Resiko Tindik Bagian Tubuh

tindik

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna mendapatkan penampilan menarik atau mendapatkan pengakuan dari teman-temannya. Salah satu tindakan remaja yang membawa dampak buruk bagi kesehatan mereka adalah menindik (piercing) anggota bagian tubuh, seperti alis, lidah, organ genital (kemaluan), pusar, puting payudara, dan telinga bagian atas.

Alasan

Ada banyak alasan melakukan penindikan bagian tubuh, seperti:

  1. Rasa penasaran
  2. Demi seni
  3. Tradisi nenek moyang
  4. Tuntutan komunitas
  5. Keren

Proses

Untuk melakukan body piercing gampang-gampang sulit. Adapun prosesnya adalah:

  1. Membersihkan bagian tubuh yang ingin ditindik
  2. Menggunakan mesin tembak jarum untuk melubangin bagian tubuh
  3. Memasang anting atau perhiasan yang dibutuhkan dan memberikan alkohol untuk menghilangkan rasa sakit.

Penyembuhan

Tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan penindikan bagian tubuh, lebih kurang 15-30 menit. Namun, untuk proses penyembuhan terbilang cukup lama, yaitu dua bulan hingga satu tahun.

Biaya

Tergantung tingkat kesulitan, bagian tubuh yang ditindik, dan perhiasan yang ingin dipakai. Secara umum, harga body piercing mencapai 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk perhiasan mulai dari 100 ribu sampai 4 juta rupiah.

Meskipun hal ini dilegalkan, namun bukan berarti boleh sembarangan melakukannya. Perlu disadari bahwa ada resiko yang ditimbulkan ketika melakukan penindikan. Untuk mengetahui apa saja resiko dari tindik bagian tubuh, silahkan baca penjelasannya di bawah ini:



Alis

Perlu diketahui bahwa pada bagian alis mata terdapat 3 syaraf supra orbital besar yang sangat penting bagi kesehatan dan kinerja mata. Oleh sebab itu, jika tindik dilakukan sembarangan, besar kemungkinan akan terjadi kerusakan syaraf yang berujung pada infeksi dan kebutaan. Tentu hal ini sangat merugikan, bukan?

Lidah

Ada banyak sekali bakteri yang terdapat pada lidah. Tak heran, jika menindik bagian ini, besar kemungkinan akan terjadi kerusakan gusi, kesulitan untuk berbicara dan makan, air liur yang keluar secara berlebihan, penumpukan bakteri. Bagian terburuknya adalah perhiasan yang digunakan untuk tindik bisa saja tertelan. Perlu operasi untuk mengambil benda ini apabila sudah masuk ke dalam tubuh.

tindik lidah

Organ genital

Mungkin terdengar aneh, tapi hal ini memang dilakukan oleh orang-orang yang bisa dikatakan nekad. Mereka tidak menyadari bahwa tindik yang dilakukan dapat menyebabkan infeksi, gangguan aliran air seni, dan rasa sakit ketika sedang ereksi (pada pria). Di samping itu, perhiasan yang dipakai juga bisa melukai pasangan ketika melakukan hubungan intim.

Pusar

Apakah Anda tahu bahwa kulit pusar merupakan bagian yang sensitive? Yup, bagian ini mudah sekali terinfeksi apabila Anda menggaruknya terlalu sering atau dengan keras. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila dilakukan piercing di bagian tersebut. Infeksi akan muncul dan menjadi luka yang sulit sembuh, terutama jika sering memakai baju yang ketat.



Puting payudara

Tindik di puting payudara? Ini memang terdengar gila atau ekstrim. Namun, di luar sana, ada banyak orang yang sudah melakukannya. Perlu diketahui bahwa menindik puting payudara dapat menyebabkan infeksi dan merusak kelenjar yang menghasilkan susu. Jika hal ini dilakukan oleh ibu menyusui, air susu mereka akan keluar dengan sendirinya karena gangguan galaktorea pada kelenjar susu.

Telinga bagian atas

Telinga bagian bawah memang tempat yang tepat untuk melakukan tindik, khususnya untuk wanita. Namun, jika hal ini dilakukan pada telinga bagian atas, hal ini dapat menyebabkan luka dan cacat pada telinga. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena disepanjang tepi telinga, ada tulang rawan yang apabila robek atau luka akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Penyakit lain

Jika penindikan dilakukan di tempat yang tidak berkualitas dan menggunakan jarum yang sudah pernah dipakai, tidak menuntuk kemungkinan untuk menderita penyakit-penyakit berikut ini:

  1. HIV/AIDS
  2. Hepatitis B
  3. Hepatitis C

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang trend mewarnai rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Mencabut Bulu Ketiak

Memiliki bulu ketiak yang lebat bukanlah hal yang menyenangkan karena bisa membuat seseorang merasa kurang ...