Tanda-tanda Awal Kehamilan

tanda kehamilan
Kehamilan pasca menikah sudah tentu menjadi hal yang paling didambakan pasangan suami dan istri. Bahkan, kehamilan dianggap sebagai kado istimewa dan terindah dalam sebuah pernikahan. Meskipun hal yang paling didambakan, terkadang ada sebagian wanita yang kurang begitu paham apakah hamil atau tidak. Bagaimana dengan Anda?

Kalau begitu, mari kita bahas apa saja tanda-tanda awal kehamilan. Setelah mengetahui tanda-tanda ini, diharapkan agar Anda dapat berhati-hati untuk melakukan kegiatan yang dapat merampas kesempatan hidup si cabang bayi.



Tanda kehamilan trimester pertama

Trimester pertama (minggu 0 – 12) kehamilan memang cukup sulit untuk diketahui dan terlalu dini jika harus memeriksakan diri ke dokter. Akan tetapi, Anda bisa mendeteksi kehamilan Anda melalui tanda-tanda sebagai berikut:

Terlambat datang bulan

Terlambat datang bulan tidak hanya karena berat badan naik turun, stres, dan baru menghentikan program KB, tetapi juga kemungkinan besar Anda sedang memasuki kehamilan trimester pertama. Terlebih jika Anda termasuk orang dengan waktu datang bulan yang selalu tepat waktu, Anda sepatutnya curiga jika sedang hamil.

datang bulan

Mual dan muntah

Ketika Anda terus merasa mual dan muntah sebelum atau setelah makan bahkan saat mencium bau tertentu, kemungkinan besar Anda sedang hamil. Meskipun ini hal yang wajar di awal kehamilan, akan sangat disarankan Anda bisa mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil muda. Terlebih jika Anda lantas lemas dan tidak bisa melakukan aktifitas pada umumnya.

Mual dan muntah

Sering buang air kecil

Terus menerus bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil? Kondisi ini bukan tidak mungkin sebagai tanda bahwa Anda memasuki trimester pertama kehamilan. Sebab, saat hamil janin dalam rahim akan butuh ruang untuk tumbuh. Kondisi ini akan membuat kandung kemih tertekan oleh rahim sehingga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Sering buang air kecil



Tanda kehamilan trimester kedua

Pada trimester kedua kehamilan (minggu 12 – 24), barulah wanita mengetahui bahwa ia sedang hamil. Apa saja tanda kehamilan di trimester kedua? Secara garis besar, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Perubahan bentuk tubuh

Ketika Anda memasuki trimester kedua kehamilan, tanda-tanda yang paling menonjol adalah perubahan bentuk tubuh. Saat Anda hamil trimester kedua, bagian-bagain tubuh mengembang atau membesar terutama pada bagian bokong, paha, dada, dan perut seiring dengan perkembangan janin.

berat badan bertambah

Sedikit sulit bernafas

Saat hamil, uterus akan membesar dan menekan diafragma. Kondisi ini memungkinkan Anda sedikit sulit bernafas atau terengah-engah terlebih ketika naik tangga atau sekedar berjalan dalam jarak yang cukup jauh.

sulit bernafas

Kaki kram

Wanita hamil yang memasuki trimester kedua kehamilan, umumnya akan mengalami kram pada kaki terutama pada malam hari. Apakah Anda merasakan kondisi yang sama? Kalau begitu, ketika kaki mengalami kram segeralah regangkan. Jika tidak rendam dengan air hangat sembari dipijat.

Kaki kram

Lanjut baca:

Hal yang harus DILAKUKAN ibu hamil | Hal yang harus DIHINDARI ibu hamil

One comment

  1. Perkenalkan, nama saya Balqis dari Jogja.
    Terimaksih andmin, akhirnya saya menemukan artikel kehamilan yang sangat bermanfaat untuk saya,,

    saat hamil Saya kalau pagi sering terasa mual – mual, apa ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa mual?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ibu hamil

Senam Saat Hamil

Masa-masa kehamilan adalah masa yang sangat teramat penting untuk para ibu dan bayi yang ada ...