Tips Menghilangkan Kerut Pasca Melahirkan

Secara medis, stretch mark merupakan kerusakan lapisan kulit yang berupa kerutan atau guratan-guratan berwarna putih, kemerahan, atau kecoklatan sesuai dengan warna kulit penderita. Biasanya stretch mark dialami oleh orang yang sudah melahirkan.

Ngomong-ngomong, apa sih penyebab dari stretch mark? Penyebabnya adalah peregangan kulit secara berlebihan dalam waktu yang lama (hamil) sehingga membuat jaringan kulit mengalami kerusakan. Selain itu, pada waktu hamil kebanyakan wanita cenderung mengalami keluhan gatal yang berat. Hal ini tentunya membuat rangsangan untuk menggaruknya. Nah, bekas garukan itulah yang membuat kulit cedera dan menimbulkan bekas atau stretch mark.

Adakah cara untuk menghilangkan stretch mark? Untuk menghilangkan kerut pasca melahirkan, mungkin beberapa tips berikut dapat membantu Anda.

 

Konsumsi vitamin

  • Buah-buahan. Banyak vitamin bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, anggur, jeruk, kiwi, atau apricot.
  • Sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang dapat membantu menghilangkan stretch mark adalah wortel, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

 

Gunakan masker bahan alami

  • tomatTomat. Anda bisa menggunakan tomat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan. Cara penggunaannya yaitu dengan memblender tomat tersebut. Setelah itu, jadikan hasil blenderan tersebut menjadi masker.
  • Anggur. Ekstrak dari buah anggur dipercaya ampuh menghilangkan kerut setelah melahirkan. Cara penggunaannya sama seperti tomat yaitu dengan diblender, baru kemudian dijadikan sebagai masker.
  • Lidah buaya. Lidah buaya juga diyakini mampu menghilangkan guratan-guratan pasca melahirkan. Cara penggunaannya sangat sederhana yakni dengan mengusapkan daging lidah buaya yang berwarna putih pada stretch mark. Agar hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari.
  • Kapur dan jeruk nipis. Cara lain yang bisa Anda gunakan yakni dengan mengoleskan campuran dari kapur dan air perasan jeruk nipis pada bagian yang mengalami kerut.
  • Minyak almond. Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah minyak almond yang dilakukan dengan cara memijatkannya setiap hari ke daerah yang terdapat stretch mark.


 

Dapatkan perawatan khusus

  • Laser. Laser adalah operasi yang dapat memakan biaya banyak, namun hasil yang didapat terbukti memuaskan. Dalam perawatan ini, dokter akan mengecek seberapa parah stretch mark yang dialami penderita. Hal ini bertujuan untuk menentukan berapa kali operasi laser akan dilakukan.
  • Mesotherapy. Jenis perawatan ini adalah dengan menyuntikkan vitamin pada bagian yang terkena stretch mark. Untuk perawatan ini, sebaiknya cari dokter yang terpercaya atau ahli dibidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengatasi Alergi Makanan Laut

Makanan laut, tidaaaaakkkkk!!!! Respon yang sering dihadapi oleh mereka yang alergi terhadap makanan laut. Anda ...