Tips Memilih Produk Kecantikan

Produk Kecantikan2

Wanita tidak dapat dipisahkan dari makeup, kosmetik, atau produk kecantikan untuk membuat penampilan menarik. Di sisi lain, produk kecantikan inilah yang dapat membawa dampak buruk terhadap kecantikan dan kesehatan mereka karena kandungan bahan kimia di dalamnya dapat mengakibatkan efek samping bahkan kanker kulit yang berbahaya. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat hendak membeli produk perawatan tubuh dan kecantikan. Perhatikan tips di bawah ini:

 

Mengkonsultasikan pada ahli kulit dan kecantikan untuk rekomendasi terbaik

Tidak semua orang mempunyai jenis kulit yang sama. Itulah mengapa produk kecantikan dan kosmetik sangat bervariasi. Untuk itu, jika Anda bingung dan ragu-ragu, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan terlebih dahulu agar mendapatkan rekomendasi produk yang tepat dan aman digunakan.

Mereka pastinya tahu betul kandungan apa yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Orang yang memiliki kulit kering tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan pemilik kulit wajah berminyak, bukan?


Memilih produk yang sesuai kebutuhan

Saat hendak memilih dan membeli produk kecantikan, disarankan agar memilih yang sesuai dengan kebutuhan saja. Saat ini, banyak produk all-in-one tersedia di pasaran untuk memenuhi kebutuhan Anda sekaligus hanya dalam satu kemasan. Hindari hal ini jika Anda sebetulnya hanya membutuhkan produk perawatan tertentu.

Misalnya untuk membeli produk nutrisi rambut, pilih yang penghitam rambut saja jika Anda hanya ingin menghitamkan rambut dan hindari produk yang dapat menghitamkan rambut juga membasmi ketome (jika Anda tidak berketombe). Hal ini penting karena  terlalu banyak bahan kimia dalam produk kecantikan dapat memberi efek samping.

 

Memilih produk kemasan yang ada izin BPOM

Di Indonesia, produk kecantikan dapat dikatakan aman digunakan apabila memiliki izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sebagaimana yang Anda sudah ketahui, BPOM merupakan lembaga kepemerintahan yang bertanggung jawab untuk mengawasi produk obat dan makanan yang beredar di Indonesia agar dapat terjamin keamanan pengkonsumsian dan pemakaiannya.  Pada umumnya, izin BPOM dapat terlihat di kemasan produk yang berupa nomor registrasi atau lambang halal.

 

Memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk

Meskipun Anda tidak tahu banyak mengenai rupa dan wujud bahan-bahan kimia yang terkandung pada kosmetik atau produk kecantikan, setidaknya Anda perhatikan terlebih dahulu daftarnya sebelum membeli. Anda dapat memilih produk yang dibuat dari bahan-bahan alami dan mengandung sedikit bahan kimia. Selain itu, hindari produk yang memiliki terlalu banyak parfum dan pengawet serta beberapa bahan berbahaya seperti: merkuri, Sodium Lauryl Sulfate, Stearalkonium Chloride, dll.


Menghindari produk yang harganya terlampau murah

Yang tidak kalah pentingnya adalah jangan membeli produk kecantikan yang harganya sangat murah dan jauh dari harga rata-rata pasaran. Ini bukan berarti produk yang mahal sudah terbukti dan terjamin kualitasnya. Namun, produk murahan apalagi tidak bermerk memiliki kandungan yang tidak jelas dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan dan kecantikan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*