Senam Otak Sehat

Apa yang Anda lakukan apabila Anda sering kesulitan dalam berkonsentrasi atau mudah lupa terhadap suatu objek tertentu? Sebagian besar dari Anda mungkin akan memilih untuk berdiam diri di suatu tempat yang jauh dari keramaian atau mencatat segala sesuatunya dalam buku harian. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, tapi apakah cara ini cukup efektif untuk melatih dan meningkatkan kinerja otak? Tentu jawabannya tidak.

Bayangkan jika Anda harus berkonsentrasi di dalam kelas yang bising atau bayangkan jika buku harian Anda sobek atau hilang. Tentu masalah ini akan menjadi masalah serius untuk Anda. Lantas, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Pertimbangkan untuk melakukan senam otak sehat. Tujuan senam ini adalah untuk melancarkan aliran darah ke otak sehingga otak dapat bekerja dengan optimal.

otak

Bagaimana cara melakukan senam otak sehat? Ada beberapa gerakan yang harus dilakukan saat melakukan senam ini:

Gerakan silang

Gerakkan kaki dan tangan secara berlawan. Misalnya mengangkat tangan kanan ke atas dan melipat kaki kiri atau tangan kiri diluruskan ke depan dan kaki kanan dilipat ke belakang atau depan. Lakukan gerakan ini sekitar 5-10 menit. Putar lagu favorit Anda dan selaraskan gerakan Anda dengan irama lagu. Manfaat melakukan gerakan ini adalah untuk merangsang bagian otak yang menerima informasi dan mengungkap informasi, sehingga Anda bisa mengingat dan mempelajari sesuatu dengan mudah.
Olengan pinggul

Ambil posisi duduk yang nyaman di lantai. Letakkan kedua tangan ke belakang dengan posisi siku ditekuk. Angkat kaki (jangan terlalu tinggi) dan olengkan pinggul ke kiri dan kenan senyaman mungkin (jangan terburu-buru). Lakukan gerakan ini sekitar 5-10 menit. Manfaat gerakan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memperhatikan dan memahami, melihat ke kiri dan ke kanan, dan meningkatkan kemampuan belajar.


Pengisi energi

Duduklah di atas kursi dengan meja di depan Anda. Letakkan kedua lengan bawah dan dahi di atas meja. Kemudian, arahkan tangan ke bahu dengan jari-jari menghadap ke dalam. Tarik nafas secara perlahan, angkat dahi, tengkuk, dan punggung atas. Pastikan diafragma dada dalam posisi tetap terbuka dan bahu tetap nyaman. Lakukan gerakan ini sekitar 5-10 menit. Tujuan utama gerakan ini adalah untuk mengembalikan vitalitas otak, mengusir stres, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan memahami dan berpikir.
Luncuran gravitasi

Duduklah di atas kursi dan silangkan kedua kaki. Kemudian tundukkan badan secara perlahan dengan posisi kedua lengan ke depan bawah. Buang nafas ketika menunduk dan tarik nafas ketika kembali ke posisi semula. Lakukan dengan posisi kaki disilangkan secara bergantian. Luncuran gravitasi berguna untuk memperbaiki kemampuan keseimbangan, koordinasi dan mengorganisasi dan meningkatkan energi.

Menguap berenergi

Seperti nama gerakannya, Anda diharuskan untuk membuka mulut seperti ingin menguap. Lalu pijatlah otot-otot disekitar persendian rahang secara perlahan. Setelah dilakukan sekitar 1 menit, menguaplah dengan mengeluarkan suara. Hal ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot tersebut. Ulangi gerakan ini selama 5-10 menit. Manfaat gerakan ini sendiri adalah untuk meningkatkan oksigen agar otak berfungsi secara efektif dan efisien, meningkatkan perhatian dan penglihatan, memperbaiki kemampuan komunikasi lisan dan memilih informasi.
Tombol imbang

Gunakan dua jari kanan Anda untuk menyentuh bagian lekukan belakang telinga dan dua jari kiri menyentuh pusat. Tahan posisi ini selama 30 detik dan lakukan secara bergantian. Pastikan dagu dan pandangan Anda ke depan dalam posisi nyaman. Gerakan sederhana ini berfungsi untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan, memusatkan perhatian, dan berpikir positif.

brain b

Sebaiknya, senam otak sehat ini dilakukan pada pagi hari dengan durasi selama 15-20 menit. Selamat mencoba.

Permohonan dari penulis:
Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resiko Tindik Bagian Tubuh

Kelakuan anak muda zaman sekarang memang cukup aneh dan beresiko. Hal ini mereka lakukan guna ...