Resiko Mencabut Bulu Ketiak

Memiliki bulu ketiak yang lebat bukanlah hal yang menyenangkan karena bisa membuat seseorang merasa kurang pede ketika melepas pakaian atau saat mengenakan pakaian renang. Bayangkan apa yang akan dikatakan oleh orang ketika melihat bulu ketiak yang panjang dan lebat. Masalah ini bisa saja dialami oleh para pria dan juga wanita. Jika yang mengalami hal ini pria, masalah ini tidak akan jadi masalah besar karena hal itu dianggap sesuatu yang wajar. Namun, jika hal ini dialami oleh wanita, masalah ini bisa menjadi momok menakutkan.

mencabut bulu ketiak

Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan para wanita memilih untuk mencabut bulu ketiak mereka. Cara ini sudah sejak dulu dilakukan oleh wanita. Saat ini, ada beberapa alternatif lain untuk menghilangkan bulu ketiak, yaitu dengan menggunting dan waxing di salon atau klinik kecantikan. Bagaimana dengan Anda sendiri? Jika Anda lebih memilih untuk melakukan pencabutan bulu ketiak, sebaiknya jangan diulangi lagi karena hal tersebut dapat menimbulkan beragam resiko, seperti:



Menyebabkan luka

Mencabut bulu ketiak bukanlah hal yang mudah. Tak heran, jika para wanita sering melakukan beberapa kali percobaan untuk mencabut satu bulu ketiak. Nah, hal inilah yang jadi masalahnya. Rasa sakit akan terasa ketika hal ini dilakukan dan apabila dilakukan sembarangan, akan terjadi luka karena folikel bulu rusak. Luka ini tak kasat mata dan inilah yang menjadi titik bahayanya. Jika Anda tidak menyadari ini dan Anda membiarkannya begitu saja, zat kimia dan racun dari deodoran yang digunakan akan masuk ke dalam luka tersebut.

Bagaimana dengan wanita yang mencabut bulu ketiak dengan alat tertentu? Cara ini memang lebih aman, tapi pastikan bahwa alat yang digunakan steril dan bersih sehingga tidak terjadi iritasi.

Menimbulkan pembekakkan
Tak dapat dipungkiri, apalabila kulit ketiak terluka dan terjadi infeksi, ketiak akan mengalami pengkengkakan. Akan timbul rasa nyeri dan sakit ketika Anda menyetuh ketiak. Bagian terburuknya adalah bengkak tersebut akan bernanah dan perlu pengobatan medis untuk menanganinya.

Memicu kanker payudara dan kelenjar getah bening

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society terhadap para wanita yang tinggal di benua Eropa dan America, ditemukan lebih dari 100 ribu kasus kanker payudara dan 40 ribu lebih penderitanya tidak bisa diselamatkan lagi. Beberapa dokter menyimpulkan bahwa wanita yang sering mencukur bulu ketiak, 10 kali lebih beresiko mengalami kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak melakukan hal ini.

woman with pink cancer ribbon

Sebenarnya apa hubungannya kanker payudara dan kelenjar getah bening dengan mencabut bulu ketiak? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mencabut bulu ketiak beresiko menyebabkan luka yang tak kasat mata. Apabila Anda sering menggunakan bedak atau deodoran untuk menghindari bau badan, zat kimia dan toxic pada produk tersebut dapat masuk melalui luka dan mengendap di dalam tubuh. Lama kelamaan, akan muncul sel kanker di payudara dan kelenjar getah bening yang ada pada ketiak.



Lalu, jika tidak dianjurkan untuk mencabut bulu ketiak, apakah harus membiarkan bulu ketiak tumbuh begitu saja? Jelas jawabannya tidak karena ada cara lain untuk membersihkan bulu ketiak. Apakah dengan waxing? Bukan, waxing juga bisa menyebabkan luka. Solusi terbaik adalah mengguting bulu ketiak dengan gunting kecil secara hati-hati. Cara ini terbilang aman dan tidak menyebabkan goresan ataupun luka pada ketiak.
Oya, tonton cara membersihkan bulu ketiak secara alami pada video berikut untuk menambah pengetahuan Anda.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apa Saja Kegunaan Buah Sirsak untuk Kecantikan dan Kesehatan?

Salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia adalah sirsak. Mengapa? Selain harganya yang murah ...