Yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Operasi Plastik

Trend operasi plastik cukup marak beberapa tahun terakhir. Yup, operasi plastik dianggap solusi terbaik untuk memperbaiki beberapa bagian tubuh yang dianggap kurang baik. Di negara Korea Selatan, operasi plastik merupakan hal yang dianggap wajar. Bahkan menurut beberapa penelitian, remaja negeri gingseng lebih mendambakan operasi plastik sebagai hadiah ulang tahun mereka. Entah apa yang mereka pikirkan, tapi yang pasti mereka ingin tampil oke dan menarik di depan semua orang. Di Indonesia sendiri, ada beberapa selebritis yang dikait-kaitkan dengan operasi plastik. Sebagian menentang keras dan sebagian mengiyakan bahwa mereka melakukan operasi tersebut.

Operasi-Plastik-Korea_16

Bagian tubuh yang biasanya dioperasi plastik adalah:

  1. Hidung
  2. Dagu
  3. Pipi
  4. Kelopak mata
  5. Bibir
  6. Dahi atau alis
  7. Payudara

Persyaratan umum operasi plastik

  1. Berusia 17 tahun
  2. Bukan perokok aktif dan pasif
  3. Bebas dari penyakit diabetes, paru-paru, dan obesitas

Note: bagi yang ingin operasi plastik, tapi umurnya di bawah 17 tahun, wajib mendapatkan izin dari orang tua dan didampingi ketika melakukan operasi plastik. Sedangkan untuk perokok aktif dan pasif, diwajibkan untuk berhenti merokok atau menjauhi asap rokok dua minggu sebelum dan sesudah operasi. Sementara itu, bagi penderita penyakit kronis tapi ingin tetap melakukan oplas, perlu konsultasi lebih dalam dengan dokter karena ada resiko besar yang bisa menanti sesudah operasi.

Berbicara soal operasi plastik, apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Jika iya, pikirkan hal ini baik-baik dan pertimbangkan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu agar Anda tidak menyesal nantinya:



Biaya

Tahukah Anda berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi ini? Yup, puluhan juta. Perlu diketahui juga bahwa operasi ini tidak dilakukan sekali apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Belum lagi biaya perawatan paska operasi dan biaya yang dibutuhkan jika terjadi hal-hal yang tidak diingikan setelah operasi. Bisa-bisa seluruh uang terkuras oleh hal ini. Oleh sebab itu, jika tidak punya dana yang cukup banyak, sangat disarankan untuk tidak melakukan operasi plastik.

Harapan

Apa yang Anda rasakan jika membeli sepatu di sebuah toko online dan ternyata sepatu tersebut tidak sama seperti yang Anda bayangkan? Dapat dipastikan Anda akan merasa kecewa berat, bukan? Hal yang sama akan Anda rasakan jika operasi plastik yang dilakukan tidak sesuai ekspektasi Anda. Jika hal ini terjadi, yang bisa dilakukan hanya komplain atau menuntut tempat Anda melakukan operasi tersebut. Namun, hal ini tidaklah bisa mengembalikan kondisi Anda seperti semula. Rasa tertekan dan kecewa pasti akan hinggap di pikiran dan menjadikan hidup Anda terbebani.

Resiko

Ingat, semua operasi pasti ada resikonya. Operasi plastik sendiri dapat menimbulkan resiko berupa:

  1. Infeksi
  2. Mati rasa
  3. Pendarahan
  4. Kerusakan syaraf
  5. Komplikasi
  6. Kerusakan kulit
  7. Kebutaan

Resiko di atas akan sangat merugikan karena memberikan dampak buruk pada kehidupan Anda. Bayangkan jika Anda melakukan operasi plastik pada hidung dan mengalami infeksi, hal ini akan membuat Anda tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala dan bahkan membuat Anda harus dirawat di rumah sakit. Bagi yang operasi plastiknya berjalan lancar dan tidak ada resiko yang muncul paska operasi, jangan senang dulu. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah implan yang ditanamkan pada diri Anda bisa bertahan selamanya. Bayangkan jika implan tersebut rusak dalam tiga atau empat tahun kedepan, tentu hal ini tetap akan merugikan Anda, bukan?



Pendapat orang-orang di sekitar

Tidak akan begitu sakit rasanya apabila hanya ada satu atau dua orang yang bilang jika Anda mendapatkan wajah atau tubuh yang bagus karena oplas. Namun, bagaimana jika sudah lebih dari 20 orang yang membicarakan Anda atau di akun sosial media, teman atau follower Anda mulai membicarakan dan berpendapat miring mengenai Anda? Sudah pasti, akan timbul rasa sakit hati yang mendalam meskipun Anda terus mengabaikan celotehan mereka. Lama kelamaan hal ini akan terus berkembang dan Anda akan terus tertekan.

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Pada mulanya, buah naga hanya bisa ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun ...