak perlu khawatir masalah efek sampingnya. Adapun bahan alami yang umumnya digunakan untuk membasmi kutu rambut adalah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan minyak kayu putih, minyak kelapa, atau cuka putih.



Apa saja yang menyebabkan kutu rambut?

Setelah berhasil mengusir kutu-kutu nakal di rambut kita, kita harus melakukan tindakan-tindakan preventif sehingga kutu rambut nggak bakal balik dan bikin repot kita. Untuk itu, kita wajib mengetahui penyebab kutu rambut, yaitu:

  • Tertular orang lain.
    Mungkin ada anggota keluarga atau teman Anda yang memiliki kutu rambut? Jika demikian, tidak mengherankan bila Anda menemui merasakan gatal dan menemui kutu rambut di kulit kepala. Kutu dapat menular dengan cepat dari kepala ke kepala melalu berbagai media, seperti: sisir, topi, handuk, jepit rambut, dan benda lain yang digunakan di kepala.
  • Rambut tidak terawat.
    Malas merawat dan membersihkan rambut juga merupakan pemicu utama mengapa kutu muncul dan betah di kepala Anda. Mungkin Anda jarang keramas? Di samping itu, kutu juga akan muncul jika Anda selalu mengikat rambut atau menggunakan topi dalam waktu yang lama hingga keringat menumpuk di kulit kepala dan rambut.



Semoga info di atas bisa membantu Anda sekalian mengusir kutu kepala!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

3 comments

  1. Apakah kutu rambut bisa muncul karena rambut yg basah kemudian ditutup dgn jilbab?

  2. tiara cahya putri

    Ɑ̤̥̈̊к̲̣̣̥ǘ punya kutu tapi Ɑ̤̥̈̊к̲̣̣̥ǘ ♏ãU̲̅
    basmi kutu denga waktu ϔƍ singkat gimanacaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*