Tips Detox Tubuh Secara Alami

detoxTubuh manusia menerima toksin (racun) dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, toksin bisa berasal dari zat kimia pada suplemen, obat-obatan, atau produk kecantikan. Jangan sepelekan hal tersebut! Penumpukan racun tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan seperti flu hingga yang kompleks seperti batu ginjal, liver, dan tumor.

Nah, agar racun tubuh tidak semakin membawa dampak buruk bagi kesehatan, lakukan detoksifikasi atau detoks. Istilah tersebut merujuk kepada pembersihan racun atau zat yang bersifat racun di dalam tubuh. Kali ini, kita akan mengupas tuntas tetang detoks tubuh secara alami. Apa saja yang dibutuhkan?

 

Manfaatkan buah-buahan segar dan berserat

Konsumsi juga buah-buah segar, berserat dan bernutrisi untuk mendetoks tubuh. Dalam hal ini, Anda bisa…..

1. Makan langsung buahnya

Tak perlu repot-repot, beberapa jenis buah untuk membersihkan racun tubuh di bawah ini dapat Anda makan langsung:

  • Buah-buahan citrus atau jeruk
  • Anggur
  • Pepaya

2. Buat infused water

Istilah infused water saat ini sedang ngetren di kalangan masyarakat Indonesia. Infused water identik dengan air beserta irisan buah dimasukkan ke dalam toples kaca. Caranya sangat gampang. Siapkan salah satu dari empat poin di bawah ini

  • Lemon atau jeruk
  • Strawberry
  • Timun
  • Semangka



Atau bisa juga dengan mengkombinasi:

  • Nanas dan mint
  • Strawberry dan lemon
  • Blueberry, lemon, dan rosemary

Ingat, irisan buah yang dimasukkan ke dalam detox water tidak dimakan! Anda perlu menggantinya setidaknya setiap 4 jam.

 

Minum air putih

Pakar kesehatan menyarankan untuk banyak-banyak minum air putih guna membersihkan racun tubuh? Ya, pada dasarnya air putih dapat membersihkan saluran pencernaan sembari menghilangkan racun dari sisa-sisa makanan. Disarankan untuk minum air putih 2-2,5 L per hari di pagi hari (segera setelah bangun tidur), di sela-sela aktivitas, dan di malam hari.

PS: Bukankah air putih itu penting untuk kesehatan tubuh? Manfaat minum air putih dengan kadar yang cukup juga bagus untuk pencernaan, kecantikan kulit, kesehatan jantung, dll.

 

Latihan fisik

Toksin atau zat-zat yang mengandung toksin di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Untuk itu, mulailah olahraga secara rutin untuk menghasilkan keringat. Tak perlu terlalu diporsir, Anda bisa mulai dari melakukannya 1 kali seminggu dengan durasi 20 menit. Lambat laun, tingkatkan frekuensi, durasi, dan jenis olahraganya.

 

Tambahan…

 

Mandi sauna

Keringat tak hanya didapat dari latihan fisik alias olahraga. Anda juga bisa mandi sauna untuk membuang racun tubuh. Anda akan masuk ke dalam sebuah ruangan khusus dengan suhu 38-40 derajat celcius selama 10-20 menit.

Note: Mandi sauna ini tidak ditujukan kepada orang yang mengalami gangguan/penyakit jantung, hipertensi atau sedang dalam masa kehamilan.



Say no to alkohol!

Alkohol dapat memperburuk keadaan dan menjadi “teman baik” bagi toksin di dalam tubuh. Tergantung Anda apakah membiarkana saja atau segera mengatasinya. Hindari dan hentikan secara perlahan mulai dari sekarang.

 

Kurangi…..

  • Makanan berminyak
  • Makanan siap saji
  • Konsumsi gula berlebih

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...