Trik Menjauhi Rokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Orang yang merokok bisa saja terkena berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, sakit paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan (bagi wanita), dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung zat-zat yang berbahaya, seperti:

  • Nikotin
  • Tar
  • Metanol
Racun yang dipakai dalam pestisida dan zat adiktif yang membuat seseorang ketagihan merokok.

nikotin

Racun yang menjadi pemicu sel kanker dan menyebabkan gigi perokok terlihat kuning.

TAR

Cairan yang mudah menguap dan terbakar sehingga zat ini bisa mengakibatkan gangguan pada mata bahkan kematian.

metanol

  • Cadmium
  • Benzene
Zat berbahaya pemicu kanker paru-paru dan prostat.

cadmium

Racun yang apabila masuk ke dalam tubuh secara terus-menerus dapat menyebabkan leukemia.

benzene



Perusahaan rokok sebenarnya sudah menuliskan larangan untuk merokok pada setiap bungkus rokok yang dipasarkan. Meskipun demikian, masih ada banyak sekali pria dan perempuan yang suka merokok. Apa yang menyebabkan mereka terus merusak melakukan kebiasaan buruk ini?

  • Menganggap bahwa dengan merokok mereka bisa terlihat lebih menarik dan keren.
  • Ingin diterima di suatu komunitas tertentu atau lingkungan sosialnya.
  • Menghilangkan stres dan rasa tertekan.

rokok

Hal yang perlu dilakukan untuk berhenti merokok:

Tinggalkan rokok secara bertahap

Meninggalkan kebiasaan lama memang sulit untuk dilakukan. Jika kebiasaan tersebut ditinggalkan secara instan, maka ada kemungkinan besar untuk kembali lagi melakukan kebiasaan tersebut di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, tinggalkan rokok secara bertahap. Misalnya, jika dalam sehari, Anda biasanya menghabiskan 5 batang rokok, sekarang cobalah dengan menghabiskan 3 batang rokok saja. Minggu berikutnya, cukup 1 batang rokok dan minggu selanjutnya, Anda mulai tidak merokok sama sekali.

Jadwalkan kapan Anda mulai stop merokok secara total dan hilangkan keinginan Anda untuk merokok.

Minum banyak air mineral

Ketika, Anda benar-benar ingin merokok, sebaiknya minumlah air mineral lebih banyak. Cara ini berguna untuk menahan nafsu dan mengalihkan perhatian Anda, sehingga Ada akan melupakan kebiasaan buruk Anda. Pada umumnya, minumlah banyak air mineral sehabis makan dan saat memiliki banyak waktu luang. Mengapa? Karena pada momen-momen tersebutlah orang-orang akan merokok.

Berolahraga secara rutin

Mungkin terdengar tidak berhubungan, tapi perlu diketahui bahwa dengan berolahraga, Anda akan memiliki kebiasaan baru yang membuat Anda jauh lebih baik. Di samping itu, Anda juga akan memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat. Dalam berolahraga, pastikan bahwa Anda mulai dengan olahraga sederhana terlebih dahulu, seperti jogging dan bersepeda, kemudian pilihlah olahraga sesuai bakat dan passion Anda.

Konsultasi dengan dokter

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam hal tips, nasehat, rekomendasi, dan layanan medis tertentu, ada baiknya untuk mengunjungi dokter atau para ahli. Konsultasikan dengan mereka mengenai masalah yang Anda hadapi. Pada umumnya Anda akan disarankan untuk mengikuti terapi tertentu, agar kebiasaan merokok Anda bisa dikurangi secara bertahap dan dihilangkan pada akhirnya.

Ingat untuk memilih dokter yang berkompeten dan berpengalaman. Pastikan juga bahwa dokter yang dipilih memiliki izin prakek resmi dan reputasi yang baik. Hal ini penting untuk dilakukan, supaya Anda bisa mendapatkan layanan maksimal.



Jika Anda sudah mengikuti tips di atas, tapi terkadang Anda masih berkeinginan untuk merokok, coba tanamkan dalam pikiran Anda tentang bahaya merokok bagi kehidupan Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa dampak buruk dari kebiasaan buruk ini tidak hanya pada kesehatan semata, tapi juga pada keuangan Anda. Coba hitung berapa banyak uang yang sudah Anda habiskan untuk membeli rokok. Jika uang tersebut Anda tabung, mungkin Anda sudah memiliki saldo tabungan yang banyak, bukan?

 

Permohonan dari penulis:
Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya.
Kalo Like nya udah sampe 100, saya akan bagikan info terbaru tentang gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...