Tips Membeli dan Merawat Gigi Palsu

Apakah kamu berencana untuk membeli gigi palsu karena gigi aslimu banyak yang keropos atau sudah bolong? Jika iya, itu merupakan pilihan yang tepat, guna menunjang penampilan kamu. Well, untuk membeli gigi palsu yang tepat, ada baiknya untuk mengikuti tips di bawah ini:
gigi palsu

  1. Pilihlah gigi palsu yang tepat
    Perlu diketahui bahwa ada 3 jenis gigi palsu yang bisa dipilih, yaitu gigi palsu lepasan, jaket (mahkota), dan implan. Untuk gigi palsu lepasan, gigi palsu ini mudah dilepas dan dipasang. Sedangkan untuk gigi palsu jaket (mahkota) dipasang untuk menyelimuti gigi yang rusak tapi masih memiliki syaraf dan akar gigi yang berfungsi dengan baik. Sedangkan gigi palsu implan, adalah pencangkokan gigi palsu ke dalam gusi.
  2. Sesuaikan dengan ukuran mulut
    Belilah atau pasanglah gigi palsu yang ukurannya sesuai ukuran mulut. Ini artinya ukurannya tidak terlalu besar atau kekecilan. Pastikan bahwa kamu nyaman untuk memakainya.
  3. Sesuaikan degradasi warna gigi palsu dengan gigi asli
    Jangan memilih gigi palsu yang terlihat bagus saja, tapi juga lihat degradasi warnanya. Usahakan untuk memilih gigi palsu yang warnanya serasi dengan gigi asli agar tidak terlihat mencolok.
  4. Pilih gigi palsu berkualitas dan sesuai dengan keuanganmu
    Pada umumnya gigi palsu terbuat dari akrilik, logam dan porselen. Bahan akrilik lebih murah dibandingkan logam dan porselen, namun kualitasnya jauh dibawah kedua bahan lainnya. Semakin bagus kualitas bahannya, maka kamu harus menyiapkan dana yang cukup banyak.
  5. Konsultasikan dengan dokter gigi
    Jika kamu merasa ragu untuk memilih gigi palsu yang tepat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi berpengalaman.


Jika kamu sudah memasang gigi palsu, pastikan bahwa kamu merawatnya dengan baik dan benar. Adapun cara merawat gigi palsu adalah:

gigi palsu a

  1. Sikat gigi asli dan palsu secara teratur, 2 kali sehari; setelah sarapan dan sebelum tidur.
  2. Gunakan sikat gigi dengan ujung bulu yang halus saat menyikat gigi palsu guna mencegah rusaknya lapisan gigi palsu tersebut.
  3. Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi palsu agar lapisan gigi palsu tidak cepat rusak. Jangan lupa dengan membilas gigi palsu dengan air masak guna mencegah bakteri yang berasal dari air keran.
  4. Lepas gigi palsu sebelum tidur. Khusus untuk gigi palsu lepasan, sangat dianjurkan untuk melepasnya sebelum tidur, guna mengistirahatkan gusimu.
  5. Rendam gigi palsu dalam air dingin, hangat atau air khusus rendaman gigi palsu lepasan. Rendam selama 6-8 jam sehari, sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Tujuan melakukan ini adalah untuk mencegah gigi palsu kering dan mengalami perubahan bentuk.
  6. Ganti gigi palsu minimal setiap lima tahun sekali.


Perlu diingat bahwa pengguna gigi palsu harus tetap memeriksakan kesehatan giginya secara teratur, minimal 6 bulan sekali. Khusus untuk penderita diabetes mellitus dan osteoporosis, sangat disarankan untuk memeriksa kesehatan giginya 3 bulan sekali, guna mencegah kerusakan gigi serius akibat penyakit yang dideritanya.

Permohonan dari penulis:

  • Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya
  • Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru seperti seputar gigi bungsu

Klik ‘Like’ di bawah ini. Oh ya, kalau kamu ada topik lain yang ingin dibahas, silakan tinggalkan komentar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*