Stretching

Salah satu penyebab utama seseorang mengalami cidera, seperti keram dan keseleo adalah karena kurangnya peregangan otot (stretching). Stretching merupakan langkah awal sebelum mulai melakukan olahraga inti, seperti bermain sepak bola, tenis, bulu tangkis, lari, dan lain sebagainya. Kegiatan ini biasanya dilakukan selama lebih kurang 5 menit.

peregangan

 

Btw, peregangan otot ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Aktif
  • Pasif
  • Dinamis
Peregangan ini dilakukan dengan menggunakan otot tanpa mendapatkan bantuan dari kekuatan ekternal atau bantuan dari orang lain. Contoh peregangan aktif adalah menekuk lutut ke atas hingga di depan dada dan menahan posisi ini selama 10-20 detik atau menarik kedua tangan ke atas dengan posisi tegap berdiri dan menahan posisi ini dalam hitungan tertentu.

peregangan aktif

Peregangan yang dilakukan dengan kekuatan ekternal atau bantuan dari orang lain. Contoh gerakannya adalah berbaring sambil mengangkat satu kaki ke atas dan teman atau rekan satu tim akan menahan posisi kaki agar tetap mengarah ke atas atau mengambil posisi tengkurap dengan posisi kepala dan dada mengarah ke atas dan kedua tangan ditarik oleh rekan ke belakang.

peregangan pasif

Peregangan yang melibatkan otot-otot persendian. Semua gerakan pada peregangan ini dilakukan secara perlahan dan terkontrol. Contohnya adalah duduk dengan kaki kanan diarahkan ke depan samping sedangkan kaki kiri dilipat ke dalam (seperti bersila). Kemudian pegang ujung jari kanan dengan tangan secara perlahan. Tahan posisi tersebut selama 8-12 detik.

peregangan dinamis


  • Statis
  • Balistik
Kebalikan dari peregangan dinamis, peregangan statis dilakukan secara perlahan sampai otot terasa tidak nyaman. Untuk mengontrol rasa sakit pada otot, aturlah pernafasan sebaik mungkin. Contoh stretching statis adalah mencium lutut dengan dengan posisi tegak/duduk dan menahan posisi tersebut selama 15-20 detik atau berbaring dan mengangkat satu kaki ke atas lalu tahan selama 15-20 detik.

peregangan statis

Peregangan balistik mirip dengan peregangan aktif, namun peregangan ini dilakukan berulang-ulang. Contoh gerakanny adalah mengarahkan tangan kiri ke depan dan mengangkat kaki kanan ke arah tangan hingga beberapa hitungan (biasanya sampai 8 kali), lalu bergantian dengan kaki kiri.

peregangan ballistic


Hindari melakukan peregangan secara berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan cidera atau ganguan pada otot. Di samping itu, jangan lakukan peregangan setelah bangun tidur pagi hari. Mengapa? Syaraf dan otot masih dalam keadaan kaku. Hal ini dapat memperbesar resiko keseleo dank ram.

Well, dengan melakukan stretching dengan baik dan benar, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh, seperti:

  • Memperlancar dan meningkatkan aliran darah.
  • Meningkatkan suhu tubuh dan jaringan tubuh.
  • Meningkatkan detak jantung sehingga sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dapat bekerja optimal.
  • Memudahkan otot-otot berkontraksi dengan maksimal sehingga otot tidak tegang/keram.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengurangi resiko cidera.

Permohonan dari penulis:
Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang tips olahraga sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...