Tips Merawat Rambut

Rambut yang indah adalah impian semua wanita karena rambut adalah mahkota wajah, Anda juga, bukan? Secantik apapun wanita, jika rambutnya bermasalah, baik dalam hal kesehatan maupun potongan atau gayanya, akan terlihat ada yang salah. Adapun beberapa masalah kesehatan rambut yang sering terjadi adalah rambut kering, berketombe, bercabang, rontok, tidak lebat, berkutu, dan kemerahan.

Untuk menghindari berbagai macam masalah tersebut, berikut adalah tips merawat rambut yang harus anda lakukan:

Apa saja yang harus dilakukan?

Membersihkan rambut minimal 2 hari sekali.
Rambut yang tidak pernah atau jarang dibersihkan akan penuh kotoran yang akan membuat rambut bau, kusam, dihinggapi kutu rambut, dll. So, cucilah rambut anda minimal 2 hari sekali supaya terjaga kebersihan dan kesehatannya. Mengapa tidak setiap kali mandi? Itupun tidak sehat karena akan membuat minyak alami rambut tidak terproduksi dengan baik sehingga menyebabkan rambut kering.

Lalu, pastikan anda menggunakan sampo yang tepat yang cocok dengan kulit kepala anda. Untuk ini, anda bisa memilih yang dibuat dari bahan alami seperti lidah buaya, telur, dll. Namun, lagi-lagi cek rambut anda setelah beberapa kali menggunakannya. Jika tidak cocok, pilih sampo lain segera.

Memperhatikan konsumsi makanan anda.
Makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi segala aktifitas tubuh anda, termasuk yang berhubungan dengan rambut. Nah, supaya rambut sehat dan ternutrisi, konsumsilah makanan yang megandung protein seperti biji-bijian,kacang-kacangan,sayuran, dan juga buah-buahan dengan cukup.

Minum air putih yang banyak.
Tidak bisa dipungkiri, minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari, berkhasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk membuat rambut tidak mengalami dehidrasi (kering).

Memeriksa/memantau obat yang anda konsumsi.
Apakah anda selalu mengkonsumsi obat tertentu, apakah itu untuk penyembuhan suatu penyakit atau sekedar pencegahan? Cek obat tersebut. Siapa tahu ada efek samping yang bisa membuat rambut anda rusak. Konsultasi dengan dokter sangat disarankan.

Memotong atau trim ujung rambut anda minimal sebulan sekali.
Hal ini untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghindari rambut bercabang.

Merawat rambut secara alami.
Memang, anda bisa menutrisi rambut melalui makanan sehat yang dikonsumsi dan juga sampo yang digunakan, namun rambut akan lebih ternutrisi dan tumbuh sehat dan lebat lagi jika selalu dirawat secara alami, seperti menggunakan lidah buaya, kelapa, dan minyak kemiri.



Apa saja yang harus dihindari? Kegiatan-kegiatan apa saja yang berbahaya untuk rambut kita?

Hindari pengeritingan dan meluruskan rambut.
Untuk punya rambut sehat, jaga kealamian rambut anda. Pengeritingan maupun pelurusan hanya membuat rambut rusak.

Hindari ikat rambut.
Walaupun anda suka gaya rambut ekor kuda, namun sebaiknya dihindari karena hal ini akan membuat akar rambut menjadi longgar dan tidak kuat sehingga anda mengalami masalah rambut rontok.

Hindari menyisir rambut saat rambut masih basah.
Mengapa? Saat menyisir rambut yang basah, sedikit banyak anda mengalami kesusahan dan akhirnya anda memaksa. Hal ini menyebabkan kerontokan. Jadi, lebih baik tunggu rambut anda kering dahulu baru menyisirnya.

Hindari penggunaan hair dryer.
Akan lebih baik kalau anda lebih memilih mengeringkan rambut anda secara alami (kering sendiri) karena hair dryer akan membuat kulit kepala anda panas dan rambut anda perlahan rusak.

Hindari menggunakan sisir yang giginya terlalu rapat atau renggang.
Hal ini juga akan membuat rambut anda rontok dan kusut.



Jika kamu memiliki masalah rambut, bereskan terlebih dahulu. Baca detailnya di masing-masing point:

 

Semoga info di atas bisa membantu Anda merawat rambut secara benar dan tepat!

Kalo ada yang kurang jelas atau ingin konsultasi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

bulu mata palsu2

Pilih-Pilih Bulu Mata Palsu

Penampilan menjadi nomor satu bagi para wanita, utamanya dalam hal penampilan wajah. Para wanita ingin ...