Tips Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Berdasarkan penilitian yang dilansir dari majalah Best Health dan NYTimes, 95% orang gagal dalam program penurunan berat badan. Nah, bagi yang saat ini sedang dalam program diet, tentunya Anda ingin berada di antara 5% yang sukses tersebut, bukan? Untuk itu, ikuti tips di bawah ini jika ingin program diet Anda sukses:

 

Buat Target

Butuh suatu target untuk mencapai kesuksesan. Seperti halnya dalam kehidupan, bagaimana seseorang bisa sukses jika tidak punya cita-cita dan tujuan yang jelas? Oleh sebab itu, jika ingin mendapatkan berat badan dan tubuh yang ideal, tentukan target yang spesifik dan jelas. Misalnya, Anda harus membakar 2000 kalori dalam sehari atau menurunkan berat badan 10 kg dalam 3 minggu. Target akan membuat Anda fokus dan termotivasi.

Kurangi porsi makan

Pemicu utama perut buncit atau berat badan yang di atas angka ideal adalah banyaknya porsi makan setiap harinya, bukan? Nah, ini saatnya untuk mengurangi porsi makan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Selain itu, ini juga mengurangi risiko kegemukan atau obesitas  yang sangat berbahaya. Ngomong-ngomong, bagaimana cara mengurangi porsi makan? Berikut triknya:

  • Banyak-banyak minum air putih
  • Kurangi minuman soda, kafein, dan berkarbonasi karena akan menimbulkan rasa lapar dan juga tidak baik untuk kesehatan
  • Ngemil buah-buahan dan sayuran saat terasa lapar di pagi menjelang siang (sebelum makan siang) atau di malam hari
  • Kunyah makanan lebih sering dan lama dari biasanya
  • Ganti piring berukuran besar dengan yang lebih mini
  • Menyibukkan diri

Ingat, mengurangi porsi makan bukan berarti melewatkan waktu makan ya. Anda harus tetap sarapan, makan siang, dan makan malam pada jamnya secara teratur.

 

Hindari makanan olahan dan siap saji

Biasanya, orang-orang yang sangat sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas sepanjang hari lebih suka makan makanan olahan yang siap saji contohnya fried chicken, french fries, burger, spaghetti, dll. Gorengan juga menjadi favorit. Well, makanan-makanan tersebut tidak sehat dan mengandung banyak lemak. Hal ini tentunya bisa membuat tubuh Anda semakin melar. Di samping itu, makanan olahan juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

 

Banyak berolahraga

Bagaimana mengatasi lemak yang menimbun di tubuh? Jawabannya tentu dengan berolahraga. Malas bergerak adalah penyebab utama badan Anda melar dan gemuk. Oleh karena itu, jangan malas berolahraga. Jika terasa berat, bisa dimulai dengan jalan kaki di sekitar rumah atau menuju ke kantor/kampus/sekolah. Selain itu, olahraga yang baik dan dapat membakar lemak dengan cepat adalah bersepeda, berenang, senam aerobik, lari, dan sit up.

Konsisten

Konsistensi adalah hal terpenting yang harus diterapkan dalam program diet. Kegagalan disebabkan oleh tidak adanya konsistensi. Dengan kata lain, Anda harus terus memperjuangkan apa yang ingin Anda capai hingga akhir. Kebanyakan orang menyerah menjalankan program penurunan berat badan akibat belum terlihat perubahan yang signifikan. Konsistensi juga harus diterapkan saat Anda tergoda atau dibujuk teman untuk jajan, begadang, atau melakukan hal lain yang melawan program diet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serba-Serbi Seputar Sedot Lemak (Liposuction)

Memiliki tubuh proporsional merupakan salah satu impian baik pria maupun wanita. Sayangnya, gara-gara timbunan lemak ...