Yuk Rawat Kuku agar Cantik dan Sehat!

Kuku agar Cantik dan Sehat

Kuku lebih dari sekedar menunjang penampilan kalau terlihat cantik, tapi dapat menjaga kesehatan kalau tetap bersih.

  • Kuku panjang
  • Kuku berwarna

Dua kriteria kuku yang sering diasumsikan orang sebagai kuku yang cantik. Padahal, kuku yang pendek dan tidak berwarna pun masih dapat terlihat cantik jika dirawat dengan baik.

 

Bagaimana cara merawat kuku agar cantik?

Lidah buaya

Tanaman yang sudah tidak dapat dihitung manfaatnya utamanya dalam dunia kecantikan. Selain memperindah rambut, membuat kulit wajah menjadi kencang, dan menghilangkan flek hitam, lidah buaya juga dapat membuat kuku terlihat cantik tepatnya menjadi bening. Caranya? Cukup dengan mengoleskan daging lidah buaya pada kuku.

Jeruk lemon

Akan sangat menyegarkan bila perasan jeruk lemon dipadu dengan madu atau gula dan diminum di panas terik, bukan begitu? Lebih dari sekedar memuaskan dahaga, jeruk lemon juga menjadi salah satu bahan untuk membuat kuku tempak lebih putih. Cara pengaplikasiannya? Potong jeruk lemon hingga beberapa bagian, lalu gunakan potongan tersebut untuk digosokkan pada kuku.



Kulit semangka

Umumnya orang yang telah makan buah semangka pasti kulitnya akan langsung dibuang. Namun, utamanya bagi yang ingin memiliki kuku yang bersih, manfaatkan kulit semanga terebut. Disinyalir kulit semangka dapat membuat kuku menjadi bersih dan mengkilap. Caranya mudah, hanya tinggal menggosokkan kulit semangka pada kuku, diamkan beberapa menit, bilas, dan keringkan.

*Gunakan secara rutin & disiplin untuk hasil yang maksimal.

 

Hanya bening dan putih, akan percuma bukan kalau tidak sehat? Oleh karenanya, iringi pula perawatan menggunakan bahan alami berikut agar kuku lebih sehat:

Bawang putih

Satu lagi manfaat bawang putih yang telah ditemukan dari bawang putih yakni dapat membuat kuku tidak mudah patah. Kesal telah memanjangkan kuku hingga berapa lama, tapi patah dalam waktu singkat? Ambil bawang putih kemudian temple-tempelkan pada ujung kuku atau gosok ke permukaan kuku agar kuku lebih kuat.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh sejatinya bisa menggantikan peran asam Jawa. Sebab, belimbing wuluh memiliki rasa asam yang cukup sebanding dengan asam Jawa. Di samping berperan dalam tata boga, belimbung wuluh juga punya andil dalam dunia kecantikan utamanya kuku. Kuku dapat menjadi lebih bersih dan kuat ketika disiplin menggosokkan serta menancapkan belimbing wuluh.

Getah pepaya

Sebagian orang beranggapan kalau getah hanyalah bagian dari tanaman yang tidak punya fungsi. Namun, tidak dengan pepaya. Selain punya buah yang sangat menyegarkan di tenggorokan hingga usus, getahnya pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kuku tidak mengelupas dan pecah. Caranya? Oleskan getah pepaya pada kuku, kemudian gosokkan dengan kain.

*Gunakan secara rutin & disiplin untuk hasil yang maksimal.

Jika tidak bisa merawat kuku dalam kondisi panjang, sebaiknya potong minimal satu minggu sekali. Sebab, kuku panjang yang tidak terawat bukan hanya berbahaya di mana dapat merobek bagian tubuh tertentu, melainkan juga dapat memicu penyakit kalau masih terselip kotoran saat konsumsi makanan.

Bosan dengan perawatan sendiri di rumah, sesekali siapkan anggaran untuk melakukan manicure & pedicure di salon kecantikan terpercaya 😀



Warna kuku menjadi indikator penyakit serius

Warna Kuku

  • Kuku pucat: Anemia, diabetes, atau liver
  • Kuku kuning: Paru-paru
  • Kuku biru: Radang paru atau jantung
  • Kuku bergaris putih: Gangguan ginjal
  • Kuku bergaris hitam: Melanoma, jenis kanker kulit berbahaya

*Konsultasikan diri ke dokter jika kuku memiliki warna tersebut!

 

Permohonan dari penulis:

Halo! Jika Anda merasa informasi diatas bermanfaat, tolong bantu di Like atau di Share ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waxing Bulu Kaki

Tumbuhnya bulu kaki yang panjang dan lebat membuat para wanita merasa risih dan tidak nyaman. ...