Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Sebagian orang mengelabui bibir pecah-pecah mereka dengan menggunakan lipstik. Padahal kenyataannya, lipstik yang tidak cocok dengan jenis bibir malah akan memperparah kerusakan pada bibir.
Bibir pecah-pecah disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  • alergi terhadap pasta gigi,
  • kurang minum (terutama air putih),
  • polusi udara,
  • debu,
  • kurang mengkonsumsi buah dan sayur.

Apa aja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah?

Banyak minum air putih

Konsumsi setidaknya 8 garis air putih setiap hari untuk mencegah tubuh dari kekeringan. Mungkin awalnya Anda terbiasa mengurangi konsumsi air putih untuk mengurangi frekuensi buang air kecil sehingga tidak perlu repot-repot bolak-balik WC. Awalnya, mungkin tubuh Anda tidak memberi respon buruk.

Tetapi jika hal ini dilakukan terus-menerus, tidak hanya bibir Anda yang pecah-pecah tapi kulit tubuh pun menjadi lebih mudah keriput. Serem kan? Makanya, biasakan minum 8 gelas air setiap hari mulai dari sekarang.

Konsumsi jus apel dan/atau wortel

Buat jadwal untuk mengonsumsi segelas jus apel dan wortel secara bergantian. Tidak hanya mencegah bibir pecah-pecah, minum jus wortel juga bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda karena wortel kaya vitamin C.

Konsumsi lidah buaya

Ambil daging lidah buaya, lalu potong kotak-kotak. Untung menghilangkan rasa pahit, rebus lidah buaya dengan menggunakan air mendidih lalu disaring sebanyak 3x. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menggunakan tambahan sirup atau gula. Untuk lebih praktis, Anda bisa membeli lidah buaya dalam kemasan.



Hindari menjilat bibir

Siapa bilang menjilat bibir justru bikin bibir jadi lembab? Salah! Itu malah bikin bibir kamu makin kering. Lebih baik kamu pakai lip balm yang membuat bibir kamu tidak mudah kering ketika terkena udara yang cenderung kering atau melakukan kegiatan di ruangan ber-AC dalam waktu lama.

Hindari rokok

Jika anda seorang perokok aktif, berhentilah sekarang juga jika Anda tidak ingin bibir semakin pecah-pecah. Nggak cuma itu, merokok bikin bibir Anda jadi hitam dan keliatan tidak menarik.



minyakGunakan minyak kelapa

Minyak kelapa bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya yaitu cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir Anda.

Gunakan madu dan jeruk lemon.

Anda juga bisa mencampurkan madu dan air perasan jeruk lemon untuk dijadikan sebagai pelembab bibir. Cara ini dipercaya cukup efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Gunakan tomat dan timun.

Bahan lain yang bisa Anda gunakan yakni tomat dan timun. Untuk cara penggunaannya, Anda cukup memotong tomat dan timun baru kemudian dioleskan pada bibir.

Perhatikan lipstick Anda

Sebagian besar kaum wanita merasa penampilannya belum sempurna jika belum menggunakan lipstick. Pastikan lipstick Anda tidak lebih dari 1 tahun karena penggunaan 1 lipstick terlalu lama dapat menyebabkan bibir kering-kering. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan lip balm setelah mengoleskan lipstick supaya bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu Anda mengatasi masalah bibir pecah-pecah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara Menebalkan Bulu Mata

Memiliki wajah rupawan, tapi bulu mata tipis dan mudah rontok? Tentu saja masalah ini bisa ...