Tips Memakai Soft Lens

Memakai lensa kontak bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mengembalikan ketajaman mata seperti sedia kala. Jika dibandingkan dengan menggunakan kacamata, menggunakan soft lens bisa dibilang lebih menguntungkan karena dapat membuat para penggunanya merasa lebih percaya diri. Hal ini disebabkan oleh lensa kontak yang tersedia dalam berbagai warna sehingga pengguna akan terlihat modis dan menarik. Meskipun begitu, dibalik manfaat yang bisa diperoleh, ternyata ada juga kekurangan yang bisa dirasakan oleh para pengguna produk ini jika mereka tidak berhati-hati dalam menggunakannya, seperti:

  1. Gatal
  2. Iritasi
  3. Pembengkakkan

Bagi Anda yang ingin memakai soft lens dalam waktu dekat, ada baiknya untuk pergi ke dokter mata terlebih dahulu untuk mengetahui produk yang tepat dan hal-hal yang harus dihindari ketika memakai produk ini, seperti:

  1. Memakainya ketika mata sedang sakit
  2. Memakai produk yang rusak
  3. Memakai lensa kontak yang sudah kadalwarsa
  4. Menggunakan air keran untuk membersihkannya
  5. Menggosok mata
  6. Menggunakannya saat berenang
  7. Meletakkannya di atas televisi atau produk yang mudah panas

Di samping itu, ada baiknya juga untuk mengetahui tips memakai produk ini, seperti disebutkan berikut:

Cara-Menggunakan-Softlens

Pastikan tangan bersih sebelum memegang lensa kontak

Perlu diketahui bahwa soft lens sangat rentan terkena bakteri dan debu. Jika Anda memakai lensa kontak yang kotor, mata akan mengalami iritasi dan terasa perih. Bagian terburuknya adalah mata akan terinfeksi bakteri dan mengalami kebutaan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda membersihkan tangan sebelum memegang produk ini.



Di samping itu, ada baiknya juga untuk tidak memegangnya dalam keadaan basah.

Bersihkan soft lens secara teratur

Bagi orang yang pemalas dan jorok, sangat tidak disarankan untuk menggunakan soft lens. Mengapa? Karena produk ini harus dibersihkan secara rutin setelah memakainya. Soft lens perlu dicuci dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan menyimpannya di tempat yang bebas debu dan bakteri. Jika malas-malasan membersihkan produk ini, yang ada mata bukannya membaik, namun justru mengalami gangguan mata yang lebih parah.

Lepas soft lens sebelum tidur

Terlihat modis dan menarik saat menggunakan produk ini memang sangat bermanfaat. Tak heran jika kebanyakan pengguna yang rela memakainya hingga berjam-jam. Eits, namun perlu diingat bahwa produk ini tidak disarankan untuk dipakai ketika tidur. Alasannya sederhana karena mata akan perih dan lensa ini dapat membuat kornea bernoda. Untuk itu, lepas soft lens sebelum tidur dan simpan di tempat yang aman.



Patuhi waktu penggunaan lensa kontak

Perlu Anda ketahui bahwa lensa kontak memiliki batas waktu penggunaan. Secara umum, produk ini ada yang bisa dipakai satu kali pakai, satu minggu, satu bulan, dan satu tahun. Orang-orang di Amerika, banyak yang menggunakan lensa kontak dengan batas waktu pakai satu bulan dan orang-orang Eropa lebih memilih produk dengan waktu pakai satu minggu.

Bagaimana dengan di Indonesia? Kebanyakan pengguna produk ini memilih untuk menggunakan lensa kontak yang dapat dipakai selama satu tahun. Hal ini jelas disebabkan karena alasan finansial. Yup, produk ini dijual dengan harga ratusan ribu rupiah di Indonesia. Lalu mana yang lebih baik? Pakar kesehatan mata sangat menyarankan untuk menggunakan lensa kontak sekali pakai. Hal ini sangat disarankan guna memperkecil resiko penyakit-penyakit mata yang bisa muncul cepat atau lambat.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Soft Lens

Saat ini, ada banyak orang yang menggunakan lensa kontak untuk: Mempercantik penampilan mata Mengikuti trend ...